Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kegiatan Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menutup kegiatan pendakian ke Gunung Semeru mulai Minggu (22/9/2019) hingga waktu yang tidak ditentukan karena meluasnya peristiwa kebakaran.

Penutupan pendakian secara resmi diumumkan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui surat bernomor PG.05/T.8/TU/TU.03/HMS/9/2019.

“Sehubungan dengan kondisi kebakaran pada hari Minggu 22 September 2019 pukul 15.00 WIB di jalur pendakian Gunung Semeru, dengan ini Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) menutup kegiatan pendakian Gunung Semeru secara total sejak tanggal 22 September 2019 hingga waktu yang tidak ditentukan,” kata Kepala BBTNBTS John Kennedie dalam surat pengumuman.

Ketua Komunitas Gimbal Alas, Trianko Hermanda mengatakan kebakaran terjadi di area Pangonan Cilik dekat Pos Ranu Kumbolo. Api diduga berasal dari area Gunung Ayek-Ayek.

“Api mendekati pos empat,” kata laki-laki yang akrab disapa Slank saat dihubungi KompasTravel.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di area Arcodo dan Kalimati di Gunung Semeru. Api mulai terlihat sejak seminggu yang lalu.

Pihak TNBBTS juga sempat membatasi kegiatan pendakian hingga Pos Ranu Kumbolo lantaran kebakaran di Arcopodo dan Kalimati. Hingga kini, pendaki terus dievakuasi kembali ke Pos Ranupani.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/22/200606727/kegiatan-pendakian-gunung-semeru-ditutup-total

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke