Salin Artikel

Aktivitas Merapi Naik, Wisata The Lost World Castle Sleman Tetap Buka

KOMPAS.com - The Lost World Castle, salah satu tempat wisata di sekitar Gunung Merapi di Yogyakarta, masih dibuka untuk wisatawan.

Melansir Kompas.com, Kamis (10/03/2022), terjadi rentetan awan panas guguran erupsi Gunung Merapi pada Rabu (09/03/2022) sebanyak lima kali.

Lalu, guguran kembali terjadi di malam hari pada Kamis. Hingga satu hari setelahnya, telah tercatat 16 kali guguran awan panas.

Meski aktivitas vulkanik Gunung Merapi meningkat, beberapa tempat wisata yang berada lebih dari lima kilometer (km) dari puncak gunung masih dikatakan aman untuk dibuka, dikutip Kompas.com.

Informasi ini dibenarkan oleh salah seorang pengelola wisata The Lost World Castle, tempat wisata yang terletak tak jauh dari Gunung Merapi.

"The Lost World buka seperti biasa karena jaraknya masih tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi,” kata pengelola The Lost World Castle bernama Kotel saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/03/2022).

  • The Lost World Castle Yogyakarta, Sensasi Wisata ala Negeri Dongeng
  • Rute ke The Lost World Castle di Sleman, Yogyakarta
  • 5 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Tutup Sementara Akibat Erupsi Merapi

Sesuai rekomendasi BPPTKG dan BPBD Kabupaten Sleman, kata dia, ada beberapa tempat wisata yang tutup karena berada di radius sekitar lima kilometer dari puncak Merapi.

Tempat wisata tersebut di antaranya Petilasan Mbah Maridjan Kinahrejo dan Bunker Kaliadem. 

Ia melanjutkan, para pengelola The Lost World Castle sudah memahami situasi dan kondisi di lapangan, jika terjadi aktivitas letusan yang lebih berbahaya.

"Kita arahkan perginya, kan sudah ada petunjuk arah evakuasi. Teman-teman pengelola juga kebanyakan relawan Merapi yang berpengalaman dari 2006 sampai 2010," jelas dia.

Jika terjadi situasi darurat dan radius bahaya diperluas menjadi tujuh kilometer, maka The Lost World Castle dan wisata lainnya yang berada dalam radius tersebut akan ditutup.

Namun, Kostel mengatakan bahwa memang terjadi penurunan wisatawan yang cukup dratis sejak erupsi Gunung Merapi.

Selama beberapa hari terakhir, menurutnya, jumlah kunjungan wisatawan berkurang menjadi sekitar 125 orang per hari. Padahal, biasanya The Lost World Castle bisa menerima sampai 300 orang per hari saat pandemi.

Untuk saat ini, ia hanya menganjurkan wisatawan untuk waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Harus patuhi protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan, hand sanitizer, jaga jarak, dan periksa suhu tubuh," kata Kotel.

  • 5 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Tutup Sementara Akibat Erupsi Merapi
  • Erupsi Gunung Merapi, Ketep Pass dan Puncak Argapura Tetap Buka

Sebagai informasi, wisata The Lost World Castle berlokasi di Jalan Petung Merapi, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika ingin berkunjung, jam operasional wisata ini adalah setiap hari pukul 07.00 - 18.00 WIB.

Harga tiketnya dibanderol Rp 30.000 per orang, dan khusus usia di bawah lima tahun masih gratis. Lalu, untuk pembelian minimal 50 orang akan mendapatkan diskon 10 persen.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/13/151700827/aktivitas-merapi-naik-wisata-the-lost-world-castle-sleman-tetap-buka

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.