Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengolah Salmon agar Tetap Fresh

Ikan salmon mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin dan kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa mineral penting ini adalah kalium, selenium dan vitamin B12.

Ikan salmon juga mudah untuk dimasak dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salmon bisa diolah dengan cara dibakar, digoreng, maupun dinikmati secara mentah seperti sushi. 

Sayangnya harga ikan jenis ini tak ramah di kantong. Untuk itu perlu pengolahan yang tepat dalam mengola agar salmon tetap fresh dan tidak bau amis sebelum dimasak.

Sebelum mengolah ikan salmon, perlu diperhatikan salmon untuk tetap fresh.

Ikan salmon terlebih dahulu dibersihkan, lalu dicuci. Setelah ikan dicuci, ikan tidak boleh terkena air, untuk membuat ikan tidak terkontaminasi dengan bakteri.

“Ketika ikan sudah dicuci lalu dikeringkan itu tidak boleh kena air lagi. Air ini sebagai media berkembangnya bakteri. Waktu ikan dibersihkan tidak boleh terlalu lama kena air dan langusung dikeringkan,” jelas Robbiq Verly, Head Cheff Restoran Pingoo ketika ditemui KompasTravel dalam launching menu Poke Bawl di Restoran Pingoo, Neo Soho Central Park, Jakarta (12/9/2018).

Setelah dibersihkan, ikan salmon terlebih dahulu ditaruh di tisu. Setelah itu disimpan di lemari es selama satu hari. Penggunaan tisu akan meresap bau amis dari salmon.

“Tisu ini akan meresap bau amis dari ikan salmon, jadi ikan bisa tetap fresh” jelas Robbiq.

Setelah itu, Anda bisa mengolah salmon sesuai selera.

https://travel.kompas.com/read/2018/09/14/190500727/cara-mengolah-salmon-agar-tetap-fresh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke