Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menikmati Senja di Kaimana Papua Seperti Jokowi dan Iriana

JAKARTA, KOMPAS.com – Kaimana adalah sebuah daerah di Papua yang begitu terkenal akan senja eksotisnya. Bahkan senja di Kaimana sampai dibuatkan lagu oleh penyanyi era 1960an Alfian dengan judul ‘Senja di Kaimana’.

Kaimana merupakan salah satu kota pantai di Provinsi Papua Barat. Tepatnya di leher  Pulau Papua. Kaimana didominasi dengan wilayah yang berbatasan dengan laut, berhadapan langsung dengan Laut Arafuru.

Senja di Kaimana menjadi begitu eksotis karena letaknya yang langsung mengarah ke bagian barat, tempat matahari terbenam.

Senja nan indah yang dimiliki Kaimana menjadi daya tarik sendiri bagi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana dalam kunjungan kerja ke Kaimana, Minggu (27/10/2019).

Jokowi dan Iriana berkesempatan mengunjungi tepi anjungan Taman Kota Senja, tepat saat senja turun di Kaimana.

Berikut cara menikmati senja di Kaimana ala Jokowi dan Iriana:

1. Duduk di kursi dengan meja panjang yang menghadap Laut Arafuru

Tiba di tepi anjungan Taman Kota Senja Kaimana, Jokowi dan Iriana lantas duduk di sebuah kursi dengan meja panjang di depannya yang menghadap langsung Laut Arafuru.

Berlatarkan matahari yang perlahan terbenam di kabupaten yang terletak di leher burung Pulau Papua ini, Jokowi dan Iriana pun menikmati senja di sana.

2. Minum kelapa muda sembari menikmati senja

Ditemani minuman kelapa muda, Jokowi dan Iriana tampak menikmati momen indah tersebut sambil berbincang hangat.

Salah satu cara menikmati senja nan indah di Kaimana adalah sambil minum kelapa muda. Air kelapa muda segar yang masuk ke tenggorokan membuat momen melihat senja jadi lebih baik. 

3. Menonton Tari Seka

Jokowi dan Iriana langsung disambut dengan Tari Seka, salah satu tarian adat masyarakat pesisir selatan Papua yang meliputi Timika, Kaimana, dan Fakfak.

Keduanya juga ikut menari bersama dengan warga. Jokowi dan Iriana ikut larut dalam suasana. Mereka juga disambut oleh ribuan warga.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/28/193043327/menikmati-senja-di-kaimana-papua-seperti-jokowi-dan-iriana

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke