Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

17 Tempat Wisata Bandung Selatan, Bisa Kemah di Alam Terbuka

KOMPAS.com - Menjajal wisata Bandung Selatan bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin pelesir ke Kota Kembang, tetapi sudah bosan menjelajahi pusat kota atau kawasan Lembang.

Beberapa destinasi di Bandung Selatan juga memiliki hawa yang sejuk dan tenang, sehingga cocok bagi para pencari ketenangan.

Berikut pilihan tempat wisata Bandung Selatan yang disusun oleh Kompas.com dan bisa kamu kunjungi saat berlibur.

Sebelum pergi, pastikan memperbarui informasi seputar tempat yang akan kamu kunjungi, ya.

Bicara tentang wisata Bandung Selatan, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Kawah Putih.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, situs yang dikelola Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kawah Putih berlokasi dekat Pasar Ciwidey atau sekitar 50 kilometer dari Pusat Kota Bandung.

Masuk ke area Kawah Putih membuat kita merasakan suasana yang berbeda, dengan danau kawah berwarna biru kehijauan serta dominasi warna putih pucat di sekelilingnya yang begitu indah.

Di sekelilingnya berdiri tebing-tebing yang mencapai sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut, menawarkan pemandangan menakjubkan terutama ketika awan-awan mulai bergulung.

Kawah Putih berlokasi di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Jembatan Gantung Rengganis (Rengganis Suspension Bridge) diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, dengan panjang jembatan 370 meter dan menggantung di ketinggian 75 meter, seperti dikutip dari Kompas.com (22/05/2022).

Sebelumnya, rekor jembatan gantung terpanjang tersebut dipegang oleh Situ Gunung Suspension Bridge dengan panjang 243 meter dan tinggi 100 meter.

Harga tiket Jembatan Gantung Rengganis adalah bundling untuk mengunjungi obyek wisata lainnya di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Dikutip dari Kompas.com, paket pertama Rp 100.000, sudah termasuk akses ke Glamping Lakeside, Situ Patenggang, Kawah Rengganis, dan Jembatan Gantung Rengganis.

Sementara paket Rp 70.000 meliputi akses Kawah Rengganis dan Jembatan Gantung Rengganis.

Sedangkan harga tiket Jembatan Gantung Rengganis saja Rp 70.000. Tiket ini hanya untuk melintas satu kali dan akan mendapatkan welcome drink.

Nimo Higland adalah tempat wisata Bandung Selatan yang belum lama ini diresmikan. Di sana, pengunjung bisa menikmati sejuknya suasana kebun teh dan menyaksikan panorama alamnya secara 360 derajat, seperti dikutip dari Kompas.com (03/05/2022).

Pengunjung juga bisa melintasi jembatan kaca Instagramable yang memiliki panjang 150 meter dan bisa menampung hingga 400 orang.

Aktivitas hiburan lain seperti berkuda, naik ATV, paralayang, dan berkemah.

Nimo Highland berlokasi di Nini Mountain atau Gunung Nini. Tepatnya, di Banjarsari, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Jika suka melihat panorama kebun teh, Wayang Windu Panenjoan juga bisa dimasukkan ke dalam daftar wisata Bandung Selatan yang perlu kamu kunjungi.

Berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut membuat hawa di sana begitu sejuk, dipadu dengan hamparan Kebun Teh Kertamanah yang luasnya mencapai 13 hektar.

Wayang Windu Panenjoan berlokasi di Banjarsari, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Dari Gerbang Tol Ketapang, Tol Soreang-Pasir Koja, wisatawan bisa berkendara menuju Cimaung. Jarak gerbang tol ke lokasi sekitar 40 kilometer.

Sebagai patokan, seperti dikutip dari Kompas.com (25/04/2022), dari Bundaran Pangalengan ambil belok kiri dan jalan terus sepanjang sekitar 9 kilometer untuk tiba di Wayang Windu Panenjoan.

Di Bukit Jamur Rancabolang, wisatawan bakal menemukan pohon-pohon cemara di lokasi yang dipangkas sehingga bentuknya menyerupai jamur.

Sehingga, tampilannya pun tampak Instagramable saat diabadikan, terlebih dengan panorama alam Gunung Tilu dan Gunung Patuha dari kejauhan.

Dikutip dari Kompas.com (25/04/2022), selain pepohonan, spot foto menarik lainnya adalah di jembatan kayu yang membentangi kebun teh.

Bukit Jamur buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Sementara tiket masuknya Rp 12.000 per orang, baik untuk hari biasa maupun akhir pekan.

Destinasi ini berlokasi di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Kebun Teh Rancabali berlokasi di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Jaraknya sekitar 8,5 kilometer dari kawasan Kawah Putih.

Dikutip dari Kompas.com (17/02/2022), selain menikmati pemandangan kebun teh, pengunjung juga bisa mampir ke pabrik teh atau meluncur dengan golesat. Ada pula makanan dan minuman hangat yang dijajakan oleh pedagang sekitar.

Masuk ke Kebun Teh Rancabali tidak perlu membeli tiket, namun ada biaya Rp 5.000 per orang jika ingin mengikuti wisata pabrik teh.

Dikutip dari Tribun Jabar (15/05/2022), Eco Park Curug Tilu di Rancabali, Kabupaten Bandung merupakan penginapan yang menyuguhkan panorama pegunungan dan kebun teh bagi pengunjung.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menjajal sekitar 16 spot foto, playground, dan mencicipi menu di restoran.

Jika ingin bermalam, pengunjung bisa memesan kamar dengna konsep glamping yang ditawarkan dengan berbagai tarif per malam, mulai dari Rp 500.000.

Sementara untuk pengunjung yang tidak menginap dikenakan biaya tiket masuk Rp 20.000.

Glamping Legok Kondang Ciwidey juga bisa menjadi pilihan wisata Bandung Selatan. Letaknya di Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Pengunjung yang bermalam akan merasakan sensasi glamping dengan suasana sekitar mirip di Bali.

Dikutip dari Kompas.com (20/02/2022), meski destinasi ini berada di dataran tinggi, namun pengunjung bisa merasakan suasana ala pantai karena pondok dibuat seperti berada di tepi pantai.

Harga akomodasinya bervariasi, mulai dari sekitar Rp 1,2 juta hingga Rp 5 jutaan. Fasilitas glamping termewah dilengkapi kolam air hangat dan jacuzzi pribadi.

Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Rancabali, Kabupaten Bandung, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif wisata Bandung Selatan.

Destinasi ini berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut sehingga menyuguhkan hawa yang begitu sejuk, meskipun di siang hari.

Dikutip dari Kompas.com (15/07/2022), di sana, wisatawan bisa berkuda dan bermain bersama rusa, berendam di kolam air hangat, atau menjelajahi area sambil naik ATV.

Jika berkunjung ke sana, wisatawan juga bisa mampir ke destinasi lain, seperti Situ Patenggang, Kawah Putih, dan pemandian air panas alam Cimanggu.

Bagi penyuka akitivitas kemah di alam bisa mencoba menginap di alam terbuka dengan bermalam di tenda igloo. Tarifnya mulai dari Rp 700.000 per tenda untuk hari biasa.

Sementara jika membawa perlengkapan sendiri, cukup membayar Rp 15.000. Tiket masuk Ranca Upas adalah Rp 27.000.

Dikutip dari Tribunnews Wiki, Situ Patenggang adalah danau yang berlokasi di kawasan wisata alam Ciwidey, Kabupaten Bandung, serta berada di bawah kaki Gunung Patuha.

Danau seluas 45.000 hektar tersebut memilii panorama alam yang mengagumkan dan terasa begitu padu dengna hawanya yang sejuk. Sejak 1981, lokasi ini telah dikembangkan sebagai taman wisata alam.

Selain menikmati panorama danau dan suasananya yang asri, wisatawan juga bisa mengelilingi danau dengan perahu, sepeda air, mampir ke batu cinta, piknik, atau main ke kebun teh.

Dikutip dari Kompas.com (25/05/2022), harga tiket Situ Patenggang untuk wisatawan lokal adalah sekitar Rp 18.000 untuk hari biasa dan Rp 20.500 untuk akhir pekan.

Sementara untuk wisatawan mancanegara tiketnya Rp 135.000 untuk hari biasa dan Rp 185.000 untuk hari libur.

Pilihan wisata Bandung Selatan lainnya adalah Situ Cileunca, yang berada di Jalan Situ Cileunca, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Dikutip dari Kompas.com (05/06/2022), danau buatan seluas 1.400 hektar itu dikelilingi bukit dengan latar pegunungan. 

Wisatawan yang datang bisa menjajal aktivitas individu maupun kelompok.

Beberapa aktivitas yang bisa dicoba seperti arung jeram, paintball, flying fox, memanah, wisata berkebun, dan lainnya.

Harga tiket masuknya dibedakan berdasarkan area yang dikunjungi, namun harga tiket termahalnya berkisar Rp 10.000 saja.

D'Riam Riverside adalah resor yang juga menyediakan banyak spot wisata.

Bagi yang senang berfoto, ada sejumlah spot menarik utnuk dijajal. Termasuk tenda atau ayunan di atas ketinggian atau spot yang menyuguhkan pemandangan alam nan asri.

Ada pula sejumlah aktivitas yang bisa dijajal seperti paintball, pertarungan memanah, river tubing, dan off-road.

Menurut situs resminya, jika ingin bermalam, harga kamarnya mulai dari Rp 600.000 untuk hari biasa dan Rp 800.000 untuk akhir pekan.

D'Riam Riverside berlokasi di Jalan Soreang-Ciwidey Km 25, Cukanggenteng, Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Taman Langit Pangalengan berada di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut, sehingga panorama alamnya begitu indah.

Dikutip dari Kompas.com (25/04/2022), wisatawan bisa menyaksikan keindahan panorama secara 360 derajat, dengan hamparan kebun teh di sekelilingnya.

Di sana, terdapat area berkemah yang dapat menjadi tempat bermalam.

Menurut Instagram resminya, harga tiket masuk dewasa Rp 10.000 per orang, sementara anak usia 7-12 tahun Rp 5.000.

Sementara tiket kemah dibanderol Rp 35.0000 per orang.

Lokasinya ada di Kp Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Hutan Pinus Rahong di Pangalengan, Kabupaten Bandung juga bisa menjadi alternatif wisata Bandung Selatan. Letaknya ada di kawasan wisata Wanawisata Kampung Rahong.

Destinasi ini tadinya merupakan area kemah, yang kemudian ditata dan dikelola sebagai area wisata berbasis konservasi oleh Perum Perhutani, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bandung Selatan, dan LMBH Kubangsari.

Dikutip dari Kompas.com (06/11/2020), Hutan Pinus Rahong adalah satu dari enam klaster yang tersedia. Selain menikmati suasana berada di tengah hutan pinus rimbun yang menenangkan, pengunjung juga bisa menjajal flying fox, paintball, kemah, dan permainan lainnya.

Ada pula beberapa spot foto Instagramable yang banyak digemari.

Jika gemar menikmati momen sunrise alias matahari terbit, Sunrise Point Cukul adalah destinasi wisata Bandung Selatan yang wajib kamu kunjungi.

Dikutip dari Tribun Travel, saat matahari terbit, pengunjung bisa mengambil foto dari berbagai sudut tempat yang berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut ini.

Wisatawan juga bisa mencoba berkemah di sana dan menikmati hamparan langit malam yang bertabur bintang.

Sebab, cukup banyak pengunjung yang datang sengaja berburu foto Galaksi Bima Sakti (Milky Way) dari Sunrise Point Cukul.

Destinasi ini berlokasi di Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Harga tiket masuknya Rp 10.000 per orang.

Jika mencari destinasi wisata Bandung Selatan yang bisa digunakan untuk berkemah, maka wajib masukkan Talaga Pineus Riverside Camp ke dalam daftar.

Di sana, kamu bisa merasakan sensasi berkemah di atas deck kayu yang terletak di pinggir Sungai Palayangan.

Udara di sana sangat sejuk, berkisar antara 13-15 derajat Celcius.

Jika ingin menginap, tak perlu repot membawa perlengkapan, sebab pengelola sudah menyiapkan tenda dan keperluan lainnya bagi pengunjung.

Dikutip dari Kompas.com (01/11/2021), selain berkemah, pengunjung juga bisa menjajal aktivitas rafting, memancing, dan barbeque.

Lokasi Pineus Tilu Riverside Camping ada di Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Taman Wisata Bougenville adalah salah satu pilihan destinasi wisata Bandung Selatan yang bisa dikunjungi jika kamu mencari suasana alam yang masih asri dan menenangkan.

Di sana, wisatawan bisa menikmati suasana pepohonan hijau, taman bunga, dan Sungai Cigeureuh.

Terdapat sekitar 250 jenis tanaman di sana yang bisa kamu nikmati atau dijadikan latar berfoto.

Wisatawan yang gemar menjajal aktivitas penguji adrenalin bisa mencoba aktivitas air di sana atau naik flying fox.

Dikutip dari Kompas.com (11/05/2022), jika ingin bermalam, ada berbagai jenis vila yang bisa dipilih, dengan tarif sewa vila mulai dari Rp 700.000 per malam.

Sementara pengunjung yang tidak menginap cukup membayar tiket masuk seharga Rp 35.000 per orang. Namun, ada biaya tambahan jika kamu ingin menjajal wahana yang ada di sana.

Taman Wisata Bougenville berlokasi di Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/10/151739427/17-tempat-wisata-bandung-selatan-bisa-kemah-di-alam-terbuka

Terkini Lainnya

Ketua PHRI Sebut Perkembangan MICE di IKN Masih Butuh Waktu Lama

Ketua PHRI Sebut Perkembangan MICE di IKN Masih Butuh Waktu Lama

Travel Update
Astindo Nilai Pariwisata di Daerah Masih Terkendala Bahasa Asing

Astindo Nilai Pariwisata di Daerah Masih Terkendala Bahasa Asing

Travel Update
Kereta Api Lodaya Gunakan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation Mulai 1 Mei 2024

Kereta Api Lodaya Gunakan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation Mulai 1 Mei 2024

Travel Update
Deal With Ascott 2024 Digelar Hari Ini, Ada Lebih dari 60 Properti Hotel

Deal With Ascott 2024 Digelar Hari Ini, Ada Lebih dari 60 Properti Hotel

Travel Update
4 Tempat Wisata Indoor di Kota Malang, Alternatif Berlibur Saat Hujan

4 Tempat Wisata Indoor di Kota Malang, Alternatif Berlibur Saat Hujan

Jalan Jalan
3 Penginapan di Rumpin Bogor, Dekat Wisata Favorit Keluarga

3 Penginapan di Rumpin Bogor, Dekat Wisata Favorit Keluarga

Hotel Story
Pendakian Rinjani 3 Hari 2 Malam via Sembalun – Torean, Perjuangan Menggapai Atap NTB

Pendakian Rinjani 3 Hari 2 Malam via Sembalun – Torean, Perjuangan Menggapai Atap NTB

Jalan Jalan
Rekomendasi 5 Waterpark di Tangerang, Harga mulai Rp 20.000

Rekomendasi 5 Waterpark di Tangerang, Harga mulai Rp 20.000

Jalan Jalan
Tips Pilih Kursi dan Cara Hindari Mual di Pesawat

Tips Pilih Kursi dan Cara Hindari Mual di Pesawat

Travel Tips
4 Playground di Tangerang, Bisa Pilih Indoor atau Outdoor

4 Playground di Tangerang, Bisa Pilih Indoor atau Outdoor

Jalan Jalan
Tradisi Syawalan di Klaten, Silaturahmi Sekaligus Melestarikan Budaya dan Tradisi

Tradisi Syawalan di Klaten, Silaturahmi Sekaligus Melestarikan Budaya dan Tradisi

Jalan Jalan
Aktivitas Seru di World of Wonders Tangerang, Bisa Nonton 4D

Aktivitas Seru di World of Wonders Tangerang, Bisa Nonton 4D

Jalan Jalan
Cara ke Pasar Senen Naik KRL dan Transjakarta, buat yang Mau Thrifting

Cara ke Pasar Senen Naik KRL dan Transjakarta, buat yang Mau Thrifting

Travel Tips
8 Tips Kemah, dari Barang Wajib DIbawa hingga Cegah Badan Capek

8 Tips Kemah, dari Barang Wajib DIbawa hingga Cegah Badan Capek

Travel Tips
Harga Tiket Candi Borobudur April 2024 dan Cara Belinya

Harga Tiket Candi Borobudur April 2024 dan Cara Belinya

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke