Salin Artikel

5 Hidangan Takjil Khas Riau, Sebagian Besar Terbuat dari Tepung Sagu

Sajian-sajian ini umumnya terbuat dari tepung sagu. Namun ada juga yang berupa kue berempah dengan rasa yang unik, serta sajian kenyal yang terbuat dari tepung sagu.

Berikut 5 hidangan takjil khas Riau:

Kue asidah adalah kue berempah khas Melayu. Sajian ini terinspirasi dari hidangan Timur Tengah.

Dibuat menggunakan campuran tepung terigu dan berbagai macam rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan daun pandan membuat rasa kue asidah ini sangat unik. Biasanya kue asidah jadi camilan teman minum kopi dan teh.

“Konon kabarnya kue ini merupakan salah satu makanan istimewa yang disuguhkan hanya untuk para raja di Indragiri, Riau,” tutur Alfa Frisa Septania, Ketua DPD PPJI Riau pada Kompas.com, Selasa (5/5/2020).

Terlebih kue asidah hanya muncul dan tersedia saat momen-momen tertentu seperti kenduri adat, tunangan, hari raya keagamaan, syukuran, hingga proses mengantarkan kue ketika sepasang masyarakat Riau hendak menikah,” sambung dia.

Bubou gedegub sagu atau bubur gedegub sagu adalah sajian khas Riau yang dibuat dari tepung sagu, air, gula merah, santan, gula, garam, dan tepung maizena.

Rasa bubur gedegub sagu manis dan gurih perpaduan gula dan santan dengan tekstur yang lembut dari sagu.

3. Kepurun sagu manis

Kepurun sagu manis adalah salah satu sajian minuman khas Riau yang juga dibuat dari tepung sagu.

Campuran dari minuman segar ini adalah tepung sagu, air, santan, gula merah, gula putih, garam, daun pandan, yang dicampur dengan sagu mutiara.

Sajian kepurun sagu manis cocok untuk jadi hidangan berbuka puasa.

Kue yang satu ini punya perpaduan rasa gurih manis yang khas. Bentuknya pun unik, terlihat sedikit seperti bentuk bintang. Kue uwok-uwok gula merah ini konon katanya sudah sulit didapatkan di pasaran.

Kue ini terbuat dari tepung ketan, gula merah, santan, garam, vanili, daun pisang, dan pati santan.

5. Putri mandi

Kue tradisional ini rasanya manis, gurih, dan kenyal. Dibuat dari kelapa, tepung ketan, dan kuan santan memberikan perpaduan rasa yang sangat unik. Disebut putri mandi karena kuenya terlihat seperti sedang berendam.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/12/160600927/5-hidangan-takjil-khas-riau-sebagian-besar-terbuat-dari-tepung-sagu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.