Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indahnya Pantai Ngrawe yang "Instagramable"

Salah satunya di Pantai Ngrawe, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Pantai Ngrawe dikembangkan masyarakat dan seorang pengusaha memiliki keindahan yang berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya di Kabupaten Gunungkidul. Memiliki hamparan rumput dipadukan dengan pembuatan taman, Pantai Ngrawe memiliki pesona sendiri.

Untuk mencapai pantai tersebut, kamu harus masuk melalui pos retribusi Pantai Baron, menuju ke Pantai Kukup. Sebelum masuk ada pertigaan menuju Pantai Mbuluk.

Setelah kurang lebih 5 menit perjalanan, kamu akan menemukan simpang 3 yang terdapat penunjuk jalan ke Pantai Ngrawe dan Pantai Mbuluk, di sekitar simpang 3 itu terdapat area parkir.

Tak sampai di situ, wisatawan berjalan kaki ke arah barat menyusuri jalan setapak menyusuri rerimbunan pandan dan cemara, sampailah ke Pantai Ngrawe.

Selain melalui jalan tersebut, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di Pantai Kukup. Jika air sedang surut, pengunjung bisa berjalan menyusuri Pantai Kukup menuju ke arah barat.

Pantai Ngrawe memiliki beberapa gazebo tempat warga sekitar menjajakan makanan. Selain itu bentuk taman yang dilengkapi kursi, dan tanaman palem membuat suasana semakin asri sehingga pengunjung betah berlama-lama di sana.

Selain itu, hamparan pasir putih membuat pantai ini cukup indah dipandang mata. Tak sedikit pengunjung yang mengabadikan menggunakan gawainya.

Dia berharap ke depan tidak ada konflik seperti destinasi wisata lain sehingga bisa berkembang dengan baik. Apalagi dikelola kolaborasi dengan masyarakat, dia yakin ke depan akan semakin baik.

"Tadi sempat tanya pedagang yang asli warga sekitar, katanya di sini belum selesai. Mungkin bila selesai keindahannya bisa mendunia," ujarnya.

Rudi, salah seorang pedagang mengatakan Pantai Ngrawe awalnya sekitar 2 tahun lalu masih ditumbuhi pandan dan kebun jagung.

Pantai tersebut tergolong masih baru dan saat ini masih dalam pengembangan oleh pengelola Pantai Ngrawe. Dia menyebut sepengetahuannya pantai ini masih sekitar 20 persen dari total yang akan dikembangkan.

Setiap hari tak hanya akhir pekan dan liburan, Pantai Ngrawe dikunjungi ratusan wisatawan untuk sekadar berfoto. "Untuk nama Ngrawe ini saya sendiri tidak mengetahui. Sejak dulu memang namanya seperti itu," kata Rudi.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/13/170800527/indahnya-pantai-ngrawe-yang-instagramable-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke