Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketentuan Bagasi Citilink Tahun 2021, Bagasi Kabin Maksimal 7 Kg

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Citilink menerapkan fasilitas bagasi gratis maksimal 20 kilogram (kg) per penumpang untuk penerbangan domestik. 

Melansir situs resminya, penerbangan internasional dan dengan pesawat ATR72-600 juga mendapat jatah bagasi gratis namun maksimal 10 kg per penumpang.

Menurut laman berikut, barang berharga atau mudah pecah diimbau untuk tidak dimasukkan ke dalam bagasi tercatat atau terdaftar. 

Jika tetap dilakukan, penumpang setuju bahwa barang-barang tersebut dititipkan dalam bagasi tercatat atas risiko mereka sendiri.

Adapun, barang berharga dan mudah pecah yang dimaksud adalah uang, perhiasan, batu permata atau logam berharga, perak, perangkat mobil atau elektronik, komputer, kamera, dan peralatan video.

Selanjutnya surat dan benda berharga, paspor atau dokumen identifikasi lainnya, dokumen bisnis, surat bukti kepemilikan, sampel, obat-obatan, artefak, naskah, dan sejenisnya.

Terkait fasilitas gratis 20 kg untuk bagasi tercatat penerbangan domestik, jika saat ditimbang bagasi memiliki berat lebih, penumpang akan dikenakan biaya.

Syarat bagasi kabin Citilink

Bagi yang membawa bagasi jinjing (bagasi kabin atau carry-on bags), pihak maskapai mengizinkan penumpang untuk menaruhnya di kabin penumpang.

Namun, ketentuannya adalah berat barang maksimal 7 kg. Untuk pesawat Airbus A320, dimensinya adalah 56 cm x 36 cm x 23 cm.

Sementara untuk penerbangan pakai pesawat ATR72-600 dimensi bagasinya adalah 41 cm x 34 cm x 17 cm. Berat maksimalnya tetap 7 kg.

Pihak maskapai mengizinkan penumpang untuk membawa tas beroda ke kabin. Namun, dimensinya tetap mengikuti aturan yang diterapkan oleh masing-masing jenis pesawat seperti yang tertera di atas.

Jika ingin membawa cairan ke bagasi kabin, hal tersebut tergantung hukum setempat dan peraturan keselamatan yang berlaku.

Namun, terdapat ketentuan dari pihak maskapai yakni cairan berada dalam botol dengan isi maksimum sebanyak 100 ml.

Jika membawa banyak cairan, masing-masing tetap harus memiliki volume maksimum 100 ml dan dapat dimasukkan dalam tas plastik transparan berukuran 1 liter yang dapat ditutup kembali. Tas plastik tersebut harus ditunjukkan secara terpisah saat pemeriksaan.

Apabila cairan yang dibawa tidak memenuhi persyaratan, maka pihak maskapai akan meminta penumpang untuk membuangnya. 

Ketentuan untuk ekstra bagasi, dan paket bagasi

Citilink menawarkan layanan Excess Baggage yang memungkinkan penumpang untuk membawa ekstra bagasi dengan biaya yang lebih hemat.

Menurut laman berikut, harga yang ditawarkan berbeda-beda tergantung rute penerbangan. Misalnya adalah keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) menuju Adi Soemarmo (SOC). Harga ekstra bagasinya adalah Rp 25.000 per kg.

Selanjutnya, ada juga layanan Pre-Book Bagasi. Penumpang bisa membelinya maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Harga yang ditawarkan beragam tergantung rute penerbangan. Namun, berat bagasi yang tersedia adalah Paket 5 kg, 10 kg, 20 kg, 30 kg, dan 40 kg. Harga layanan ini sudah termasuk PPN.

Namun, paket bagasi tidak dapat digunakan untuk bagasi alat olahraga. Selain itu, setiap penumpang hanya bisa memilih satu kali untuk setiap pilihan Pre-Book Bagasi.

Bawaan bagasi yang dilarang

Citilink melarang penumpang membawa sejumlah barang, yakni pemotong kuku, kikir kuku, pisau lipat, gunting, dan pisau atau alat pemotong.

Selanjutnya senjata mainan, semprotan, korek atau pemantik, peralatan, pemukul, senjata api dan amunisi, serta rokok elektronik.

Barang lain yang dilarang adalah gas terkompresi, bahan bersifat korosif, bahan pengoksidasi, serta gel atau cairan yang mudah terbakar, beracun, dan zat yang dapat menusuk hidung atau menimbulkan perih.

Pihak maskapai juga melarang pembawaan hewan baik yang hidup atau mati, hidangan laut atau daging segar maupun beku (kecuali telah dikemas dengan baik), dan pedang.

Untuk senjata api dan amunisi, terdapat pengecualian jika tujuannya untuk berburu dan olahraga. Namun, barang-barang tersebut dapat diterima sebagai bagasi tercatat.

Senjata api juga harus dalam keadaan kosong dengan penjepit keamanan terpasang, dan dikemas dengan baik.

Ada pengecualian untuk barang bawaan

Mengutip laman berikut, terdapat sejumlah pengecualian untuk barang-barang yang dapat diangkut ke pesawat dengan membayar sejumlah nominal yang telah ditentukan.

Salah satunya adalah kategori senjata api atau perangkatan keamanan, pisau, pedang, dan benda lain yang dikategorikan sebagai sejenis security items lainnya dikenakan biaya Rp 100.000 per barang.

Ada juga kategori alat olahraga seperti tas golf, sepeda, papan selancar, alat selam tanpa tabung gas, panahan, tongkat bisbol, skateboard, dan raket badminton.

Kategori tersebut memiliki kisaran biaya Rp 100.000 per 10 kg, Rp 200.000 per 20 kg, dan Rp 300.000 per 30 kg untuk penerbangan domestik.

Sementara untuk penerbangan internasional, biayanya adalah Rp 150.000 per 10 kg, Rp 250.000 per 20 kg, dan Rp 350.000 per 30 kg. Lengkapnya bisa di lihat di laman tersebut.

Kendati demikian, bagi penumpang anggota CitiSport, mereka akan dibebaskan biaya bagasi peralatan olahraga dengan maksimal berat 20 kg.

Ketentuan tersebut berlaku untuk peralatan olahraga sepeda (CitiCycling), golf (CitiGolf), menyelam (CitiDiving), selancar (CitiSurfing), dan gantole (CitiFly).

Terkait syarat menjadi anggota CitiSport, serta tata cara pendaftaran dan biaya yang diperlukan untuk mendaftar atau perpanjangan bisa dilihat di laman berikut.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/11/201100327/ketentuan-bagasi-citilink-tahun-2021-bagasi-kabin-maksimal-7-kg

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke