Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ketentuan Bagasi AirAsia Indonesia Tahun 2021

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia berlakukan kebijakan bagasi terbaru untuk penerbangan domestik pada 18 Mei 2021.

Menurut informasi resminya, mereka menyediakan bagasi pra-pesan dengan biaya mulai dari Rp 40.000 untuk 10 kilogram (kg), dan Rp 50.000 untuk 15 kg.

Layanan ini tersedia saat pemesanan tiket. Untuk menambah jatah bagasi, calon penumpang bisa melakukannya lewat aplikasi atau situs resmi maskapai paling lambat empat jam sebelum jadwal keberangkatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum ketentuan bagasi Air Asia, Rabu (11/8/2021):

Ketentuan bagasi pra-pesan AirAsia Indonesia

Selain melalui aplikasi atau situs resmi maskapai, bagasi pra-pesan AirAsia juga bisa ditemukan di agen penjualan atau mitra penjualan resmi maskapai.

Pihak maskapai penerbangan mengimbau agar calon penumpang membeli fasilitas tersebut saat memesan tiket, atau saat check-in.

Sebelumnya, disebutkan harga bagasi berbayar mulai dari Rp 40.000 untuk 10 kg, dan Rp 50.000 untuk 15 kg.

Harga ini akan disesuaikan dengan tingkat berat bagasi yakni 10 kg dan 15 kg seperti yang telah disebutkan, lalu 20 kg, 30 kg, dan 40 kg. Saat ini kapasitas 25 kg tidak tersedia.

Adapun, biaya bagasi beragam tergantung rute dan periode penerbangan. Misalnya adalah apakah penerbangan memakan waktu lebih dari dua jam atau tidak. Lengkapnya tertera di sini.

Jika calon penumpang telah melakukan pra-pesan untuk salah satu kategori berat bagasi dan ternyata kedapatan melebihi kapasitas, mereka akan membayar biaya kelebihan bagasi.

Misalnya adalah calon penumpang telah pra-pesan bagasi 15 kg, tetapi bagasinya memiliki berat 18 kg. Maka mereka akan membayar kelebihan 3 kg.

Ketentuan bagasi kabin AirAsia

Selain bagasi utama, penumpang juga bisa membawa satu bagasi kabin. Namun, dimensinya tidak boleh melebihi 56 cm x 36 cm x 23 cm.

Mengutip laman berikut, dimensi tersebut sudah termasuk pegangan, roda, dan kantong samping tas. Barang bawaan harus dapat masuk ke kompartemen bagasi kabin.

Penumpang juga dapat membawa satu barang bawaan kecil, seperti tas laptop, tas tangan, ransel, atau tas kecil lainnya dengan dimensi tidak lebih dari 40 cm x 30 cm x 10 cm.

Barang ini harus muat diletakkan di bawah kursi di depan penumpang. Untuk berat, dua barang yang dibawa ke kabin harus memiliki total berat maksimal 7 kg.

  • Bagasi kabin untuk bayi dan anak

Bayi berusia di bawah 2 tahun tidak mendapat jatah bagasi kabin. Anak berusia 2 tahun ke atas mendapatkannya dengan ketentuan yang sama seperti penumpang dewasa.

Kereta dorong bayi dapat dibawa tanpa biaya sebagai bagasi terdaftar jika digunakan oleh anak atau bayi. Jika tidak, penumpang harus membeli jatah bagasi terdaftar.

Ketentuan membawa kursi roda ke dalam pesawat AirAsia

AirAsia Indonesia mengizinkan penumpang membawa kursi roda atau alat bantu berjalan tanpa baterai ke dalam pesawat. Sebab, keduanya masuk dalam kategori bagasi tidak terdaftar.

Namun, ketentuan tersebut kemungkinan berubah tergantung rute penerbangan. Misalnya dari atau ke Amerika Serikat.

Selanjutnya, penumpang dapat menggunakan kursi roda sampai pintu pesawat atau tangga penumpang sebelum alat diserahkan kepada staf untuk disimpan di dalam bagasi pesawat.

Sementara itu, kursi roda atau alat bantu berjalan yang menggunakan baterai akan didaftarkan. Lengkapnya seputar kursi roda atau alat bantu berjalan, serta tarif dan biaya yang diperlukan dapat dilihat di sini.

Ketentuan membawa senjata tajam dan baterai

AirAsia ini melarang sejumlah barang untuk dibawa dalam bagasi. Salah satunya adalah senjata runcing atau tajam dan benda-benda tajam.

Namun, pembawaan benda tajam memiliki pengecualian untuk barang-barang seperti kampak atau kampak kecil, panah dan busur, serta gaitan (kait besi, batang besi berkait, atau plat besi berpaku untuk memanjat tebing).

Selanjutnya adalah tombak, pisau lipat sepanjang apa pun, pisau, serta pencukur dan silet terbuka (tidak termasuk pisau cukur yang terbungkus dalam katrid).

Daftar lengkapnya dapat dilihat di laman berikut. Seluruh benda tajam di dalam bagasi yang di-check-in harus dikemas dengan baik agar tidak melukai orang-orang.

Untuk bagasi kabin, perangkat elektronik, seperti kamera, telepon seluler, laptop, dan Camera recorder berisi baterai lithium atau ion lithium (peringkat Wh melebihi 100Wh tetapi tidak melebihi 160Wh) untuk penggunaan pribadi diizinkan diangkut ke dalam pesawat.

Untuk bagasi terdaftar, perangkat elektronik portabel yang mengandung logam lithium, sel, atau baterai lithium ion boleh masuk ke  dalam bagasi terdaftar.

Namun, ada pengecualian bagi rokok elektronik dan kendaraan kecil dan kendaraan bertenaga baterai, seperti sepeda elektronik. Baterai cadangan seperti power bank juga dilarang dibawa dalam bagasi terdaftar.

Barang yang dilarang dibawa dalam bagasi

Maskapai AirAsia melarang sejumlah barang untuk dibawa dalam bagasi, baik itu bagasi yang terdaftar atau tidak.

Beberapa di antaranya adalah pistol, senjata api, dan senjata. Untuk senjata juga termasuk komponen dan bagian senjata api, replika senjata api seperti pistol angin atau semua jenis pistol mainan, dan pistol pelumpuh untuk hewan ternak.

Selanjutnya adalah substansi mudah meledak dan terbakar, seperti alat dan bahan peledak, ranjau dan bahan peledak militer lainnya, semua jenis granat dan tabung gas seperti butan, propan, acetilen, oksigen dalam volume besar, dan kembang api.

Kemudian barang dengan mesin internal yang mudah meledak, substansi kimia dan beracun seperti asam asidik dan alkali, air keras, klorin, gas air mata, serta tanaman hidup dan bunga.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/11/121200927/simak-ketentuan-bagasi-airasia-indonesia-tahun-2021

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+