Salin Artikel

Mimpi Pariwisata Labuan Bajo, Lebih Mendunia dan Masyarakat Sejahtera

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah Manggarai Barat, NTT memiliki mimpi besar terkait potensi Labuan Bajo sebagai satu destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

Setidaknya, Labuan Bajo bisa mengikuti jejak popularitas destinasi yang sudah lebih dulu dikenal luas di mata dunia, yakni Bali.

"Mimpinya apa? Semua yang ada di Bali, pasti ada di Labuan Bajo. Tetapi, yang ada di Labuan Bajo belum tentu ada di Bali," kata Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi saat acara peresmian kantor cabang pembantu Bank Central Asia (BCA) di Kawasan Komersial Marina Labuan Bajo, Selasa (25/04/2022).

Untuk mewujudkan impian itu, sambung dia, butuh kerja sama banyak pihak, termasuk fokus pada kesejahteraan masyarakat Manggarai Barat melalui pariwisata.

Salah satu target agar tujuan pariwisata bisa dicapai, kata Edi, adalah menyusun strategi agar masa tinggal para wisatawan bisa lebih lama.

Menurutnya, saat ini masa tinggal (length of stay) wisatawan di Labuan Bajo kebanyakan tak sampai satu minggu.

Ia menyadari dukungan pihak luar, seperti BCA, dapat membantu mengembangkan destinasi wisata di sekitar kawasan tersebut. Misalnya, dengan menata dan mengelola fasilitas menjadi lebih baik.

"Kalau di hari kemarin, hanya satu hari di sini. Harapannya ke depan bisa sampai sepekan. Kami sungguh sadar, belum mendesain dengan baik terkait dengan spot wisata yang ada," tuturnya.

Adapun terkait masa tinggal wisatawan sebagai salah satu prioritas pariwisata Labuan Bajo sebelumnya juga pernah diungkapkan oleh Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF).

Menurut Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina, seperti dikutip Kompas.com, (14/01/2022), wisatawan diupayakan dapat berkunjung dan menginap di hotel-hotel atau penginapan di daratan Labuan Bajo sembari melihat pemandangan dan wisata alternatif lain. Wisatawan juga akan diajak menjelajah kawasan Flores lainnya, selain Labuan Bajo.

  • Wae Bobok, Hutan yang Dikembangkan Jadi Ekowisata di Labuan Bajo
  • Hutan Wisata Wae Bobok Labuan Bajo Kini Punya Wahana Outbound

Perhelatan G20 menjadi salah satu momentum yang dapat dimanfaatkan, mengingat Labuan Bajo menjadi salah satu lokasi side event.

"Kami juga sedang berupaya agar para wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo tidak hanya datang dan turun di Bandara lalu langsung menuju kapal," kata dia saat beraudiensi dengan beberapa deputi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Selasa (11/01/2021).

https://travel.kompas.com/read/2022/04/29/130307427/mimpi-pariwisata-labuan-bajo-lebih-mendunia-dan-masyarakat-sejahtera

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.