Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Wisata di Tasikmalaya yang Pas untuk Anak-anak

KOMPAS.com – Libur panjang bisa dilakukan dengan mengajak anak berwisata. Oleh karena itu, pilih tujuan wisata yang pas untuk anak-anak.

Tasikmalaya menjadi salah satu destinasi yang menawarkan banyak tempat wisata yang cocok untuk anak-anak.

Berikut Kompas.com merangkum 5 tempat wisata di Tasikmalaya yang cocok dikunjungi bersama anak:

1. Museum Sukapura

Museum Sukapura diresmikan pada tanggal 19 Agustus 2000 oleh Bupati Tasikmalaya saat itu. Lokasinya ada di Kampung Empang, Desa Sukapura, Kecamatan Sukaraja, Tasikmalaya.

Museum ini sangat cocok utuk wisata edukasi anak. Orangtua bisa membantu anak mempelajari dan memperluas pengetahuan tentang sejarah.

Museum ini menyimpan beragam peninggalan pemerintahan Sukapura yang pernah eksis di bawah Gunung Galunggung.

Beberapa barang-barang peninggalan tersebut disimpan oleh perorangan dan pemilik Yayasan Sukapura.

Koleksi yang tersimpan di museum, seperti aneka senjata, alat kesenian, alat-alat rumah tangga, macam-macam peteka Bupati Sukapura, dan pakaian.

2. Ampera Waterpark

Ampera Waterpark terletak di Jalan Raya Sumedang–Cibeureum nomor 217, Pamoyanan, Kecamatan Ciawi, Tasikmalaya.

Ampera Waterpark memiliki ciri khas unik, yakni terdapat teko raksasa khas Sunda berwarna hijau yang merupakan air mancur. Selain teko unik, ada pula istana kerajaan seperti di negeri dongeng.

Dengan keunikan yang di tawarkan Ampera Waterpark, pastinya tempat ini akan meningkatkan semangat anak.

Beberapa wahana seru yang ada di Ampera Waterpark, antara lain adalah kolam berombak, kolam air panas, dan kolam atlet renang.

Operasional Ampera Waterpark adalah setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Khusus Hari Jumat buka dari pukul 13.00 WIB.

Tiket masuk Ampera Waterpark adalah Rp 25.000 per orang saat weekdays dan Rp 35.000 per orang saat weekend.

Adapun, biaya kamar rendam air panas untuk personal seharga Rp 15.000 per kamar maksimal 3 orang. Untuk family, harganya Rp 25.000 per kamar maksimal 5 orang.


3. Taman Mangkubumi Indah

Taman Mangkubumi Indah merupakan taman rekreasi yang dulunya merupakan sebuah hotel. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga.

Taman Mangkubumi berlokasi di Jalan A.H Nasution kilometer 7, Mangkubumi, Kecamatan Mangkubumi, Tasikmalaya.

Fasilitas di sini, antara lain 5 kolam renang dari ukuran kecil untuk anak-anak sampai ukuran olimpiade untuk dewasa, tempat piknik, jogging trek, dan camping ground.

Ada juga sekolah alam yang cocok untuk anak-anak dengan 3 program pembelajaran, yaitu forest zone, plantation zone, dan farming zone.

Melalui program itu, anak-anak diajak melakukan hiking, berpetualang, menanam, memanen, membuat pupuk dan media tanam, mengenali hewan, sampai memandikan hewan.

Tiket masuk Taman Mangkubumi Indah adalah Rp 15.000 per orang dan Rp 9.000 per anak PAUD/TK. Pengujung hotel gratis masuk. Harga tiket termasuk gratis minuan dan camilan dengan minimal 15 orang.

Harga sekolah alam mulai Rp 22.500-Rp 35.000 untuk PAUD/TK/SD. Harga berkisar Rp 25.000-Rp 37.500 untuk SMP/SMA/Universitas. Tersedia pula paket combo program sekolah alam mulai Rp 47.500-Rp 85.000.


4. Wisata Alam Batu Mahpar

Wisata Alam Batu Mahpar merupakan taman rekreasi yang terletak di Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya.

Tempat ini awalnya berupa batu yang bekas aliran lava yang kemudian membentuk sebuah sungai sepanjang 400 meter.

Wahana yang tersedia di Wisata Alam Batu Mahpar, antara lain waterboom, taman palintangan, rumah hobbit, payung geulis, bambu cinta, artefak, hingga taman aksara.

Operasional Wisata Alam Batu Mahpar adalah pukul 08.00-17.00 WIB. Hari jumat buka mulai pukul 13.00 WIB.

Akibat dari dampak Covid-19, pengelola menurunkan harga tiket menjadi untuk semua wahana hanya sebesar Rp 20.000 per orang saat weekdays dan Rp 25.000 saat weekend.


5. Pemandian Citiis

Pemandian Citiis berada di kaki Gunung Galunggung, tepatnya di Desa Mandalagiri, Kecamatan Padakembang, Tasikmalaya.

Wisata Pemandian Citiis menawarkan panorama pemandangan indah dan suasana yang masih sangat alami. Air kolam pemandian air panas ini berasal dari mata air panas Gunung Galunggung.

Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukkan sehari-hari atau berlibur bersama keluarga yang membawa anak.

Fasilitas yang tersedia di Pemandian Citiis, yakni gazebo, kamar mandi, mushala, kolam untuk dewasa dan anak-anak, juga warung makan dengan nuansa asri pegunungan.

Harga tiket masuk tempat wisata ini adalah Rp 5.000 per orang. Tarif parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/24/150405627/5-wisata-di-tasikmalaya-yang-pas-untuk-anak-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke