Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Ngurah Rai Bali Tambah 8 Rute Internasional, Ada Thailand

KOMPAS.com - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali menambah delapan rute penerbangan internasional dari lima maskapai asing, pada Minggu (1/5/2022) dan Senin (2/5/2022).

Adapun kelima maskapai tersebut adalah Indonesia AirAsia, Cebu Pacific, Thai Airways, Emirates, dan Jetstar Airways.

Penambahan rute ini sekaligus membuat bandara di Kabupaten Badung ini tercatat melayani sebanyak 17 rute internasional dari 17 maskapai.

Berikut detail terkait delapan rute penerbangan internasional tersebut, yaitu:

1. Thai Airways

Maskapai asal Thailand ini melayani rute Bangkok (Thailand)-Denpasar pergi-pulang (PP). Pesawat Thai Airways telah mendarat di Bali pukul 17.40 Wita, dengan mengangkut 236 penumpang. Berdasarkan jadwal operasional, pesawat akan terbang setiap Senin, Kamis, Sabtu, dan Minggu.

2. Emirates

Emirates melayani rute Dubai (Uni Emirat Arab)-Denpasar PP. Pesawat mendarat pukul 22.15 Wita, dengan mengangkut 411 penumpang. Pesawat dijadwalkan akan terbang setiap Senin, Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu.

3. Indonesia AirAsia

Maskapai ini melayani rute Singapura-Denpasar PP. Pesawat telah tiba pukul 14.53 Wita dan mengangkut 167 penumpang. Indonesia AirAsia akan melayani rute ini setiap hari.

4. Jetstar Airways

Jetstar Airways melayani rute Cairns (Australia)-Denpasar PP. Pesawat telah tiba pukul 00.16 Wita, mengangkut 150 penumpang. Penerbangan rute ini akan tersedia setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.

1. Jetstar Airways

Jetstar Airways melayani Adelaide (Australia)-Denpasar PP. Pesawat telah tiba pukul 11.03 Wita, dengan mengangkut 135 penumpang. Maskapai ini akan melayani rute tersebut setiap Senin, Selasa, Kamis, Jumatm dan Sabtu.

2. Cebu Pacific

Maskapai ini melayani rute Manila (Filipina)-Denpasar PP. Pesawat telah mendarat pukul 11.30 Wita, mengangkut 73 penumpang. Berdasarkan jadwalnya, pesawat akan terbang setiap hari Kamis dan Minggu.

3. Jetstar Airways

Rute yang dilayani maskapai ini adalah Brisbane (Australia)- Denpasar PP. Pesawat telah mendarat pukul 13.09 Wita, dengan mengangkut 315 penumpang. Berdasarkan jadwal operasional, pesawat akan terbang setiap hari.

4. Jetstar Airways

Melayani rute Darwin (Australia)-Denpasar PP. Pesawat telah mendarat pukul 12.34 Wita dan mengangkut 154 penumpang. Berdasarkan jadwal operasional, Jetstar Airways akan melayani rute tersebut setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

"Angkasa Pura I menyambut baik bertambahnya penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dari maskapai Indonesia AirAsia, Cebu Pacific, Thai Airways, Emirates, dan Jetstar Airways yang beroperasi di awal bulan Mei ini," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (5/5/2022).

Sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mulai Kamis (3/2/2022) lalu, jumlah pergerakan penumpang dan pesawat rute internasional terus menunjukkan tren peningkatan.

Pada periode 1-30 April 2022, jumlah penumpang rute internasional di bandara ini tercatat mencapai 114.537 penumpang, atau meningkat hingga 232 persen jika dibandingkan bulan Maret yang melayani 34.398 penumpang.

Sementara itu, terkait trafik penerbangan periode 1-30 April 2022, dilaporkan mencapai 610 pergerakan pesawat, yang turun tiga persen dibandingkan pada bulan Maret, yang melayani 634 pergerakan pesawat.

"Hingga saat ini setidaknya ada 10 negara yang telah terhubung dari dan menuju ke Bali yakni Jepang, Australia, Singapura, Malaysia, Qatar, Turki, Thailand, Vietnam, Uni Emirat Arab, dan Filipina," kata General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Herry A.Y Sikado.

Sebagai informasi, rute negara terbanyak adalah Australia, yaitu dari Melbourne, Sydney, Perth, Cairns, Adelaide, Darwin, dan Brisbane.

https://travel.kompas.com/read/2022/05/06/083053727/bandara-ngurah-rai-bali-tambah-8-rute-internasional-ada-thailand

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke