Salin Artikel

Digelar Saat Pandemi, Fuji Rock Festival Beri Tes Antigen Gratis ke Penonton

KOMPAS.com – Fuji Rock Festival di Naeba Ski Resort, Prefektur Niigata tetap digelar, meski pandemi Covid-19 masih melanda Jepang.

Melansir Soranews24.com, Minggu (8/8/2021), 2020 merupakan tahun yang buruk bagi pertunjukan musik di Jepang.

Hal ini membuat banyak pertunjukan musik, baik itu skala kecil atau besar, harus melakukan penyesuaian atau membatalkan acara guna mencegah penyebaran Covid-19.

Misalnya adalah Fuji Rock Festival ’21 yang menyatakan bahwa pertunjukan harus dilanjutkan, meski tingkat infeksi Covid-19 meningkat pesat di Negeri Sakura.

Langkah antisipasi dengan pemberian alat tes Covid-19

Sejumlah nama besar yang menjadi pembawa acara utama dalam festival tiga hari tersebut akan tampil.

Sayangnya, ada “nama besar” yang penyelenggara tidak inginkan untuk hadir dalam Fuji Rock Festival. Tidak lain tidak bukan adalah Covid-19.

Alhasil, pihak penyelenggara mengambil langkah antisipasi yang cukup unik dalam pencegahan. Mereka akan membagikan alat tes Covid-19 yakni antigen secara gratis kepada seluruh pemegang tiket yang memintanya.

Pada 6 Agustus 2021, orang-orang yang telah memberi tiket mendapatkan email yang memberi tahu cara memesan alat tes yang akan tiba pada 17 Agustus. Tepatnya tiga hari sebelum Fuji Rock dimulai.

Pada 2019, sebanyak 130.000 penonton hadir dalam Fuji Rock Fetsival. Namun tahun ini, jumlah pengunjung festival tersebut dibatasi.

Hal tersebut dilakukan untuk memungkinkan orang-orang melakukan jaga jarak di tempat terbuka. Kendati demikian, tidak jelas berapa banyak tes yang akan dilakukan.

Harus tes sebelum berangkat

Setiap orang diminta melakukan tes sebelum berangkat ke festival. Jika hasilnya positif, mereka harus tetap di rumah dan akan mendapat pengembalian uang penuh untuk tiket mereka.

Selain itu, pemegang tiket yang hasil tesnya negatif tetapi merasa tidak enak badan dan tidak ingin pergi, pihak penyelenggara juga akan memberi pengembalian uang penuh.

Tes negatif tidak diperlukan untuk masuk. Namun, suhu tubuh akan diperiksa di gerbang festival. Jika berada di atas 37,5 derajat celcius, apa pun itu alasannya, mereka tidak diizinkan masuk.

Melansir situs resminya, jika suhu tubuhnya dianggap aman dan mereka diizinkan masuk ke area festival, petugas akan memberi mereka gelang yang menunjukkan bahwa suhu tubuh mereka aman.

Langkah pengendalian Covid-19 lainnya

Langkah lain dalam pengendalian Covid-19 yang diterapkan adalah seluruh penonton wajib menggunakan masker di luar atau di dalam festival.

Mereka juga diimbau tidak bersorak, berteriak, atau berbicara tentang hal yang tidak penting selama petunjukan. Saat berbicara, mereka harus pakai masker.

Selain itu, mereka diwajibkan rajin mencuci tangan dengan hand sanitizer yang diletakkan di sejumlah titik area festival bagi yang tidak membawanya.

Seluruh penonton dilarang untuk moshing (saling bertabrakan dengan sengaja saat konser), diving (tiduran sambil diarak oleh penonton lain), serta tos atau melakukan kontak langsung lainnya dengan orang lain.

Kemudian, pengunjung wajib mengunduh aplikasi Fuji Rock Festival di Playstore atau App Store dan registrasi. Saat registrasi, seluruh data pribadi harus dimasukkan.

Apabila menolak untuk memberikan data pribadi, mereka tidak akan diizinkan masuk ke festival tanpa terkecuali. Uang pembelian tiket juga tidak akan dikembalikan.

Dapat apresiasi dari warganet

Para penonton yang mendapatkan email menunjukkan apresiasinya kepada Smash, penyelenggara festival, lewat Twitter karena menunjukkan banyak pertimbangan.

Mereka juga mengapresiasi penyelenggara karena memberi banyak kelonggaran kepada pemegang tiket di masa yang tidak pasti ini.

Meski begitu, masih ada beberapa orang yang gelisah bahwa semuanya akan berhasil pada akhirnya. Salah satunya menuturkan, mereka harap orang-orang melakukan tes tepat sebelum pergi dan tidak beberapa hari sebleumnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa hasil tes tidak terlalu pasti, sehingga mereka tetap memutuskan untuk tidak datang. Dia menambahkan, risikonya masih tinggi.

“Saya harap semua orang tahu bahwa Fuji Rock mengambil tindakan pencegahan ini karena jika tidak, mereka mungkin terlihat ceroboh,” ujar salah satu pengguna Twitter.

Pengguna Twitter lainnya mengatakan, penyelenggara Fuji Rock Festival sangat serius mengadakan acara tersebut karena dia mendapat email yang menawarkan antigen gratis.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/10/152443227/digelar-saat-pandemi-fuji-rock-festival-beri-tes-antigen-gratis-ke-penonton

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.