Salin Artikel

Taman Lembah Dewata Lembang, Berkuda Sambil Menikmati Keindahan Alam

KOMPAS.com - Lembang, Bandung mempunyai banyak obyek wisata dengan panorama alam yang indah. Salah satunya adalah Taman Lembah Dewata, yang menawarkan pemandangan perbukitan dan danau. 

Supervisor Marketing Taman Lembah Dewata Maria menuturkan, makna di balik nama Taman Lembah Dewata adalah tanah tempat bersemayam para dewa dan dewi, yakni tanah Parahyangan. 

Para artinya banyak dan hyang bermakna dewa, berdasarkan informasi dari akun Instagram @taman.lembah.dewata. Jadi, Taman Lembah Dewata ini merupakan tempat bersemayam banyak dewa. 

“Dewata artinya dewa dewi, yang mana sebenarnya identik dengan tanah Parahyangan,” terangnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/6/2022). 

Obyek wisata alam yang buka pada 2017 ini, berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 25 hektar. Maria menuturkan konsep yang diusung Taman Lembah Dewata adalah wisata alam. 

“Konsepnya adalah kembali ke alam, kami menjual pemandangan alam,” ujarnya. 

Berdasakan informasi dari akun Instagram @taman.lembah.dewata, di tengah Situ Pandawa terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang dipenuhi dengan tanaman berwarna-warni. Sementara itu, terdapat tempat menyerupai keong di tepi Situ Pandawa yang merupakan lokasi  pertunjukan atau acara lain. 

1. Situ Pandawa 

Seperti disampaikan sebelumnya, Situ Pandawa merupakan sebuah danau buatan seluas kurang lebih lima hektar. Nah, wisatawan bisa menikmati sejumlah wahana air di Situ Pandawa. 

Berdasakan informasi dari akun Instagram @taman.lembah.dewata, wahana air yang tersedia antara lain sepeda air, perahu dayung, splash boat, dan jet boat. 

Selain berkuda dalam rangka wisata, Taman Lembah Dewata juga menyediakan kelas khusus berkuda di bawah arahan pelatih profesional. 

“Untuk kelas berkuda, biasanya by booking dan orangnya ganti-ganti, biasanya satu keluarga,” terangnya. 

Jadi, wisatawan bisa berkuda sambil menikmati panorama alam Taman Lembah Dewata. 

3. Bersepeda 

Wisatawan juga dapat berkeliling menikmati panorama Taman Lembah Dewata sambil bersepeda. Obyek wisata ini menyediakan sejumlah fasilitas sepeda antara lain sepeda listrik, e-scooter, dan sepeda gowes. 

4. Dewata Express

Dewata Express adalah kereta wisata Taman Lembah Dewata. Wisatawan akan diajak berkeliling di area obyek wisata hanya dengan duduk santai di atas kereta wisata tersebut. 

5. Foto 

Keindahan panorama di Taman Lembah Dewata sangat cocok untuk foto prewedding maupun koleksi poto Instagramable. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang danau, bukit, berfoto di atas perahu, berfoto dengan kuda, dan sebagainya. 

6. Restoran 

Setelah lelah berkeliling Taman Lembah Dewata, wisatawan bisa mencicipi aneka menu di restoran yang telah disediakan. Maria menuturkan menu di restoran Taman Lembah Dewata beragam mulai dari menu nusantara, China, hingga western. 

7. Bersantai

Wisatawan juga dapat bersantai sembari menikmati pemandangan Taman Lembah Dewata. Pihak pengelola menyediakan persewaan beanbag dan tikar bagi wisatawan yang hendak duduk santai di area Taman Lembah Dewata. 

Jika kamu ingin mengunjungi Taman Lembah Dewata, obyek wisata ini buka setiap hari. Lokasinya  berada di Jalan Raya Tangkuban Parahu KM. 3,7, Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupatan Bandung. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/24/230121427/taman-lembah-dewata-lembang-berkuda-sambil-menikmati-keindahan-alam

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.