Salin Artikel

3 Resep Minuman Dalgona yang Lagi Viral, Kali Ini Tanpa Kopi

Cara membuatnya mudah. Jika kamu sudah pernah membuat Dalgona Coffee, cara membuat resep-resep di bawah ini cukup sama. Perbedaannya hanya bubuk kopi diganti dengan minuman lain.

Berikut ini beberapa resep dalgona selain menggunakan kopi dilansir dari klfoodie.com.

Dalgona Matcha

Dalgona Matcha membutuhkan bahan-bahan yang sedikit berbeda. Siapkan 1 sendok makan bubuk matcha, 1 putih telur, ¼ gelas gula putih, ¼ gelas air, dan 1 gelas susu.

Cara pembuatannya, pisahkan putih telur ke mangkuk kecil. Dengan menggunakan kocokan atau mixer elektrik, kocok telur hingga berbusa dan bertekstur halus serta lembut.

Lalu campur gula dan air di dalam panci sambil dipanaskan di atas kompor. Biarnya larutan gula hingga mendidih dan jangan aduk campuran tersebut.

Perlahan-lahan tuangkan sirup gula yang sudah mendidih tersebut ke dalam mangkuk yang terdapat putih telur yang sudah dikocok tadi. Aduk campuran tersebut hingga mengkilap.

Tambahkan bubuk matcha dan aduk hingga campuran tersebut punya konsistensi yang halus.
Terakhir, tuangkan susu ke dalam gelas. Tambahkan es batu, dan tuangkan adonan ke atasnya.

Cara membuatnya, campur bubuk Milo, gula, dan air panas dalam mangkuk kecil. Gunakan kocokan tangan atau mixer elektrik. Kocok adonan sekitar 3-5 menit, atau yang banyak orang bilang hingga 400 kali kocokan.

Tunggu hingga adonan punya konsistensi yang tebal dan creamy. Artinya adonan sudah siap.

Tuangkan susu ke dalam gelas, tambahkan es dan tuangkan adonan di atas susu. Taburkan sedikit bubuk Milo di atasnya.

Cara pembuatannya, pertama lelehkan gula di atas kompor hingga mencair dan berwarna kecokelatan. Setelahnya, tambahkan baking soda ke dalam sirup dula dan aduk hingga memiliki konsistensi yang lengket.

Setelahnya, tuang campuran tersebut ke atas kertas perkamen atau kertas roti. Kertas jenis ini tidak akan menempel pada bahan makanan. Biasanya digunakan untuk proses memanggang.

Dalam membuat dalgona, kertas ini digunakan agar campuran gula yang lengket itu tidak menempel pada kertas. Setelah menuangkan adonan gula di atas kertas perkamen, biarkan hingga dingin dan mengeras selama sekitar satu jam.

Setelahnya, pecahkan dan potong-potong permen gula yang sudah keras tersebut menggunakan pisau.

Lalu buat campuran milk tea. Tuang susu ke dalam gelas, tambahkan es batu, lalu campurkan teh secukupnya. Lalu taburkan potongan permen dalgona di atasnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/27/200300227/3-resep-minuman-dalgona-yang-lagi-viral-kali-ini-tanpa-kopi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.