Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menikmati Pantai dan Makanan Sembari Membaca di Lhokseumawe

Hari itu, tak ada pengunjung yang berenang. Air laut kawasan Samudera Hindia itu sedang pasang, debur ombak nyaris menyentuh bibir tanggul pemecah ombak.

Padahal, jika tidak terjadi air pasang, maka hamparan pasir meluas jauh ke depan. Di sanalah para keluarga bermain dan mandi sejak pagi hingga sore hari.

Kafe ini terletak di jalan dua jalur Ujong Blang. Persis di Simpang Masjid, Ujong Blang, Kota Lhokseumawe. Lokasinya di sisi kiri dan mudah terlihat.

Mengusung tema literasi, Azhari, pemilik kafe itu bertekad memanjakan pengunjungnya dengan buku. Dibuka sejak awal tahun lalu, kafe itu kini menjadi satu-satunya tempat berkonsep literasi di kota dengan julukan petro dollar itu.

“Sedangkan untuk kaum remaja, dan ayah atau ibu yang berkunjung, sembari menunggu anaknya berenang. Bisa baca buku lebih luas, dari kajian agama, hingga sosial, politik dan hukum,” kata Azhari.

Untuk makanan, Azhari menyiapkan aneka makanan, mi goreng, sosis bakar, bakso bakar, dan lain sebagainya. Untuk minuman, tersedia kopi saring khas Aceh, hingga aneka jus.

Dia juga memberikan tempat itu pengunjung secara gratis yang menggelar acara terkait literasi, misal bedah buku, dan lain sebagainya. ”Misinya kan literasi, maka gratis saja tempatnya. Minum dan makan saja yang bayar,” ujarnya.

Salah seorang pengunjung, Muhammad Sadri, menyebutkan dia membawa putrinya untuk bermain ke kafe itu untuk berenang sekaligus membaca.

“Sebelum berenang dia bisa membaca buku anak dulu. Setelah itu berenang, kan bagus gitu, saya jaganya juga ndak suntuk bisa sembari membaca,” terangnya.

Sembari mandi, menikmati makanan dan minuman, maka nikmatilah asupan pengetahuan baru. Lewat buku-buku di pojok literasi kafe. Silakan berkunjung.

https://travel.kompas.com/read/2018/07/16/081431927/menikmati-pantai-dan-makanan-sembari-membaca-di-lhokseumawe

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke