Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

28 Tempat Wisata Tabanan, Banyak Destinasi Liburan Keluarga

KOMPAS.com - Jika mencari wisata Bali selain di kawasan Bali Selatan, sedikit melipir ke arah barat laut bisa jadi pilihan, tepatnya di Kabupaten Tabanan.

Ada banyak pilihan destinasi wisata Tabanan yang bisa dikunjungi, termasuk jika mencari wisata alam.

Jika pergi bersama keluarga, Tabanan juga punya banyak destinasi yang cocok untuk dikunjungi bersama si kecil.

Berikut sejumlah tempat wisata Tabanan yang bisa jadi alternatif tujuan liburan, baik sendiri maupun bersama keluarga dan kerabat.

The Blooms Garden adalah taman rekreasi seluas 4,5 hektar yang disebut sebagai taman bunga terbesar di Bali.

Lokasinya ada di Desa Batusea, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

Dikutip dari Kompas.com (04/09/2022), destinasi ini memiliki beberapa area taman bunga yang menonjolkan ciri khas masing-masing.

Taman-taman tersebut di antaranya Taman Belanda, Taman Cinta, Taman Dewi Danu, Taman Oval, dan lainnya.

Di Taman Belanda, misalnya, penunjung bisa menemukan ornamen dua kincir yang merupakan ikon negara Belanda.

Selain mengeksplorasi taman bunga, ada pula aktivitas lain seperti naik ATV, main di playground anak, kulineran di restoran, dan lainnya.

Tasta Zoo adalah kebun binatang dan area konservasi yang berlokasi di Br Tegeh, Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, destinasi ini bisa sekaligus menjadi wisata edukasi seputar satwa.

Selain berkeliling melihat koleksi satwanya, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan sejumlah satwa atua berfoto ria dengan latar patung-patung satwa dan Instagramable spot lainnya.

Harga tiket masuk Tasta Zoo bagi wisatawan domestik adalah Rp 60.000 pada hari biasa dan Rp 70.000 pada akhir pekan.

Sementara bagi wisatawan mancanegara, harga tiket masuknya Rp 120.000 pada hari biasa dan Rp 200.000 pada akhir pekan.

Tasta Zoo buka pukul 09.00-17.00, dengan waktu check in terakhir pukul 16.30.

Rumah Gemuk Bali adalah tempat wisata Tabanan lainnya yang dapat dikunjungi.

Lokasi destinasiini ada di Jalan Drupadi No.2, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

Dikutip dari Kompas.com, tempat ini pada awalnya adalah lokasi pernikahan yang kemudian dikembangkan sebagai destinasi wisata.

pengunjung Rumah Gemuk Bali bisa berburu foto sambil menikmati panorama Danau Beratan, serta kulineran. Beberapa aktivitas kuliner menariknya adalah menyantap Wagyu Arrabbiata dan piknik di dalam rumah kaca.

Tidak dikenakan tiket masuk untuk pengunjung, tapi terdapat minimum spend atau biaya minimal pembelanjaan, yakni Rp 100.000 per orang.

Setelah membayarnya saat kedatangan, kita akan mendaapatkan voucher. Sementara jika ingin piknik di area kebun dalam rumah kaca, ada beberapa paket piknik yang bisa dicoba dengan harga mulai dari sekitar Rp 250.000.

Vihara Dharma Giri juga bisa dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata Tabanan, tepatnya wisata religi.

Lokasinya ada di Jalan Raya Pupuan, Kecamatan Pupuan, Tabanan.

Daya tarik utama vihara ini adalah patung Buddha tidur raksasa yang dicat putih.

Ketika diabadikan menggunakan kamera, warna putih itu pun terlihat begitu indah dan berpadu dengan latar biru langit yang cerah.

Itulah mengapa, banyak orang berpose di depan patung tersebut saat mampir ke Vihara Dharma Giri.

Air Terjun Blahmantung juga merupakan tempat wisata Tabanan yang menarik untuk dijelajahi, terutama bagi pengunjung yang menggemari aktivitas alam.

Lokasinya ada di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan.

Dikutip dari situs resmi Kabupaten Tabanan, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dengan air yang melewati celah-celah tebing serta dikelilingi oleh perkebunan kopi dan kakao.

Di kawasan tersebut ada tiga air terjun, yang masing-masingnya menyimpan pesona. Air terjun pertama, misalnya, terletak paling atas.

kamu butuh sedikit perjuangan untuk mencapai ke air terjun berikutnya yang berlokasi di bawah air terjun pertama. Apalagi, akses jalan menuju ke sana masih sangat minim.

Namun, melihatnya dari atas juga sudah menyuguhkan keindahan.

Akses menuju Pantai Soka terbilang mudah. Dikutip dari Tribun Bali, pantai yang berada di Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Tabanan ini berada di pinggir jalan raya utama Denpasar ke Gilimanuk atua searah dengan tujuan wisata Bali Barat.

Pengunjung Pantai Soka bisa menikmati panorama pantai yang berpadu dengan perbukitan dan persawahan yang ada di sekitarnya, serta Gunung Batukaru yang tegak berdiri.

Pura Tanah Lot mungkin menjadi salah satu destinasi wisata utama ketika seseorang berlibur ke Bali. Pesonanya sudah terkenal di mata dunia.

Lokasi pura ini ada di Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan.

Dikutip dari Kompas.com, "Tanah Lot" sendiri diartikan sebagai tempat melihat sunset atau matahari terbenam. Di sana, terdapat kuil utama untuk menyembah Dewa Baruna atau Bhatara Segara, yakni kekuatan laut.

Di sekitar pura terdapat ular jinak yang diyakini sebagai makhluk suci dan dianggap sebagai properti dewa atau penjaga pura dari pengaruh buruk.

8. Pohon Kayu Putih Desa Bayan

Pohon raksasa di Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan, belum lama ini ramai dibincangkan.

Hal itu setelah adanya seorang wisatawan mancanegara yang berpose tanpa busana di depan pohon sakral tersebut, kemudian mengunggah videonya ke media sosial.

Adapun pohon tersebut dikenal dengan sebutan Pohon Kayu Putih. Dikutip dari Hak Cipta Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI, pohon tersebut tak hanya untik tetapi juga langka dan sudah berusia lebih dari 500 tahun.

Rupanya, sebelum kejadian yang melibatkan wisman tadi, pohon raksasa ini memang sudah viral sejak 2013.

Pohon yang berdiri di belakang Pura Babakan ini menjulang setinggi sekitar 50 meter dengan diameter batang sekitar 6 meter.

Para warga sekitar meyakini bagian kulit pohon tersebut memiliki tuah menyembuhkan berbagai jenis penyakit, sehingga kerap dijadikan tempat memohon kesembuhan.

Karena dinilai punya aura magis, pohon ini begitu dijaga. Bahkan, warga melakukan upacara rutin setiap 210 hari sekali dengan menghaturkan sesaji sebagai tanda terima kasih dan syukur.

Pantai Pasut memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi, sehingga cukup aman untuk dijadikan tempat berenang atau snorkeling.

Lokasinya ada di Jalan Raya Pasut, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Seperti dikutip Kompas.com dari situs Pemerintah Kabupaten Tabanan, pantai ini punya pasir berwarna hitam lembut. Tak hanya dimanfaatkan untuk berenang atau snorkeling, pengunjung juga kerap berjemur, bermain pasir, berolahraga, atau berburu foto di pantai ini.

Pantai Kedungu adalah salah satu wisata Tabanan yang menyuguhkan pemandangan memukau.

Lokasinya ada di Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kabupaten Tabanan.

Jika sedang mampir ke Tabanan, sayang jika melewatkan pantai ini. Sebab, Pantai Kedungu punya area tebing unik, dengan air terjun kecil yang pada bagian bawahnya terdapat tumpukan batu-batuan besar sehingga tampak eksotis.

Pantai Soan Galuh berlokasi di Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

Pantai ini bisa jadi pilihan wisata Tabanan yang Instagramable.

Sebab, di sana terdapat bebatuan besar dengan batu-batu karang di bibir pantainya yang tersusun bak tugu batu, serta pasir hitam yang eksotis. 

Jika ingin mendapatkan foto cantik, cobalah berpose di terowongan batu yang ada di pantai ini. Terowongan batu ini menghadap ke arah laut, sehingga hasil fotonya bakal sangat indah jika kamu berdiri di tengah terowongan.

Salah satu wisata Tabanan yang juga cukup populer adalah Pura Ulun Danu Beratan atau Pura Penataran Agung Ulun Danu Beratan.

Lokasinya ada di area Daya Tarik Wisata (DTW) Ulun Danu Beratan.

Seperti dikutip Kompas.com dari situs resminya, Pura Ulun Danu Beratan adalah satu dari sembilan Pura Khayangan Jagat yang mengelilingi Pulau Dewata, sehingga menjadi salah satu pura paling penting di Bali, terutama bagi umat Hindu.

Saat mengunjungi pura ini, pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Beratan sekaligus melakukan sejumlah aktivitas, seperti menjadikannya latar foto atau menjajal wahana air.

Kebun Raya Bali memiliki sejumlah area yang bisa dikunjungi dengan berbagai jenis tanaman. Dikutip dari Kompas.com (01/09/2022), koleksi tanaman bisa kamu lihat dengan mengunjungi area seperti Taman Rhododendron, Taman Anggrek, Rumah Kaca Kaktus, Taman Aquatik, dan lainnya.

Lokasinya ada di Jalan Kebun Raya, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Namun, selain melihat koleksi tanaman dan menikmati hamparan rumput hijau, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, seperti berkeliling area kebun naik sepeda atau skuter, piknik, atau sekadar bersantai di rerumputan sambil melihat pemandangan danau.

Penggemar coklat perlu memasukkan Desa Coklat Bali ke dalam daftar tempat wisata Tabanan untuk dikunjungi.

Lokasinya berada di Jalan Raya Marga-Apuan, Km 7, Desa Cau, Kabupaten Tabanan.

Dikutip dari Kompas.com (31/08/2022), Desa Coklat Bali adalah destinasi agrowisata dan edukasi. Pengunjung bisa mengenal lebih dalam tentang cokelat, mulai dari proses menanam, pengolahan, hingga mengonsumsinya atau membawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pengunjung juga bisa mampir ke restoran untuk mengisi perut setelah lelah berkeliling. Di sana, kamu bakal menemukan beberapa menu olahan coklat, seperti es krim dan pizza.

Keindahan subak menjadi salah satu daya tarik wisata Bali, salah satunya adalah subak di Desa Jatiluwih.

Dikutip dari Kompas.com (11/09/2020), subak Desa Jatiluwih sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2012.

Wisatawan tak hanya bisa menikmati pemandangan subak dan alam di Desa Jatiluwih, tetapi juga menyaksikan aktivitas para petani lokal, seperti menanam padi.

Kera yang tinggal di lingkungan Alas Kedaton menjadi daya tarik destinasi ini. Lokasi tepatnya ada di Jalan Raya Alas Kedaton, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan.

Dikutip dari Antara, destinasi ini menjadi rumah dari sekitar 2.000 ekor kera.

Kera-kera tersebut hidup jinak di alam bebas, sehingga wisatawan aman beraktivitas di sana.

Jika ingin menikmati pemandangan alam Tabanan sambil bersantai di kolam air panas, cobalah mampir ke Pemandian Air Panas Yeh Panes Panatahan.

Lokasinya ada di tepi Singai Ho atau di Jalan Batukaru, Penatahan, Penebel, Tabanan.

Dikutip dari Tribunnews, destinasi ini tak hanya memiliki kolam air panas umum, tetapi juga menyediakan kolam air dingin. 

Selain berendam air panas, pengunjung juga bisa bermalam di resort dengan tarif mulai dari sekitar Rp 250.000 per malam.

18. Pemandian Air Panas Angseri

Destinasi wisata air panas ini berlokasi di Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

Dikutip dari Tribunnews, letak pemandian air panas ini berada di tengah hutan bambu dan cukup terpencil, sehingga cocok bagi wisatawan yang mencari wisata Tabanan sekaligus untuk healing atau menenangkan diri.

Di sana, tersedia beberapa kolam air panas, dengan dua di antaranya terbuka.

Namun, jika ingin berendam di area yang lebih pribadi, tersedia kolam tertutup bagi pengunjung.

Pemandian Air Panas Angseri juga memiliki kolam terapi  yang dapat digunakan untuk pengunjung dengan penyakit tertentu, seperti alergi atau penyakit kulit lain, agar merasa lebih bugar.

19. Air Terjun Campuhan Antapan

Air terjun satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu surga tersembunyi.

Lokasinya adadi Jalan Swadaya, Antapan, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

Dikutip dari Tribun Bali, air terjun ini berada di antara terasering persawahan, serta dekat dengan sungai jernih dan pepohonan di sekelilingnya, sehingga tampak asri.

Tempat wisata Tabanan ini juga bisa menjadi pilihan wisata murah meriah. Sebab, tiket masuknya terbilang murah, hanya sekitar Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara.

20. Museum Subak

Saat ini, rumah ada Bali mungkin lebih jarang ditemukan. Jika ingin menikmati suasana tradisional yang kental dengan berada di rumah adat Bali, cobalah berkunjung ke Museum Subak Tabanan.

Dikutip dari Tribun Bali, tempat itu memang dibuka agar masyarakat bisa belajar tentang rumah tradisional, sesuai konsep asta kosala kosali, arsitektur khas Bali.

Menurut situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, asta kosala kosali adalah konsep tata ruang tradisional Bali yang mengacu pada konsep keseinbangan kosmologis (Tri Hita Karana), hierarki tata nilai (Tri Angga), orientasi kosmologis (Sanga Mandala), ruang terbuka (natah), serta proporsional dengan skala, prosesi pembangunan, dan pemakaian material.

Jika ingin melihat rumah ini, kamu bisa datang ke Jalan Gatot Subroto No.5b, Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan.

Menikmati pesona Pantai Kelecung juga bisa menjadi pilihan jika mencari destinasi wisata Tabanan untuk dikunjungi.

Seperti dikutip Kompas.com dari situs Pemerintah Kabupaten Tabanan, pada siang hari, kerlip pasir hitam di pantainya akan terlihat jelas saat terkena pantulan cahaya matahari.

Karena lokasinya relatif jauh dari keramaian, maka pantai ini cocok dikunjungi bagi para pencari ketenangan yang ingin memandangi laut atau sekadar duduk santai sembari menunggu sunset.

Di sekitarnya juga terdapat area persawahan yang membuat Pantai Kelecung tampak asri.

Pantai ini berlokasi di wilayah Desa Tegal Mengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan.

Dikutip Kompas.com dari situs Pemerintah Kabupaten Tabanan, ombak di Pantai Kelating relatif besar, sehingga kerap dimanfaatkan sebagai lokasi berselancar.

Lokasi pantai ini ada di Desa Kelating, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Pada akhir pekan atau libur hari raya, pantai ini sering kali dipadati wisatawan. Jika mencari tempat yang tenang, maka dianjutkan untuk mampir saat hari biasa.

Jika menari wisata Tabanan yang relatif belum banyak dikunjungi, cobalah mampir ke Pantai Yeh Leh.

Pantai yang berada di sepanjang jalan raya Gilimanuk-Denpasar ini punya keunikan tersendiri, yakni memiliki hamparan bebatuan alami di pantainya.

Airnya juga masih sangat jernih sehingga memanjakan mata para pengunjung.

Tak hanya dikunjungi berkat keunikan pantainya dan lingkungan yang masih sepi, pengunjung Pantai Yeh Leh juga kerap menjadikan tempat ini sebagai destinasi memancing.

Taman Kupu-kupu juga bisa menjadi destinasi wisata Tabanan yang dapat dikunjungi bersama keluar.

Lokasinya ada di Jalan Batukaru, Desa Sesandan, Kecamatan Penebel, Tabanan.

Meski dinamai "kupu-kupu", namun destinasi yang berdiri sejak 1996 silam ini tak hanya menghadirkan beragam jenis kupu-kupu.

Dikutip dari Tribun Bali, Taman Kupu-kupu turut menghadirkan serangga lain, seperti belalang kayu, kumbang tanduk, hingga tarantula.

Jika mencari destinasi religi di Tabanan, kamu bisa mampir ke Pura Malen di lereng Gunung Batukaru, Kecamatan Pupuan, Tabanan.

Dikutip dari Tribun Bali, pengunjung pura dapat menemukan patung Dewa Siwa setinggi 10 meter.

Destinasi ini pun dijadikan tempat meditasi oleh pengunjung dengan berbagai latar belakang agama.

Jika mencari tempat wisata Tabanan yang cocok untuk menenangkan diri, maka destinasi ini bisa dijadikan alternatif.

Namun, berhati-hatilah saat menuju ke sini sebab jalannya cukup terjal dan belum sepenuhnya diaspal.

Sehingga, penting untuk meningkatkan kewaspadaan saat berkendara.

26. Pasar Kodok Tabanan

Jika gemar berwisata belanja, terutama thrifting, kamu bisa mampir ke Pasar Kodok Tabanan.

Lokasinya ada di Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Tabanan.

Dikutip dari Tribun Bali, ada beragam jenis pakaian bekas, termasuk jaket, jas, sweater, hingga celana kain dan jeans, baik untuk dewasa maupun anak.

Jika khawatir dengan higienitasnya, kebanyakan pakaian bekas yang dijajakan di sini adalah pakaian sekali pakai atau bahkan belum sempat terpakai oleh pemilik awalnya.

Sebelum dijual, pakaian-pakaian tersebut juga telah dicuci terlebih dahulu.

Jika mencari pakaian unik dengan harga miring, tak ada salahnya mampir ke destinasi ini di tengah waktu liburan.

27. Bali Strawberry Farm & Restaurant

Aktivitas petik stroberi juga bisa ditemukan di Bali, termasuk di Tabanan.

Dikutip dari Tribun Bali, salah satunya adalah Bali Strawberry Farm & Restaurant atau juga dikenal dengan Bali Strawberry Panoramic Terrace.

Lokasinya ada di Jalan Raya Bedugul, Banjar Tqman Tanda, Desa Batunya, Tabanan.

Tak hanya bisa memetik stroberi dari kebunnya, pengunjung juga bisa belajar langsung dari para petani stroberi lokal.

Kamu juga bisa mencicipi kuliner dengan bahan dasarbuag stroberi sambil menikmati panorama pegunungan di sekitar.

Jika bepergian bersama anak-anak, destinasi wisata Tabanan yang satu ini dapat menjadi pklihan.

Seperti dikutip Kompas.com dari situs resminya, Sila's Agrotourism menyediakan tempat rekreasi, pendidikan, sekaligus program pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektar.

Beberapa aktivitas luar ruang yang bisa dijajal antara lain berkemah, outbound, flying fox, ATV, mini trail, berkuda, paintball, trekking, bersepeda, dan lainnya.

Namun, jika sekadar ingin bersantai sambil menikmati udara sejuk dan panorama danau serta perbukitan yang menakjubkan, kamu bisa duduk di coffee shop yang tersedia sambil memesan menu yang ada di sana.

Tersedia pula tempat menginap Hobbiton dengan harga mulai dari Rp 200.000 per orang per malam, sudah termasuk tempat tidur, sleeping bag, perlengkapan mandi, sarapan, serta perapian.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/20/212857727/28-tempat-wisata-tabanan-banyak-destinasi-liburan-keluarga

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+