Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Hidangan Pepes Bersentuhan dengan Generasi Milenial

Kompas.com - 02/07/2017, 14:56 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com – Ikan pepes adalah salah satu hidangan yang disukai Barack Obama kecil saat masih tinggal di Indonesia tahun 1967 – 1971.

Dahulu pepes memang identik dengan ikan dan proses memasak yang menggunakan bungkus daun. Alhasil masakan pun wangi dan matang.

Pepes itu artinya proses pemasakan protein hewan dengan pemberian bumbu giling, tomat iris, daun salam, batang sereh, maupun laos, lalu dibungkus dengan daun pisang,” ujar Chef Haryo Pramoe, Pemerhati Kuliner Indonesia yang juga koki ternama pada KompasTravel, Sabtu (1/7/2017).

BACA: Wajar Saja kalau Obama Suka Makan Pepes...

Pepes kesukaan Obama ternyata punya kisah yang cukup unik. Di waktu yang berbeda, disebutkan Haryo Pramoe, pepes adalah hidangan favorit generasi X (lahir tahun 1965-1980) dan sebelumnya.

Tahun 1940 dan 1950-an saat industri kelapa sawit belum populer, minyak goreng pun masih kalah pamor dengan pepes.

"Makanya penggemar pepes itu biasanya usia 30 tahun ke atas, karena era tersebut masih merasakan era pepes. Kelahiran milenial tidak lagi menikmati pepes, karena dianggap kuno dan kurang garing untuk makanan," ungkap Chef Haryo.

BACA: Asal-usul Pepes, Salah-satu Makanan Kesukaan Obama

Seiring berjalannya waktu, kreasi masakan Indonesia terus berkembang. Sehingga saat itu resep pepes begitu berkembang sesuai selera dan kreasi seperti pepes tahu, telur, ayam, jamur tiram, telur ikan, kerang, cumi, rempela ayam, daun pakis, dan lain lain.

KOMPAS/PRIYOMBODO Pepes belut dengan menggunakan galendo.

Uniknya saat pepes itu pada akhirnya menyentuh generasi milenial, ia berubah wujud drastis. Karakternya yang kreatif membuatnya tak hanya mengubah isi pepes dari ikan, tetapi bumbu hingga gaya menyantapnya.

“Ketika generasi milenial merespon pepes, mereka akan menghubungkan dengan referensi masa kecil mereka terhadap serangan makanan industri modern. Hasilnya seperti di Solo digabung dengan bumbu pasta,” ujar Chef Haryo.

BACA: Pepes Kesukaan Obama, Teknik Memasak Kuno Dunia

Pasta Buntel merupakan hidangan pepes yang dipadu dengan bahan pasta khas Italia. Gabungan pasta-pepes tersebut kini tengah marak di Solo. 

Ia juga mencontohkan salah satu transformasi pepes kekinian lagi ialah pepes mie instan, dengan tumis kornet dan telur kocok. Dipadu bumbu sereh, daun salam, bawang putih, bawang merah, dan irisan cabe. Bumbunya cenderung sederhana.

Dahulu pepes identik dengan makanan pedesaan, yang dimasak dalam serabut bara api atau kayu bakar. Kini di tangan yang berbeda generasi berubah menjadi makanan kekinian, yang digandrungi anak muda. Tentunya dari tampilan sudah pasti lebih indah dipandang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com