Salin Artikel

Bandara Internasional Hamad di Qatar Jadi Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2021

Dalam daftar World's Top 100 Airports 2021 (Top 100 Bandara di Dunia 2021), Bandara Internasional Hamad berada di peringkat pertama atau naik tiga poin dari tahun 2020 lalu.

Tidak hanya itu, bandara tersebut juga dianugerahi beragam penghargaan lainnya, yaitu Best Airport in the Middle East 2021 (Bandara Terbaik di Timur Tengah), Best Airport 25 to 35 million Passengers 2021 (Bandara Terbaik dengan 25-35 juta Penumpang), Best Airport Staff in the Middle East 2021 (Staf Bandara Terbaik di Timur Tengah), dan COVID-19 Airport Excellence Awards. 

"Ini bukan hanya pencapaian yang luar biasa untuk HIA dan Qatar, tapi juga sebuah dukungan dari para wisatawan untuk komitmen kami terhadap layanan yang unggul," kata Chief Operating Officer HIA, Engr. Badr Mohammed Al-Meer, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (9/8/2021).

HIA mengakomodasi perubahan dari kebutuhan para wisatawan, salah satunya dengan menggunakan fasilitas touchless (minim sentuhan) di beberapa titik, antara lain check-in mandiri dan penyerahan bagasi mandiri.

Momen naik peringkatnya Bandara Internasional Hamad di daftar bandara terbaik dunia 2021 disertai dengan turun peringkatnya Bandara Changi Singapura. 

Dilansir dari The Straits Times, bandara tersebut telah menduduki posisi puncak selama delapan tahun berturut-turut hingga tahun 2020. 

Pada tahun ini Changi menempati posisi ketiga bandara terbaik di dunia. Sedangkan posisi kedua diduduki oleh Bandara Haneda Tokyo (HND).

Selain Bandara Internasional Hamad (HIA) dan Bandara Changi Singapura, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) masuk ke dalam daftar "World's Best Airport Staff 2021" (Bandara dengan Staf Terbaik di Dunia 2021).

Dilansir dari Kompas.com, bandara yang terletak di Tangerang ini menempati peringkat ke-10 dalam daftar "Best Airport Staff in Asia 2021" (Bandara dengan Staf Terbaik di Asia 2021).

Berikut daftar 10 bandara terbaik di dunia tahun 2021 berdasarkan Skytrax World Airport Awards 2021:

  1. Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar
  2. Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Jepang
  3. Bandara Changi Singapura
  4. Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan
  5. Bandara Narita di Tokyo, Jepang
  6. Bandara Munich di Jerman
  7. Bandara Zurich di Swiss
  8. Bandara Heathrow di London, Inggris
  9. Bandara Internasional Kansai di Osaka, Jepang
  10. Bandara Internasional Hong Kong

Skytrax World Airport Awards 2021

Penghargaan Skytrax World Airport Awards dimulai pada tahun 1999.

Di tahun ini, penghargaan tersebut mengapresiasi bandara di dunia dalam menghadapi tantangan selama pandemi Covid-19. 

Menurut situs web resminya, Skytrax World Airport Awards mengacu pada survei daring yang dilakukan secara sukarela oleh wisatawan periode Agustus 2020 - Juli 2021.

Survei tersebut mengikutsertakan lebih dari 500 bandara. 

https://travel.kompas.com/read/2021/08/11/080900827/bandara-internasional-hamad-di-qatar-jadi-bandara-terbaik-di-dunia-tahun-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.