Salin Artikel

5 Pantai di Malang yang Lokasinya Berdekatan, Apa Saja?

KOMPAS.com – Sejumlah pantai di Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki keindahan tersendiri yang patut dilihat secara langsung saat berlibur ke sana.

Meski begitu, pantai-pantai tersebut terkadang terletak cukup jauh satu sama lain. Hal ini mungkin membuatmu cukup sulit untuk menjelajahi wisata pantai di Malang.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Berikut lima pantai di Malang dengan lokasi berdekatan satu sama lain yang telah Kompas.com rangkum, Kamis (17/9/2020):

1. Pantai Telok

Pantai ini terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Pesona pantai yang tersembunyi di balik perbukitan hijau ini patut diacungi jempol.

Pasalnya, Pantai Telok memiliki air berwarna biru yang sangat kontras dengan hijaunya pepohonan serta tumbuhan dari perbukitan dan ladang milik warga yang mengelilinginya.

Pantai yang juga dikenal dengan Pantai Ngelengguk ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga wisatawan harus sangat berhati-hati jika ingin bermain air di tepi pantai.

Salah satu ikon dari pantai tersembunyi ini adalah sebuah bukit yang bentuknya sekilas mirip kura-kura.

Sepinya Pantai Telok mungkin akan membuatmu merasa seperti sedang berlibur di pantai pribadi.

Sebelum berkunjung, ada baiknya siapkan perbekalan sebagai antisipasi jika tidak ada warung yang menjual makanan berat.

2. Pantai Parang Dowo

Pantai Parang Dowo terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Dari Pantai Telok, jaraknya hanya sekitar 400 meter naik mobil.

Berbeda dengan beberapa pantai di Malang Selatan, Pantai Parang Dowo memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga anak-anak bisa bermain dengan cukup aman.

Hal ini karena pantai dilindungi oleh gugusan batu karang, sehingga ganasnya ombak tidak terlalu terasa. Meski begitu, ada baiknya wisatawan tetap berhati-hati jika ingin berenang.

Pantai Parang Dowo memiliki ikon, yakni batu karang yang warnanya kerap berubah tergantung musim. Jika berkunjung pada musim hujan, warnanya menjadi hijau.

Jika ingin menjelajahi Pantai Parang Dowo dari ujung ke ujung dan berswafoto ria di beberapa tebing, kamu bisa berkemah di sana.

Sebelum berkunjung, ada baiknya siapkan perbekalan sebagai antisipasi jika tidak ada warung yang menjual makanan berat.

3. Pantai Jelangkung

Pantai Jelangkung terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Dari Pantai Parang Dowo, jaraknya hanya sekitar 450 meter dengan mobil.

Meski memilik nama yang seram, keindahan panorama alamnya mampu menyegarkan mata.

Ikon pantai ini adalah sebuah batu karang yang dipenuhi tumbuhan asri yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Biasanya, batu karang tersebut kerap dijadikan obyek foto wisatawan.

Batu karang tersebut berfungsi sebagai pelindung bibir pantai dari gelombang ombak khas pantai selatan yang cukup ganas. Wisatawan masih bisa bermain air di tepi pantai dengan hati-hati.

Jika ingin berkemah, kamu bisa melakukannya di Pantai Jelangkung. Sebelum berkunjung, ada baiknya siapkan perbekalan sebagai antisipasi jika tidak ada warung yang menjual makanan berat.

4. Pantai Kangen

Pantai Kangen terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Dari Pantai Jelangkung, jaraknya hanya sekitar 600 meter naik mobil.

Desa Gajahrejo yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Tidak heran jika deretan pantai di sana memiliki pemandangan yang indah, termasuk Pantai Kangen.

Sebelum memasuki area pantai, kamu akan disambut sebuah patung besar yang menggambarkan Dewi Songgolangit. Namun ada juga yang menyebutnya sebagai patung Nyi Roro Kidul.

Selama berada di Pantai Kangen, kamu bisa menikmati keindahan laut lepas dan embusan angin sambil duduk-duduk di gazebo pinggir pantai.

Walaupun berenang dilarang, kamu masih bisa bermain air di tepi pantai dengan tetap harus hati-hati. Usai bermain air, kamu bisa berkunjung ke Goa Jodoh di timur pantai.

5. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Dari Pantai Kangen, jaraknya hanya sekitar 650 meter.

Sebelum tiba di area pantai, kamu bisa berhenti dulu di Jembatan Bajul Mati yang memiliki pemandangan air laut bak sungai karena terlihat berliku lantaran diapit oleh beberapa bukit karang.

Namun kendaraan disarankan untuk diparkir di area yang aman dan tidak di pinggir jalan jembatan agar tidak membahayakan pengendara lain. Kamu bisa jalan kaki ke sana dan foto-foto di jalur pejalan kaki.

Pantai yang dikelilingi oleh pepohonan rindang ini memiliki pemandangan laut lepas yang indah. Namun gelombang ombaknya cukup besar jadi kamu tidak bisa berenang di sana.

Kendati demikian, kamu tetap bisa bermain air di tepi pantai atau berkunjung ke muara sungai yang letaknya tidak terlalu jauh.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/18/080800827/5-pantai-di-malang-yang-lokasinya-berdekatan-apa-saja-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.