Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Monas

Kota Jakarta selalu identik dengan Tugu Monumen Nasional (Monas). Lambang Kota Jakarta yang dibangun pada 1961 ini selalu ramai dikunjungi banyak masyarakat dari dan luar kota Jakarta untuk berwisata bersama sanak saudara. 

Tugu dengan tinggi 132 meter ini menyajikan banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan disini. Berikut 10 kegiatan wisata di Monas yang bisa Anda lakukan sembari merayakan HUT DKI Jakarta. 

Pilihan pertamanya adalah menyaksikan air mancur menari diiringi lagu khas Indonesia pada Sabtu dan Minggu malam. Pertunjukan gratis ini diadakan pada pukul 19.30 dan 20.30. Pada hari libur, pengelola Monas biasanya akan menghadirkan pertunjukan air mancur menari ini.

Anda tidak perlu bingung bagaimana cara untuk mengelilingi Monas yang memiliki luas wilayah 80 hektar. Pengelola monas telah menyiapkan fasilitas kereta wisata yang bisa Anda temukan di tiap halte kereta yang terlah disediakan.

3. Melihat rusa tutul

Monas yang memiliki lahan rumput yang luas juga memiliki taman rusa berisi puluhan rusa tutul. Terletak di Taman Medan Merdeka, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan memberikan makanan rusa yang telah disediakan oleh penjual disana. 

4. Berkunjung ke Museum Monas

Di bagian dalam Monas ada Museum Sejarah Nasional Indonesia. Museum yang dapatmenampung sekitar 500 pengunjung ini berisikan 48 diorama sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga orde baru.

Di bagian dalam cawan Monas terdapat Ruang Kemerdekaan. Disini Anda bisa melihat berbagai simbol kemerdekaan negara Indonesia. Di ruangan ini pengunjung dapat mendengankan suara Presiden pertama RI, Sukarno membaca teks proklamasi. 

6. Naik ke pelataran puncak Monas

Berkunjung ke Monas, sempatkan untuk naik ke Pelataran Puncak Monumen Nasional. Anda dapat melihat keseluruhan Kota Jakarta dari ketinggian 115 meter. Untuk menikmati pemandangan Kota Jakarta dari puncak monas dikenakan biaya tambahan, sekitar Rp 10.000.

7. Melihat karya seni rupa

Patung para tokoh sejarah bangsa Indonesia tersebar di komplek Monas. Seperti Pangeran Diponegoro, R.A Kartini dan banyak lagi. Terdapat penjelasan mengenai peran para tokoh ini untuk Negara Indonesia. 

Pengunjung juga kerap terlihat berolahraga di sekitar komplek Monas. Anda bisa dari jogging, bermain futsal, voli dan basket. Terdapat enak lapangan yang disediakan. Untuk penggunaannya pengunjung dapat mengajukan permohonan dengan mengisi formulir ke Pengelola Kawasan Monas.

9. Bersantap di Lenggang Jakarta

Seharian mengitari Monas pasti membuat perut lapar. Anda tidak perlu khawatir karena banyak penjual makanan di Lenggang Jakarta yang letaknya tidak jauh dari parkiran IRTI. 

10. Berkunjung ke Pasar Malam

Pasar malam ini bisa jadi hiburan berain untuk anak-anak. Letak pasar malam ini di sebelah Barat Lenggang Jakarta. Banyak wahana bermain seperti komidi putar, bianglala, kereta wisata, dan odong-odong. Anda juga bisa membeli suvenir khas Jakarta disana sebagai buah tangan.

Selain itu, serangkaian kegiatan untuk memperingati HUT DKI Jakarta dipersiapkan di Monas. Salah satunya akan diadakan upacara bendera.

https://travel.kompas.com/read/2018/06/22/090000827/10-aktivitas-menarik-yang-bisa-dilakukan-di-monas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke