Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Hal Inspirasi Film Frozen 2, dari Norwegia sampai Suku Sami

JAKARTA, KOMPAS.com - Frozen, film animasi milik Disney yang rilis pada tahun 2013. Film ini tercatat sebagai film animasi Disney paling laris sepanjang sejarah. Film ini menceritakan kisah pertualangan Anna, Kristoff, dan Olaf menelusuri daerah dingin beku untuk mencari Elsa sang ratu Kerajaan Arendelle.

Dalam pembuataannya, Frozen terinspirasi dari berbagai hal. Kebudayaan, tempat dan kesenian tertentu. Dikutip dari beberapa sumber, berikut empat hal yang menginspirasi film Frozen:

Animasi Frozen ternyata terinspirasi dari kondisi alam di Norwegia. Mereka sempat mengunjungi Norwegia agar dapat mengambarkan suasana dingin yang nyata.

Beberapa teori fans menyatakan, Kerajaan Arendelle terinspirasi dari Kota Arendal yang berada di Selatan Norwegia. Hal ini terjadi dikarenakan banyaknya kesamaan antara Kerjaan Arendelle dan Kota Arendal, seperti gaya bangunan dan budaya masyarakat.

Bukan cuman itu, beberapa daerah lain juga memiliki kemiripan dengan scene di film Frozen, seperti : Trøndelag, Romsdal, dan Hedmark.


2. Kesenian Rosemaling

Dikutip dari www.insidethemagic.net, Rosemaling secara harfiah berarti "lukisan dekoratif". Kesenian ini mampir ada di setiap scene pada film frozen.

Hampir setiap permukaan memiliki semacam lukisan dekoratif atau pola di atasnya, mulai dari dinding hingga pakaian. Detail kecil inilah yang membuat animasi Frozen terasa indah dan hidup.

Biasanya kamu bisa menemukan kesenian satu ini di pakaian tradisional Suku Sami. Beberapa motif juga dapat kamu temukan di perlatan makan tradisional Norwegia. 

Kristoff dan Sven konon terinspirasi dari suku ini...

Situs wisata Norwegia www.visitnorway.com, sempat menjelaskan serba-serbi terkait suku ini. Menurut situs tersebut, suku Sami adalah penduduk asli Finno-Ugrik yang tinggal di wilayah dingin.

Suku Sámi tersebar di berbagai wilayah di yang saat ini mencakup ujung utara Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Walau tidak dikonfirmasi langsung oleh art director Frozen, hal ini dipercayai oleh beberapa fans Frozen. Kesamaan terlihat dari profesi sebagai pengembala rusa, bentuk pakaian, dan postur badan.


4. Musik Nordik

Tim produksi Disney di belakang Frozen, termasuk komposer Christophe Beck, ingin menggunakan musik Nordik sebagai inspirasi untuk musik dalam film tersebut.

Menurut situs www.visitnorway.com, pada 2012 mereka menemukan Frode Fjellheim, seorang musisi dan komposer dengan akar Sami. Hasilnya adalah lagu berjudul "Vuelie" menjadi lagu pembuka.

Karya ini menampilkan salah satu kesenian Sami yang bernama Joik. Joik adalah seni musik tradisional Nordik yang sebanding dengan nyanyian tradisional dari beberapa budaya asli Amerika.

Joik mirip dengan budaya perdukunan Siberia, yang meniru suara alam.

Menyusul kesuksesan Frozen, Disney merilis seri kedua dari film ini. Frozen II akan tayang mulai dari tanggal 20 November 2019 di bioskop Indonesia. 

https://travel.kompas.com/read/2019/11/21/080000727/4-hal-inspirasi-film-frozen-2-dari-norwegia-sampai-suku-sami

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke