Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pahami Istilah Berikut Jika Anda Berkunjung ke Kota Gudeg

Bagaimana tidak, mulai dari makanan hingga wisata budaya yang kental memberikan ciri khas tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke kota ini.

(BACA: Sarapan di Soto Legendaris Yogyakarta, Soto Pak Marto)

Namun bagi Anda yang belum pernah ke kota ini, berikut beberapa istilah yang perlu Anda perhatikan jika berkunjung ke kota gudeg.

1. Petunjuk Arah

Menanyakan arah di Jogja menjadi salah satu hal yang cukup membuat para wisatawan kebingungan. Seperti halnya terkait penduduk Jogja yang tidak menggunakan istilah “kiri” ataupun “kanan” sebagai petunjuk arah.

(BACA: Bandara Internasional, Tantangan Baru Pariwisata DI Yogyakarta)

Kuncinya  adalah melihat Gunung Merapi sebagai patokan arah Utara. Sebenarnya dengan model petunjuk mata angin akan lebih memudahkan Anda  menemukan titik temunya karena kota Jogja tertata rapi menyerupai kotakan.

2. Bangdjo

Jangan bingung jika Anda menanyakan petunjuk arah dan kemudian orang-orang sempat menyebut Bangdjo.

(BACA: Lima Kuliner Pedas Yogyakarta, Dijamin Bikin Berkeringat!)

Bangdjo merupakan sebutan istilah untuk mendeskripsikan lampu lalu lintas di Yogyakarta. Singkatan itu sendiri diambil dari kata “abang” yang berarti warna merah dan “ijo” yang berarti warna hijau.

Mungkin yang terlintas di pikiran Anda jika mendengar Burjo adalah bubur kacang ijo dengan santan yang siap mengisi perut Anda.

Namun jika Anda berada di Jogja, Burjo ini sendiri sering diartikan sebagai warung mi instan alias warung Indomi.

Istilah Burjo diambil dari bubur kacang ijo yang dulu sempat dijual di warung-warung burjo. Namun sekarang kemunculan bubur kacang ijo itu sendiri warung-warung burjo ini sudah mulai jarang ditemui.

4. Shopping center alias tempat jualan buku bekas

Berlokasi disebelah taman pintar dekat Pasar Beringharjo, shopping center ini bukanlah tempat belanja yang Anda pikirkan pada umumnya.

5. Jakal (Jalan Kaliurang)

Jakal merupakan kependekan dari Jalan Kaliurang. Namun tidak berarti jalan ini berlokasi di Kaliurang. Melainkan jalan ini menjadi jalan penghubung kota Jogja menuju Kaliurang. Jalan ini juga melintasi kampus terbesar di Jogja yaitu UGM.

https://travel.kompas.com/read/2017/10/02/101100827/pahami-istilah-berikut-jika-anda-berkunjung-ke-kota-gudeg

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke