Salin Artikel

Pulau Untung Jawa Berbenah untuk Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

KOMPAS.com - Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu Selatan terus dibenahi dalam rangka persiapan penilaian lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 pada September 2021.

"Kami meninjau persiapannya sebelum diverifikasi tim penilai pada September dan ternyata masih banyak yang harus dibenahi," kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi pada Jumat (27/8/2021), dikutip dari Antara.

Adapun tim penilai yang dimaksud berasal dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Junaedi menjelaskan, beberapa lokasi yang masuk verifikasi, di antaranya Taman Arsa, Pantai Sakura, Kampung Jepang dan pesisir pantai, Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau Kelor, dan Pulau Bidadari. 

  • 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia
  • Pulau Untung Jawa Kembangkan Kampung Jepang, Ada Pohon Sakura Asli
  • Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta Ikuti Lomba Desa Wisata UNWTO

Berdasarkan peninjauannya, pembenahan perlu dilakukan dari segi penghijauan, penambahan sarana cuci tangan, penyediaan alat pengukur suhu tubuh, sanitasi di area wisata kuliner, pengecatan jalan, kebersihan lingkungan, dan sarana komunikasi serta informasi digital. 

Ia mengimbau seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mendukung proses pembenahan tersebut. 

Dilansir dari Kompas.com, Senin (23/8/2021), Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 adalah lomba yang diadakan oleh Kemenparekraf. Saat ini sudah ada 50 desa wisata yang masuk tahap kurasi, salah satunya adalah Desa Wisata Pulau Untung Jawa. 

https://travel.kompas.com/read/2021/08/28/191100327/pulau-untung-jawa-berbenah-untuk-anugerah-desa-wisata-indonesia-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.