Salin Artikel

10 Kegiatan Wisata di Candramaya Pool and Resort Klaten, Lihat Gunung Merapi

KOMPAS.com – Candramaya Pool and Resort merupakan sebuah tempat wisata baru di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang menawarkan konsep bernuansa Bali.

“Pemilik itu orang Klaten tapi menetap di Jakarta. Dia memang mencintai alam Bali dan Lombok, ingin banget membawa nuansa Bali ke kampung halaman di Klaten,” jelas Marketing & Social Media Strategist Candramaya Pool and Resort, Bayu Putra Nurhadi, kepada Kompas.com, Rabu (20/10/2021).

Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati suasana khas Pulau Dewata sambil berenang di kolam berkonsep infinity pool yang dikelilingi oleh persawahan.

Apabila ingin berkunjung, berikut Kompas.com rangkum sepuluh kegiatan wisata yang dapat dilakukan selama di Candramaya Pool and Resort Klaten, Kamis (21/10/2021):

1. Selfie dengan nuansa khas Bali

Tempat wisata ini langsung menawarkan nuansa khas Bali sesaat setelah wisatawan menginjakkan kaki di area parkir.

“Spot foto ada di semua titik. Spot favorit di Candramaya hampir di semua titik. Dari area masuk sudah ada gapura bernuansa Bali, masuk dikit ke area pendopo juga kayak Bali, area kafe juga Instagramable,” ujar Bayu.

2. Foto-foto pakai baju khas Bali

Bayu tidak menampik bahwa pengadaan fasilitas peminjaman pakaian khas Bali dapat memperkaya nuansa Pulau Dewata dan pengalaman berwisata di tempat itu. 

Dirinya mengungkapkan, fasilitas tersebut banyak direkomendasikan oleh para tamu dan akan diwujudkan untuk dibuka kepada wisatawan.

“Rencana akan disewakan sekitar Rp 15.000-Rp 20.000 tapi untuk foto-foto saja. Penyewaan baju selama pandemi agak sensitif, jadi kita akan sediakan banyak baju. Nanti dilihat lagi target penyewaan baju sebanyak apa,” jelasnya.

3. Berenang sambil lihat pemandangan Gunung Merapi

Meski banyak spot di Candramaya yang merupakan kesukaan para pengunjung, Bayu mengungkapkan, spot yang paling disukai oleh wisatawan adalah area kolam renang orang dewasa.

Wisatawan yang berkunjung dapat berenang sambil menikmati pemandangan area sawah, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Bayu mengatakan, kolam renang rencananya akan dibuka untuk umum bersamaan dengan pembukaan restoran yakni 8 November 2021.

4. Kulineran sambil berenang

Jika ingin mencoba pengalaman kulineran sambil berenang, kamu bisa memanfaatkan properti floating breakfast termasuk peralatan makan dan minum yang disediakan secara gratis.

Kendati demikian, saat ini restoran dan kafe di tempat itu belum dibuka. Rencananya baru akan dibuka pada 8 November mendatang. Bayu menyarankan agar wisatawan membawa makanan dan minuman sendiri.

“Kalau floating breakfast, kami kasih pilihan ingin dibantu dalam menyusun makanannya atau hanya dipinjamkan peralatannya saja. Di masa pandemi ini, kalau untuk makanan kan hal yang sensitif, jadi kami kasih pilihan. Kalau mau menata makanan sendiri dipersilakan,” jelasnya.

5. Nikmati hidangan khas Bali

Meski baru dibuka pada 8 November mendatang, Bayu membocorkan sedikt bahwa hidangan yang akan disajikan di sana adalah hidangan khas Bali dan Klaten.

“Kayak ada sate lilit, bebek dan ayam betutu, tapi kan makanan Bali enggak semua orang cocok terlebih buat lidah orang Jawa. Makanya kita menunya campur. Menu utama tetap khas Bali, tapi juga ada khas Klaten,” kata dia.

Adapun, beragam hidangan yang akan disajikan di restoran mayoritas adalah makanan berat termasuk olahan ikan dan ayam, serta nasi goreng.

6. Santai di gazebo sambil ngemil

Deretan gazebo dapat terlihat di tepian kolam renang. Para tamu dapat memanfaatkannya untuk bersantai atau duduk santai sambil menikmati camilan.

Di area restoran, ujar Bayu, wisatawan bisa memesan makanan ringan dari kafe, di antaranya aneka camilan, burger, dan waffle.

Terkait hadirnya kafe yang menyajikan hidangan ringan, Bayu menjelaskan, pihaknya menyasar seluruh usia sehingga wisatawan akan diberi beragam pilihan makanan dan minuman.

Harga makanan di restoran dan kafe disebutkan akan terjangkau.

“Untuk kawasan penginapan, kita ada kolam renang juga dengan vibe yang beda. Kalau kolam renang di restoran dengan vibe Bali tradisional, di resor dengan vibe Bali modern dan tropikal,” ucap dia.

Penginapan yang disediakan ada beberapa bangunan yang dapat dihuni oleh satu keluarga. Untuk tipe, pihaknya belum dapat menginformasikan.

Terkait harga penginapan, Bayu menuturkan, pihaknya akan menyesuaikan dengan harga rata-rata penginapan di Klaten yakni sekitar Rp 300.000-Rp 500.000.

8. Berenang di kolam renang privat

Saat penginapan sudah dibuka untuk umum, Bayu menuturkan bahwa wisatawan yang ingin memesan kolam renang secara privat dapat memilih apakah tetap akan di kolam dekat restoran atau di area penginapan.

“Nanti kalau seandainya ada yang private booking, kita alihkan ke kolam area penginapan. Jadi kalau tetap ada yang private booking, kita kasi alternatif ingin di kolam area penginapan atau yang untuk umum,” ujarnya.

9. Beri makan ikan

Candramaya Pool and Resort memiliki kolam ikan untuk memanfaatkan lahan yang ada, dan sebagai pemanis area.

Menurut Bayu, wisatawan yang berkunjung dapat melihat dan memberi makan ikan secara gratis lantaran kolam ikan bukan sesuatu yang komersial.

10. Bikin acara di tempat wisata

Bayu mengatakan, wisatawan yang ingin menyewa area untuk acara seperti pertemuan kantor atau perayaan ulang tahun dapat melakukannya. Namun, pemesanan harus dilakukan dari jauh hari.

“Contoh, kalau untuk acara khusus atau gathering, pemesanan 2-3 minggu sebelumnya. Kemarin dari September ada yang sudah pesan untuk November,” ujar dia.

Terkait harga, saat ini tiket masuk ke Candramaya Pool and Resort adalah Rp 200.000 per jam untuk maksimal 10 orang. Namun untuk acara khusus, harga dan jumlah orang yang datang dapat disesuaikan.

“Contoh kalau acara ulang tahun sekitar 20 orang, kita tarif tetap sama tapi disarankan ambil jam yang lebih panjang. Misal kalau 20 orang, kita sarankan ambil 2-3 jam,” tutur Bayu.

“Sejauh ini kita pernah terima untuk acara kantor sekitar 30 orang di hari biasa, tarif tetap sama tapi mereka ambil 4 jam,” imbuhnya.

Harga tiket masuk Candramaya Pool and Resort

Candramaya Pool and Resort berlokasi di Jalan Dalangan, Desa Dalangan, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 06.00-19.00 WIB.

Harga tiket masuknya adalah Rp 200.000 per jam untuk maksimal 10 orang. Dengan nominal tersebut, wisatawan yang melakukan pemesanan privat bisa menikmati seluruh fasilitas dan layanan di sini.

“Tamu yang private booking berhak menikmati semua fasilitas saat ini yang meliputi pendopo, biasa dimanfaatkan untuk acara makan atau kumpul, tempat ibadah, kolam renang dewasa dan anak-anak, dan peralatan karaoke,” tutur Bayu.

Fasilitas selanjutnya adalah pelampung kekinian berbentuk flamingo dan pizza, properti untuk floating breakfast seperti wadah yang mengapung, serta peralatan makan.

“Kalau private booking kolam renang, nanti kita atur di hari-hari tertentu atau jam tertentu. Tarif pada bulan-bulan awal mungkin sama Rp 200.000 per jam,” kata Bayu.

Meski hanya bertujuan untuk kulineran di restoran, pengunjung tetap dikenakan tiket masuk karena mereka juga sudah memasuki kawasan wisata.

Dengan nominal Rp 10.000-Rp 15.000, wisatawan dipersilakan apakah hanya untuk sekadar makan atau berenang.

“Terlepas dari tujuan, misalnya hanya makan saja, pasti banyak yang ingin foto-foto di spot foto juga. Dan rasanya, enggak mungkin orang datang ke sini hanya untuk makan,” ujar dia.

Untuk itu, sambungnya, pihaknya juga akan menjual pakaian renang sebagai antisipasi jika ada wisatawan yang datang untuk kulineran, namun mendadak ingin berenang karena melihat suasana yang ada.

Apabila ingin berkunjung, Bayu menyarankan agar wisatawan melakukan reservasi setidaknya dua hari sebelum waktu kunjungan. Pemesanan atau informasi lebih lanjut dapat diakses lewat Instagram @candramaya.klaten.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/21/121500027/10-kegiatan-wisata-di-candramaya-pool-and-resort-klaten-lihat-gunung-merapi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Tips Pilih Kursi untuk Anak Saat Naik Pesawat agar Lebih Nyaman

Tips Pilih Kursi untuk Anak Saat Naik Pesawat agar Lebih Nyaman

Travel Tips
Bandara Halim Tutup Sementara, Citilink Alihkan Operasional ke Soekarno-Hatta

Bandara Halim Tutup Sementara, Citilink Alihkan Operasional ke Soekarno-Hatta

Travel Update
Satu Kapal Feri Per Hari Disiapkan untuk Travel Bubble Indonesia-Singapura

Satu Kapal Feri Per Hari Disiapkan untuk Travel Bubble Indonesia-Singapura

Travel Update
Minho SHINee Jadi 'Guide' untuk Gwanghwamun, Korea Selatan

Minho SHINee Jadi "Guide" untuk Gwanghwamun, Korea Selatan

Travel Update
Asita Sambut Baik Uji Coba Travel Bubble Indonesia-Singapura, tetapi...

Asita Sambut Baik Uji Coba Travel Bubble Indonesia-Singapura, tetapi...

Travel Update
Zeround EduPark Pangandaran Segera Buka, Kenalkan Aneka Jenis Reptil

Zeround EduPark Pangandaran Segera Buka, Kenalkan Aneka Jenis Reptil

Jalan Jalan
Berburu Kuliner Legendaris di Kwitang Jakarta Pusat, Ada Es Krim Baltic sejak 1939

Berburu Kuliner Legendaris di Kwitang Jakarta Pusat, Ada Es Krim Baltic sejak 1939

Jalan Jalan
5 Fakta Menarik Gedung Sarinah yang Akan Dibuka Kembali Maret 2022

5 Fakta Menarik Gedung Sarinah yang Akan Dibuka Kembali Maret 2022

Jalan Jalan
13 Wisata di Majalengka Jawa Barat, dari Curug hingga Terasering

13 Wisata di Majalengka Jawa Barat, dari Curug hingga Terasering

Jalan Jalan
Abang Expo 2022 di Lhokseumawe, Ada Pameran Foto sampai Pemuataran Film

Abang Expo 2022 di Lhokseumawe, Ada Pameran Foto sampai Pemuataran Film

Jalan Jalan
Bukit Jamur Ciwidey, Wisata Alam Pohon Cemara dan Kebun Teh

Bukit Jamur Ciwidey, Wisata Alam Pohon Cemara dan Kebun Teh

Jalan Jalan
Thamrin Skycrapers, Kenali Sejarah Gedung-gedung Pencakar Langit Sambil Jalan Kaki

Thamrin Skycrapers, Kenali Sejarah Gedung-gedung Pencakar Langit Sambil Jalan Kaki

Jalan Jalan
Makan Steak Anti-mainstream di Docafe Surabaya

Makan Steak Anti-mainstream di Docafe Surabaya

Jalan Jalan
6 Wisata Sekitar Gunung Bromo, Ada Air Terjun Tertinggi di Jawa

6 Wisata Sekitar Gunung Bromo, Ada Air Terjun Tertinggi di Jawa

Jalan Jalan
Sandiaga Uno: TMII Sedang Ditata Ulang untuk Hadirkan Wajah Baru

Sandiaga Uno: TMII Sedang Ditata Ulang untuk Hadirkan Wajah Baru

Travel Update
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.