Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata ke Air Terjun Kedung Pedut, Main Air di Kolam Pemandian Alami

Empat kabupaten dan satu kota di DIY memiliki keunggulan masing-masing di sektor pariwisata.

Kabupaten Kulon Progo, misalnya, menawarkan sisi pariwisata yang tak kalah menarik. Berada di pegunungan Menoreh, Kulon Progo punya satu tempat yang menawarkan keindahan alam menyejukkan dan menyegarkan.

Tempat ini bernama Air Terjun Kedung Pedut. Lokasinya berdekatan dengan tempat wisata yang mengunggulkan air lainnya seperti Ekowisata Sungai Mudal dan Air Terjun Kembang Soka.

Lalu apa saja yang bisa dinikmati di Air Terjun Kedung Pedut?

Keunggulan dan keunikan Air Terjun Kedung Pedut ini yaitu sumber mata airnya yang berasal dari dalam bumi--seolah tak pernah habis atau mengering.

Hal ini yang membuat Kedung Pedut dijuluki Surga Air Kulon Progo, lantaran airnya yang tak pernah habis meski di musim kemarau.

Siapa saja yang berkunjung ke sini pasti akan merasakan kesejukan dan suhu dingin. Hal ini karena pepohonan rindang di sekitar lokasi membuatmu tidak merasakan panas.

Selain itu, ada banyak kolam pemandian alami yang bisa digunakan anak untuk bermain air. Kawasan Air Terjun Kedung Pedut terbilang luas dan dapat menampung banyak wisatawan.

Selain basah-basahan bisa juga berfoto di spot menarik

Datang ke sini, sudah pasti kamu akan berbasah ria. Namun, kamu juga bisa datang hanya untuk berfoto-foto.

Pengelola Air Terjun Kedung Pedut sudah menyediakan beragam spot foto menarik di sini mulai dari helikopter terparkir di tepi kolam pemandian hingga berfoto di hammock.

Spot-spot tersebut biasa digunakan pengunjung untuk berfoto karena keunikannya yang tak dapat ditemukan di kolam pemandian lainnya.

Selain berfoto, kamu juga bisa bersantai di atas hammock dengan menikmati pemandangan kawasan Air Terjun Kedung Pedut dari ketinggian.

Wahana flying fox

Bagi kamu yang penyuka kegiatan memacu adrenalin, Air Terjun Kedung Pedut juga bisa menjadi rekomendasinya.

Ada satu fasilitas yang menawarkan flying fox untuk wisatawan tersebut. Flying fox ini memiliki panjang lintasan sekitar 40 meter.

Siapa saja yang naik flying fox ini akan merasakan pengalaman meluncur di atas kolam pemandian dan melihat air terjun dari ketinggian.

Harga dan akses rutenya

Tertarik berkunjung ke sini? Langsung saja agendakan berwisata karena Air Terjun Kedung Pedut sudah resmi dibuka kembali di masa pandemi. Hal ini terlihat dalam akun Instagram @kedungpedut.

Tentunya ada protokol kesehatan yang diterapkan di wisata alam ini. Kamu yang ingin mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut wajib menggunakan masker, mencuci tangan, mengecek suhu tubuh, melakukan pencatatan identitas, dan menjaga jarak.

Adapun jam buka Air Terjun Kedung Pedut mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuk Kedung Pedut yakni Rp 10.000 per orang.

Rute jalan ke Air Terjun Kedung Pedut terbilang mudah dalam arti bisa dijangkau oleh motor atau pun mobil. Jika kamu dari pusat Kota Yogyakarta atau Tugu Yogyakarta, ambil arah ke barat hingga perempatan lampu lalu lintas ringroad barat Demak Ijo. 

Sampai di sana, arahkan ke Jalan Godean menuju Pasar Godean. Kamu akan melewati jembatan Sungai Progo, perempatan lampu lalu lintas Nanggulan hingga Pasar Kenteng.

Kemudian jalan agak sedikit menanjak memasuki pegunungan Menoreh, sampai di pertigaan ambil kanan arah Goa Kiskendo.

Tiba di pertigaan Goa Kiskendo kamu bisa ambil kiri hingga menemui pertigaan setelah gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka, lalu ambil kiri. 

Kamu sudah sampai di pintu masuk Air Terjun Kedung Pedut. Tempat ini berada 16 kilometer dari pusat kota Wates, Kulon Progo.

Namun, sepanjang perjalanan ketika memasuki pegunungan Menoreh, kamu akan melalui jalan menanjak cukup panjang. Oleh karena itu, kondisi fit dari kendaraan menjadi hal utama.

https://travel.kompas.com/read/2020/07/28/122100727/wisata-ke-air-terjun-kedung-pedut-main-air-di-kolam-pemandian-alami

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke