Salin Artikel

Rute Menuju ke OJ Organic Farm Bogor dan Harga Piknik di Sana

KOMPAS.com – OJ Organic Farm merupakan sebuah kebun organik yang terletak di Cimande, Bogor, Jawa Barat.

OJ Organic Farm menawarkan beberapa aktivitas wisata seru yang bisa dilakukan anak-anak, seperti piknik privat, memetik sayuran dan buah, hingga bermain bersama ayam dan burung.

“Saya sering ke sana (OJ Organic Farm) sama anak-anak sejak pandemi. Anak anak saya praktis hanya dari rumah dan di OJ gitu. Jadi mereka bisa bebas di sana lari larian gitu, menghirup udara segar,” kata pemilik OJ Organic Farm bernama Rika pada Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Rika pun mengunggah rutinitasnya itu ke media sosial. Tak disangka, banyak teman-temannya yang tertarik datang. Padahal awalnya OJ merupakan kebun organik pribadi yang hasilnya hanya ia manfaatkan untuk kebutuhannya sendiri.

“Akhirnya saya putuskan, 'oh mungkin ide bagus juga kali ya buka private piknik'. Jadi anak juga bisa keluar, main, tanpa takut harus bertemu banyak orang. Tanpa harus crowded. Jadi akhirnya dari situ kita buka OJ sebagai agro tourism organic,” sambung dia.

Rute menuju OJ Organic Farm

OJ Organic Farm terletak di Cimande, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit saja dari pusat kota Bogor, tepatnya Kebun Raya Bogor.

Jika naik mobil, kamu bisa pacu kendaraanmu ke arah Botani Square kemudian masuk ke arah Tol Jagorawi.

Dari sana, ikuti terus jalan tol dan keluar di Gerbang Tol Caringin. Tetap berada di arah kiri, ambil kiri ke arah Jalan Cimande. Selanjutnya terus ikuti Jalan Cimande, yang melewati desa penduduk. OJ Organic Farm terletak sebelum Lingkung Gunung Adventure Camp.

Jika tak menggunakan jalan tol, kamu bisa mengambil jalur dari Kebun Raya Bogor melewati Mall BTM Bogor. Terus ke arah Jalan Lolongok, kemudian ambil arah kiri ke Jalan Layungsari III, dan Jalan Pahlawan.

Kemudian ikuti jalan ke arah Jalan Batu Tulis, kemudian belok kiri ke Jalan Siliwangi. Lalu belok kanan ke Jalan Lawang Gintung, melewati stasiun Batutulis dan ke Jalan Raya Cipaku. Masuk ke Jalan Dekeng dan Jalan Rancamaya-Bojongkerta.

Selanjutnya belok kanan ke Jalan Raya Sukabumi. Terus ikuti jalan, hingga tiba di Jalan Cimande. Setelah itu terus ikuti jalan hingga tiba di OJ Organic Farm. Jika tak menggunakan jalan tol Jagorawi, kamu perlu menghabiskan waktu sekitar satu jam di perjalanan.

Kondisi jalan ke OJ Organic Farm

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya periksa kondisi kendaraan. Pertimbangkan apakah kendaraan kuat menyusuri rute menuju OJ Organic Farm yang cukup sulit dilalui.

Menurut Rika, ada sekitar 500 meter bagian jalan menuju ke perkebunan yang masih belum diaspal. Alhasil, jika kondisi hujan tentu saja akan membuat kondisi jalan becek, licin, dan berbahaya.

“Kenapa jalan tanahnya jadi jelek? Karena suka dilewatin truk yang bawa batu gitu. Tapi sampai ke kampung di bawah, itu jalannya aspal. Cuman sekitar 500 meter ke atas itu putus jalan aspalnya,” papar Rika.

Sementara jalanan kampungnya dinilai cukup baik. Sudah beraspal dan bisa dilewati berbagai jenis mobil. Selain itu, pastikan pula pengemudi cukup andal untuk melewati jalan sempit.

“Terus kalau di jalan kampung kan sempit ya, itu kan bikin deg-degan. Sulit buat yang belum pengalaman. Harus minggir-minggir gitu biar enggak senggolan,” jelas Rika.

Untuk area parkir OJ Organic Farm sendiri cukup luas. Lahan parkirnya bisa menampung sampai 10 mobil sekaligus.

Harga piknik privat di OJ Organic Farm

Harga piknik privat di OJ Organic Farm adalah Rp 500.000 yang berlaku untuk maksimal tiga orang dewasa. Sementara anak-anak di bawah 12 tahun tidak perlu membayar, alias gratis.

“Misalnya bisa datang tiga dewasa plus anak-anak empat orang itu bayarnya tetap Rp 500.000,” imbuh Rika.

Namun jika takut makanan kurang, maka kamu bisa menambah pax dengan harga Rp 150.000 per pax.

Harga tersebut sudah termasuk tempat piknik tematik. Pengunjung akan mendapatkan area duduk berupa selimut, meja panjang di atasnya, alat makan lengkap, bantal untuk tempat duduk, dan peneduh di bagian atasnya untuk melindungi dari sinar matahari.

Pengunjung bisa memilih dua jenis makanan, yakni OJ Saung dan Korean Barbeque. OJ Saung menyajikan makanan kampung seperti ayam kampung bakar, nasi, lalapan yang dipetik sendiri, sayur, dan sambal.

Sementara Korean Barbeque mencakup daging barbekyu khas Korea, lengkap dengan pemanggangnya, dan selada segar yang dipetik sendiri.

Dalam kunjungan piknik privat tersebut, pengunjung juga bisa sekaligus memetik sayuran atau buah-buahan sendiri. Karena berupa tanaman organik, maka hasil panen tersebut aman untuk dimakan langsung.

Dengan harga Rp 500.000 tersebut, pengunjung bisa memetik dan membawa pulang maksimal lima kilogram hasil panen per kunjungan.

OJ Organic Farm buka setiap hari pukul 10.00–15.00 WIB. Sebelum datang, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Minimal H-7 kedatangan ke nomor WhatsApp +6281211025500.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/16/160400427/rute-menuju-ke-oj-organic-farm-bogor-dan-harga-piknik-di-sana

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.