Salin Artikel

5 Oleh-oleh Serba Manis Khas Padang, Sumatera Barat

KOMPAS.com- Kota Padang yang merupakan Ibu Kota Sumatera Barat terkenal akan kulinernya yang gurih dan pedas.

Mulai dari sate padang, gulai, rendang, dan berbagai makanan pedas lainnya, semua bisa dijumpai dengan mudah.

Kendati demikian, Kota Padang ternyata juga menawarkan berbagai camilan manis yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Di bawah ini, Kompas.com rangkum 5 camilan manis khas Padang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh:

Galamai terbuat dari tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang telah disangrai. Proses masak galamai bisa memakan waktu tiga hingga empat jam untuk mencapai adonan kental.

Untuk membeli gelamai, kamu bisa mengunjungi berbagai toko oleh-oleh atau mengunjungi salah satu produsen gelamai, yaitu Gelamai Tek Tam di Jalan Latsitarda nomor 114, Payakumbuh, Sumatera Barat.

2. Dadiah

Dadiah adalah makanan khas Padang yang berbahan dasar susu kerbau. Makanan satu ini juga memiliki cara pengolahan yang sangat tradisional.

Memiliki rasa dan proses pembuatan yang unik, dadiah cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Padang.

Proses pembuatan dadiah adalah dengan memfermentasi susu kerbau ke dalam wadah dari bambu dan ditutup dengan daun pisang atau daun waru yang sudah dilayukan menggunakan api. Melalui proses ini, akan terbentuk bakteri yang membuat dadiah menggumpal.

Dadiah memperlukan masa fermentasi selama dua sampai tiga hari untuk mendapatkan rasa yoghurt yang nikmat. Pada umumnya, dadiah dikonsumsi saat sarapan atau sebagai camilan keseharian.

3. Bolu Batik

Seperti namanya, bolu ini memiliki desain batik pada lapisan luarnya. Tidak hanya memiliki warna dan desain yang cantik, bolu ini juga memiliki rasa yang manis.

Motif batik yang dilukiskan terdapat 12 jenis motif batik dari seluruh Indonesia. Varian rasa yang ditawarkan bolu batik antara lain stroberi dan blueberry.

Untuk membeli bolu batik kamu dapat mengunjungi kawasan Nurul Iman, Kecamatan Padang Seatan atau di berbagai gerai oleh-oleh khas Padang.

4. Kipang Kacang

Kipang kacang adalah camilah khas Padang yang memiliki tekstur seperti nigat atau makanan khas Jawa, ampyang.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kipang kacang adalah kacang tanah dan gula merah. Memiliki tekstur yang renyah dan manis, kipang kacang sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

Setelah membuka kemasan kipang kacang, sebaiknya segera dikonsumsi atau simpan di freezer untuk menjaga kerenyahan kacang.

5. Bareh Randang

Mendengar namanya, mungkin kamu akan terkecoh mengira camilan ini adalah salah satu olahan rendang. Bahkan, camilan satu ini memiliki cita rasa manis, bukan pedas dan gurih seperti daging rendang.

Nama bareh randang diambil dari kata bareh yang berarti beras dan randang yang memiliki arti menyangrai. Seperti namanya, bareh randang berbahan dasar tapung beras, gula dan santan yang disangrai.

Bareh randang dapat ditemui di berbagai toko oleh-oleh di kawasan Payakumbuh, Tanah Datar, Agam dan Lima Puluh Kota.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/01/111100427/5-oleh-oleh-serba-manis-khas-padang-sumatera-barat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.