Salin Artikel

5 Etika Selfie Saat Berwisata, Perhatikan agar Enggak Kena Tegur

KOMPAS.com - Selfie atau swafoto di tempat wisata, apalagi yang Instagramable, tentu masuk prioritas saat saat berwisata. Namun, apa jadinya bila aktivitas selfie-mu justru merusak alam, mengganggu orang lain, atau bahkan membahayakan diri sendiri?

Pada beberapa kasus, selfie bahkan sampai memakan korban saat seseorang terjatuh dari tempat tinggi lalu meninggal dunia.

Nah, biar saat ber-selfie tetap aman dan tidak kena tegur masyarakat sekitar atau petugas keamanan, kamu harus pahami dulu beberapa etika selfie berikut ini.

1. Tidak menghalangi akses orang lain

Terkadang karena asyik ber-selfie, seseorang kurang memperhatikan kondisi di sekitarnya. Ingat, kamu bukanlah satu-satunya orang yang ingin mengambil foto di tempat wisata tersebut, jadi jangan sampai memblokir foto pengunjung lain.

Kamu juga sebaiknya tidak mengganggu akses jalan penduduk lokal yang mungkin setiap harinya melewati kawasan tersebut, sementara kamu malah menghalangi mereka dengan asyik berfoto di tengah jalan.

2. Perhatikan izin

Ada sejumlah tempat yang tidak memperbolehkan pengunjung untuk mengambil foto, misalnya pada situs-situs keagamaan yang suci.

Maka dari itu, sebelum ber-selfie ria, kamu bisa memperhatikan terlebih dulu lingkungan tempatmu berwisata, apakah lokasi dan waktunya sudah tepat.

Terutama jika tempat yang dikunjungi tidak terbuka untul umum, ada baiknya kamu bertanya dengan penduduk lokal atau penjaga setempat.

3. Jangan Berlebihan

Ambillah foto secukupnya. Beberapa pengunjung mungkin lebih mementingkan foto yang estetik dibanding menikmati objek wisata, dan tidak ada yang salah dengan ini.

Namun, pengunjung lain dan penduduk lokal mungkin merasa terganggu saat kamu mengambil terlalu banyak foto selfie di setiap spot destinasi wisata.

Apabila ada pengunjung lain yang menunggu giliran untuk bisa selfie di spot yang sedang kamu gunakan, jangan maruk dan membuat mereka menunggu terlalu lama. 

4. Utamakan keselamatan

Melansir The Travel (5/11/2019), jumlah turis yang meninggal saat mencoba berfoto selfie makin meningkat.

Kematian tersebut termasuk tertabrak kereta api, kecelakaan mobil, jatuh dari tebing, serangan hewan, jatuh dari tangga, penembakan yang tidak disengaja, tenggelam, dan masih banyak lagi.

Jadi jangan selfie di tebing, di dekat kereta, saat mengemudi, dengan senjata api, di dekat binatang berbahaya, dan di mana pun kamu bisa jatuh dan melukai diri sendiri.

5. Hindari tempat ramai

Tahukah kamu, tempat wisata yang ramai dan penuh hiruk-pikuk justru rawan terjadi pencopetan.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya waspada dan jangan lalai saking asiknya ber-selfie, sebab ada pencopet yang mengintai di mana-mana.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/08/150300627/5-etika-selfie-saat-berwisata-perhatikan-agar-enggak-kena-tegur

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.