Salin Artikel

Kemenhub Bantah Isu Penerbangan Internasional Mulai Dibuka di Bandara Bali

KOMPAS.com – Beberapa waktu belakangan, isu seputar dibukanya kembali penerbangan internasional ke Bali ramai terdengar di kalangan warganet.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menegaskan, pihaknya belum mengizinkan pembukaan kembali penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Kemenhub menegaskan, sampai hari ini, pintu masuk untuk penerbangan internasional hanya melalui Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Sam Ratulangi di Manado,” jelas dia dalam pernyataan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (20/9/2021).

Adapun, pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) yang hendak masuk ke Nusantara hanya diterapkan pada dua bandara tersebut per 17 September 2021.

  • Syarat Terbaru Penerbangan Internasional ke Indonesia untuk WNA, Efektif 17 September
  • Klarifikasi Singapore Airlines yang Dikabarkan Buka Penerbangan Langsung ke Bali
  • Kursi Roda dan Benda Lainnya yang Gratis Masuk Bagasi Pesawat
  • Powerbank dan Benda Lainnya yang Dilarang Dibawa ke Bagasi Pesawat

Hal ini tertera dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021, dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) Nomor SE 74 Tahun 2021.

Menurut Adita, kebijakan yang tidak ditentukan waktu berakhirnya dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan di lapangan.

“Pembatasan pintu masuk internasional ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah penyebaran varian virus baru Covid-19 termasuk varian Mu (B.1.621) masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Adita mengatakan bahwa klarifikasi ini perlu diumumkan lantaran isu pembukaan kembali rute penerbangan internasional tidak hanya mengacu pada bandara Bali, namun juga sejumlah bandara lain di Indonesia.

“Kami mohon kepada masyarakat agar selektif dan mengklarifikasi dahulu informasi yang bereda di media sosial, agar tidak menimbulkan kebingungan,” pungkasnya.

Beberapa waktu lalu, santer kabar yang menyatakan bahwa maskapai penerbangan Singapore Airlines akan membuka kembali rute penerbangan langsung dari Singapura ke Bali.

Rumor tersebut menyatakan bahwa penerbangan internasional ke Bandara I Gusti Ngurah Rai akan beroperasi mulai November 2021.

Meski begitu, Manager Public Relations Singapore Airlines Glory Henriette membantah kebenaran rumor kepada Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

  • Aturan Bagasi Pesawat Terbaru dari 7 Maskapai Indonesia Tahun 2021
  • Bandara Ngurah Rai Bali Layani 89.963 Penumpang pada Agustus 2021
  • Cegah Covid-19, Bandara Ngurah Rai Bali Tak Jadi Pintu Masuk RI
  • Maskapai Belanda KLM Berencana Layani Penerbangan ke Bali

“Singapore Airlines menangguhkan kembali penerbangan antara Singapura dan Denpasar hingga pemberitahuan lebih lanjut karena bandara Bali masih ditutup bagi pelancong internasional,” jelasnya.

Glory juga menegaskan, pihaknya sama sekali tidak mengeluarkan pernyataan soal adanya penerbangan kembali dari Singapura menuju Pulau Dewata.

Sebab, saat ini maskapai tersebut masih memantau situasi secara saksama. Namun, ada kemungkinan penerbangan antara dua destinasi wisata tersebut dibuka kembali.

“Kami hanya akan menyesuaikan jadwal penerbangan jika pembatasan untuk penerbangan internasional sudah dicabut,” tegas Glory.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/20/140500627/kemenhub-bantah-isu-penerbangan-internasional-mulai-dibuka-di-bandara-bali

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.