Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Hari Raya Idul Fitri

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pembukaan tempat wisata wilayah Jakarta saat libur Lebaran 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan kapasitas yang lebih ketat.

Melansir dari Kompas.com pada 8 Mei 2021, tempat wisata hanya diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas 25-30 persen dari kapasitas maksimum.

"Pembatasan pengunjung dengan ketentuan kawasan pariwisata/taman rekreasi dan wisata tirta sebanyak 30 persen dari kapasitas maksimal," tulis Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Gumilar Ekalaya.

Keputusan itu tertulis dalam Surat Edaran Disparekraf DKI Nomor 81/SE/2021 tentang operasional tempat wisata atau rekreasi pada libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 di masa pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Water park harus mengikuti ketentuan pembatasan 25 persen sesuai dengan Surat Keputusan Disparekraf DKI Nomor 354 Tahun 2021," tambahnya.

Surat ini diterbitkan pada tanggal 7 Mei 2021 sebagai tindaklanjut dari Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta No. 354 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM berbasis Mikro pada sektor usaha pariwisata pada poin nomor empat.

Berikut daftar lima tempat wisata di Jakarta yang buka pada libur Lebaran 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan jumlah pengunjung:

1. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol membuka tempat wisata pada libur Lebaran 2021. Kendati demikian, para pengunjung diimbau untuk mematuhi aturan yang berlaku jika ingin berkunjung.

Adapun, Manajemen Taman Impian Jaya Ancol memberlakukan jam operasional pada periode 13 – 23 Mei 2021 sebagai berikut:

Selain itu, wisata TMR juga memberlakukan pembatasan kuota kunjungan maksimum 30 persen.

Adapun, Taman Margasatwa Ragunan mulai 8-30 Mei 2021 hanya menerima kunjungan dari warga yang berdomisili dan memiliki KTP DKI Jakarta saja.

Kunjungan wisata pun tidak dibatasi usia, dan ibu hamil masih diperbolehkan untuk liburan ke sana, meski harus menaati seluruh protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, calon wisatawan juga masih harus mendaftarkan diri secara daring lewat bit.ly/PesantiketTMR sebelum melakukan transaksi atau pembelian kartu JakCard di loket.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Wisata TMII juga membuka gerbangnya saat libur Lebaran, tepatmya pada tanggal 13-30 Mei 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan kuota pengunjung maksimal 30 persen.

Pihak wisata ini juga mengutamakan pengunjung yang berdomisili dan memiliki KTP DKI Jakarta.

Adapun jam buka objek wisata TMII mulai dari pukul 07.00-18.00 WIB. Sementara harga tiket masuk per orang seharga Rp 20.000, tiket masuk mobil Rp 20.000, dan motor Rp 15.000.

4. Pantai Pasir Putih PIK 2

Pantai Pasir Putih merupakan pantai buatan yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk 2 atau biasa dikenal PIK 2, Jakarta Utara. Lokasinya persis setelah jembatan PIK 2 yang beberapa waktu lalu sempat viral.

Di sana, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan. Adapun, pengunjung yang melakukan aktivitas seperti bersepeda, jalan-jalan sore, dan memandang pesawat yang lalu lalang di langit sore karena lokasinya dekat Bandara Soekarno Hatta.

Barisan pohon kelapa dan pasir putih yang membentang di sana membuat para wisatawan juga ingin mengambil foto. Tepat di pinggir pantai, tersedia tempat wisata kuliner yang memanjang dengan pilihan makanan, mulai kuliner Korea Selatan hingga Nusantara.

Kawasan Pantai Pasir Putih PIK2 ini buka mulai dari pukul 15.00-21.00 WIB. Pengunjung juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasuki kawasan wisata ini. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan.

5. M Bloc Space

Tempat nongkrong M Bloc Space tetap buka saat Lebaran 2021. Namun jam buka selama Hari Raya Idul Fitri mulai dari pukul 12.00-21.00 WIB.

Di M Bloc Space para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari menjajal jajanan kuliner, bersantai di tempat-tempat kopi, hingga berfoto ria di spot-spot instagramable yang tersedia.

Para pengunjung juga diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak. Adapun, M Bloc Space saat ini sudah memberlakukan transaksi nontunai (cashless).

https://travel.kompas.com/read/2021/05/13/150300127/5-wisata-di-jakarta-yang-bisa-dikunjungi-saat-hari-raya-idul-fitri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke