Salin Artikel

Beginilah jika Juara Durian Malaysia Ditanam di Indonesia

Meski banyak wilayah penghasil durian di Indonesia yang coba mengembangkan durian musangking, tetapi salah satu yang berhasil ialah di Rancamaya, Bogor.

Durian unggulan Malaysia itu berhasil tumbuh dan menjadi salah satu durian unggul juga di tanah Rancamaya. Rasanya manis, dan sedikit berbeda dari musangking aslinya. Namun tentu tak kalah lezatnya.

"Sudah kita kembangkan selama tujuh tahun. Untuk durian, umur itu tergolong muda. Sekarang satu pohon baru mampu berbuah tiga," ujar Asep Saepudin, salah satu penjual yang juga petani kebun durian Rancamaya, Bogor kepada KompasTravel, dalam acara Wisata Durian, Minggu (25/11/2017).

Durian tersebut jadi salah satu yang diburu pengunjung acara Wisata Durian, di Botani Square Bogor.

Perbedaan unik yang sangat terlihat ialah memiliki tangkai buah yang panjang. Tangkai tempat bergantung buah musangking di Indonesia, bisa sepanjang 15 centimeter. Berbeda dengan lazimnya durian lokal, yang 5-10 centimeter saja.

Di balik durinya yang rapat, ternyata menyimpan warna daging oranye ke kuningan. Semakin matang, warnanya akan semakin oranye, sedangkan saat belum matang akan cenderung kuning.

"Kalau durian matahari kan kuning langsat ya, cerah. Kalau ini, yang udah mateng dasarnya warnanya akan oranye, tapi kekuningan," ujar Asep pada KompasTravel.

Yang ditunggu-tunggu saya ialah soal rasa. KompasTravel pun dipersilakan mencicipi bagian dagingnya. Ternyata, serat dalam dagingnya tidak terlalu banyak, sehingga lebih lembut.

Bagi yang penasaran ingin mencoba, Anda bisa mengunjungi acara Wisata Durian tersebut, mulai 20 November hingga 3 Desember 2017. Juga bisa datang langsung ke Kebun Durian Ciaden, Jalan Rancamaya RT 04 RW 07, Bogor Selatan.

Harga di festival mencapai Rp 150.000 per kilogram. Dalam satu buah durian musangking ala Rancamaya ini, beratnya sekitar dua kilogram.

Sedangkan durian ini banyak dipanen di bulan November-Desember, saat musim hujan. Ada kemungkinan juga di musim panas, bulan Juli-Agustus.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/27/080600127/beginilah-jika-juara-durian-malaysia-ditanam-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.