Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tempat Berkemah Sekitar Jakarta untuk Merayakan Tahun Baru

Meski begitu, Anda juga bisa merayakannya dengan suasana yang tenang tanpa mengurangi keistimewaan tahun baru.

Berkemah di kaki gunung dapat menjadi pilihan untuk merayakan tahun baru diiringi dengan kedamaian hutan. Kebanyakan lokasi berkemah pun mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi, cocok bagi Anda yang telah berkeluarga.

Untuk Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, berikut tiga lokasi berkemah yang cocok guna merayakan pergantian tahun di kota-kota sekitar Jakarta:

1. Bumi Perkemahan Sukamantri

Sukamantri cocok bagi Anda yang hanya punya waktu berlibur yang pendek. Berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat, Sukamantri dapat ditempuh selama 1-1,5 jam dari pusat Kota Bogor.

Akses menuju Sukamantri cukup baik, dengan jalanan berbatu yang harus dilalui selama satu kilometer sebelum pintu gerbang. Kalau bisa, hindari penggunaan mobil sedan.

Terdapat beberapa warung, sebuah mushala, dan 22 toilet di Sukamantri. Selain berkemah, Anda juga dapat menyusuri jalan setapak di hutan bagian atas selama 30 menit guna bermain air di Curug Suryakencana.

Waspadai bahan makanan dan perlengkapan pribadi di dalam tenda. Gerombolan kera seringkali mengintai dan mencurinya di pagi hari.

2. Situ Gunung

Terletak di Sukabumi, Jawa Barat, kawasan Situ Gunung termasuk ke dalam area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Kawasan ini tidak hanya diperuntukkan bagi kegiatan berkemah saja.

Selama berkemah, terdapat beberapa obyek wisata lain yang bisa Anda sambangi ketika luang. Anda dapat menikmati suasana pagi yang syahdu di Danau Situ Gunung pada pagi pertama tahun 2019, baik dari tepinya maupun melintasinya dengan getek. Danau ini berjarak tak sampai satu kilometer dari pintu gerbang.

Dengan mobil pribadi, Situ Gunung dapat Anda capai dari Ibu Kota usai 4-5 jam berkendara. Anda juga dapat menumpang KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi, turun di Stasiun Cisaat, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menyewa angkot.

3. Ranca Upas

Apabila Anda punya waktu libur yang cukup panjang, berkemah di Ranca Upas mungkin menjadi opsi yang pas untuk menghabiskan akhir tahun. Ranca Upas berada di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat, membuatnya cukup dekat dengan destinasi lain seperti Situ Patenggang dan Kawah Putih.

Dari pusat Kota Bandung, Ranca Upas bisa dijangkau selama 2,5 jam berkendara. Sedangkan dari Jakarta, Ranca Upas terpaut jarak 200 kilometer.

Di sini juga terdapat area penangkaran rusa yang akan menambah damai suasana tahun baru. Anda pun dapat membayar paket wisata selain berkemah, mulai dari sepeda gunung, ATV, flying fox, hingga paint ball.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/28/201600727/3-tempat-berkemah-sekitar-jakarta-untuk-merayakan-tahun-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke