Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejuknya Air Terjun Sarang Sari, Airnya Bisa Diminum dan Berkhasiat

Kepala Riset dan Pengembangan Mojosemi Forest Park, Honggo Utomo mengatakan, air sejuk yang meluncur dari ketinggian lebih dari 40 meter di Sarang Sari bisa dikonsumsi langsung karena berasal dari mata air langsung yang memiliki PH tinggi.

"Hasil dari uji lab, PH air di Sarang Sari hampir 8. Airnya selain bisa diminum langsung juga berkhasiat,” ujarnya, Minggu (9/6/2019).

Mojosemi Forest Park saat ini sedang mengembangkan Air Terjun Sarang Sari menjadi tujuan wisata kembali setelah puluhan tahun terabaikan.

Air Terjun Sarang Sari awalnya merupakan satu kawasan dengan rumah pembibitan bunga Sarang Sari yang dikelola oleh pemerintah kolonial Belanda.

Namun seiring perjalanan waktu kebun bunga Sarang Sari terlantar. Saat ini pemerintah Kabupaten Magetan kembali mengupayakan kembalinya Sarang Sari sebagai kebun hortikultura.

Honggo Utomo memaparkan, sumber air di Air Terjun Sarang Sari berasal dari aliran Sungai Tirto Gumarang.

Namun karena sumber airnya dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Lawu Tirta sebagai bahan baku melayani masyarakat membuat keberadaan Air Terjun Sarang Sari tak teraliri.

"Saat ini diambil PDAM Magetan sehingga memperkecil aliran sungai sehingga berdampak langsung kepada Air Terjun Sarang Sari,” katanya.

Kecilnya debit air di Air Terjun Sarang Sari membuat warna air yang mengalir menjadi keruh dan berwarna merah.

Aliran sungai yang tidak terawat juga membuat kondisi Sungai Tirto Gumarang tak terawat sehingga masyarakat menganggapnya sebagai tempat yang angker.

Untuk mengembangkan keberadaan Air Terjun Sarang Sari, pihak Mojosemi Forest Park melakukan penelitian dengan melibatkan hidrolog dari UGM.


Hasil dari penelitian ditemukan dua sumber air di aliran Sungai Tirto Gumarang yang mengalami sedimentasi sehingga alirannya kecil.

“Kita menemukan sumber air Urang Irangan dan sumber Putek Putek. Setelah kita revitalisasi dari sumber Urang Irangan kita mendapat pasokan 2 dim dan sumber Putek Putek 4 dim,” kata Honggo.

Saat ini pengelola Mojosemi Forest Park masih mengembangkan fasilitas pendukung bagi pengunjung Air Terjun Sarang Sari.

Aliran air dari air terjun nantinya akan dimanfaatan untuk membuat sejumlah kolam yang akan difungsikan sebagai kolam renang dan kolam ikan hias.

Selain itu air dari air terjun juga akan dimanfaatkan untuk sumber pengairan kebun sayur milik warga sekitar air terjun.

“Kalau malam warga memanfaatkan untuk mengairi kebun sayur, selain fungsi pariwisata juga sebagai fungsi sosial,” ucap Honggo.

Meski masih dalam pengembangan, sejuknya butiran air yang meluncur dari ketinggian lebih dari 40 meter telah bisa dinikmati pengunjung.

Panorama hijau sejuk tumbuhan perdu yang menyelimuti dinding batu air terjun seakan menyejukkan mata. Sejumlah pohon pakis raksasa yang tmbuh di tengah area air terjun menambah eksotis keindahan Air Terjun Sarang Sari.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/10/111600927/sejuknya-air-terjun-sarang-sari-airnya-bisa-diminum-dan-berkhasiat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke