Salin Artikel

4 Gunung di Kabupaten Magelang yang Tutup Jalur Pendakian, Apa Saja?

KOMPAS.com – Sejak 29 Juni 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang memutuskan untuk menutup sementara seluruh tempat wisata hingga waktu yang belum ditentukan.

Melansir Kompas.com, Selasa, keputusan tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Nomor 556/477/19/2021.

Adapun, SE tersebut berisi tentang Pelaksanaan Gerakan Eling Ian Ngelingke untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Munculnya SE tersebut membuat beberapa gunung di kabupaten tersebut menutup jalur-jalur pendakian bagi para sobat pendaki.

Lantas, apa saja gunung di Kabupaten Magelang yang menutup jalur pendakiannya? Berikut Kompas.com rangkum, Jumat (2/7/2021):

1. Gunung Andong

Gunung Andong menutup seluruh jalur pendakiannya per 29 Juni hingga waktu yang belum ditentukan sebagai tindaklanjut dari SE tersebut.

Untuk diketahui, gunung yang memiliki ketinggian 1.731 meter dari permukaan laut (mdpl) ini memiliki enam jalur pendakian resmi yakni via Dusun Sawit dan Dusun Pendem.

Ada juga jalur pendakian Gunung Andong via Dusun Gogik, Dusun Temu, Dusun Kudusan, dan Dusun Sekararum.

Penutupan seluruh jalur pendakian gunung ini diumumkan oleh pihak pengelola melalui akun Instagram @gunungandong pada Selasa (29/6/2021).

“Demi keselamatan pendaki dan local host serta untuk mencegah persebaran Covid-19, maka semua Jalur Pendakian @gunungandong tutup sampai batas yg blm di tentukan,” seperti yang tertera dalam unggahan tersebut.

Saat ini, pendaki yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian 1.894 mdpl harus mengurungkan niat sejenak. Sebab, seluruh jalur pendakian Gunung Telomoyo ditutup.

“Betul (semua jalur pendakian) tutup,” kata Ketua Basecamp Arsal Eko Priyono, kepada Kompas.com, Jumat (2/7/2021).

Untuk diketahui, gunung ini memiliki tiga jalur pendakian yakni jalur pendakian Gunung Telomoyo via Arsal dan Watu Tumpeng di Kabupaten Semarang, serta via Ardat di Kabupaten Magelang.

3. Gunung Merbabu

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) melalui akun Instagram @btn_gn_merbabu mengumumkan, seluruh jalur pendakian di wilayah Magelang ditutup untuk sementara waktu.

Sama dengan dua gunung sebelumnya, TNGM menindaklanjuti SE Disparpora Kabupaten Magelang dengan menutup jalur pendakian sejak Selasa.

Di Kabupaten Magelang, Gunung Merbabu memiliki dua jalur pendakian yakni via Suwanting dan Wekas. Meski begitu, TNGM tidak hanya menutup dua jalur tersebut namun tiga jalur lainnya.

Sebab, mengutip Kompas.com, Selasa, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang juga sedang berada dalam zona merah.

Alhasil, jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan dan Cunthel di Kabupaten Semarang, serta jalur pendakian via Selo di Kabupaten Boyolali juga tutup untuk sementara waktu.

Saat ini, hanya jalur pendakian via Kaliangkrik, Magelang saja yang ditutup untuk sementara waktu baik itu via Dusun Butuh, Mangli, atau Adipuro.

Hal ini diumumkan melalui akun Instagram @symphony_sumbing untuk pendakian via Dusun Butuh, @sumbingviamangli untuk pendakian via Mangli, dan @basecamp_sumbing_kaliangkrik untuk pendakian via Adipuro.

https://travel.kompas.com/read/2021/07/02/131745227/4-gunung-di-kabupaten-magelang-yang-tutup-jalur-pendakian-apa-saja

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.