Salin Artikel

10 Wisata Alam Surabaya, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

KOMPAS.com - Singgah di berbagai tempat wisata Surabaya bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu liburan.

Selain mudah diakses menggunakan berbagai jenis moda transportasi, Kota Pahlawan juga memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dijelajahi sesuai preferensi masing-masing.

Jika mencari wisata alam, ada beberapa tempat yang bisa kamu datangi, seperti taman, hutan mangrove, hingga pantai. Berikut beberapa destinasi wisata alam di Surabaya yang dapat kamu singgahi di tengah waktu liburan.

Pantai Kenjeran atau Pantai Ria Kenjeran yang berlokasi di Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya ini sangat cocok dijadikan tempat nongkrong sembari melihat aktivitas para nelayan tradisional yang sibuk menjemur hasil tangkapannya.

Usai puas menikmati suasana pantai, kamu bisa bergeser ke lantai dua Sentra Ikan Bulak, persis di seberang taman. Di tempat ini, ada banyak tempat makan yang menyajikan olahan hasil laut segar, di antaranya udang crispy, sate kerang, cumi asam manis, gulai kepala kakap, dan kotokan ikan asap.

Sebelum pulang, kamu bisa membeli oleh-oleh aneka kerupuk olahan hasil laut yang ada di lantai dasar Sentra Ikan Bulak, seperti kerupuk teripang yang garing serupa kerupuk rambak.

"Teripangnya dibersihkan isinya sama pasirnya pakai alat keruk, terus dikeringkan, digoreng pakai pasir, digoreng lagi pakai minyak," jelas pedagang oleh-oleh Alfarizi Surabaya, Laily, kepada Kompas.com, Rabu, (4/5/2022).

Hutan Bambu Keputih berlokasi di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Jika mampir ke sini, kamu bisa mengajak keluarga tercinta menikmati suasana hijau dan sejuk di bawah batang-batang bambu yang menjuntai.

Lokasi ini juga cantik untuk menjadi tempat berfoto dengan latar belakang deretan pohon bambu yang rapi. Semula, lokasi ini hanyalah tempat pembuangan sampah akhir (TPA), namun diubah sedemikian rupa menjadi hutan bambu yang memiliki daya tarik wisata.

Hutan Bambu keputih berada satu lokasi dengan Taman Harmoni dan Taman Ruang Publik di area seluas 40 hektar.

Hutan Mangrove Wonorejo terletak di Jalan Raya Wonorejo nomor 1, Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Kawasan ini merupakan area rekreasi sekaligus edukasi yang cocok untuk dikunjungi bareng keluarga ataupun kerabat.

Hutan Mangrove Wonorejo dilengkapi dengan jembatan kayu yang dapat dilintasi pengunjung untuk mengelilingi kawasan hutan.

Selain berkeliling di atas jembatan, pengunjung juga bisa menjajal jogging track, berfoto-foto, hingga mencoba wisata air berkeliling kawasan mangrove dengan menggunakan perahu.

Sembari menikmati suasana dan keasrian mangrove, pengunjung dapat menyantap makanan di restoran dan berbelanja oleh-oleh di toko souvenir.

Taman Apsari merupakan salah satu dari tiga taman peninggalan Belanda. Pada zaman Belanda, Taman Apsari bernama Taman Simpang atau Kroesen Park. Nama Taman Simpang lantaran lokasi taman berada bernama Simpang.

Lokasinya ada di Jalan Taman Apsari No.63, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Awalnya, letak Taman Apsari berada di belakang Gedung Grahadi yang menghadap ke utara. Namun, pada 1802 Gedung Grahadi berubah menghadap ke selatan.

Melansir laman Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, di belakang taman ini ada pula monumen Gubenur Suryo, yakni gubernur pertama Jawa Timur yang memerintah pada periode 1946-1948.

Main ke kebun binatang juga bisa menjadi pilihan wisata alam, salah satunya ke Kebun Binatang Surabaya.

Melansir laman resmi Kebun Binatang Surabaya, di sini kamu bisa bertemu ratusan jenis satwa, tepatnya lebih dari 211 spesies dengan lebih dari 2.236 binatang yang mencakup Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

Tidak hanya sekadar melihat satwa, pengunjung juga bisa mendapat edukasi serta hiburan dalam waktu yang sama lewat pemandu yang memberi beragam informasi kepada pengunjung.

Hutan Kota Pakal atau Ruang Terbuka Hijau Hutan Kota Sidorejo disebut sebagai paru-paru kota yang dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Mengutip Kompas.com, Jumat (06/11/2020), hutan seluas kurang lebih enam hektar itu cocok untuk piknik sekaligus menghilangkan penat dari jenuhnya perkotaan. Kamu bisa membawa tikar dan bekal makanan untuk menemani waktu bersantai.

Meskipun hutan, di sini tersedia sejumlah fasilitas, seperti mushala, toilet, kantin, gazebo, kolam pemancingan, dan lainnya.

Taman ini memiliki lahan seluas 6.000 meter persegi dan menjadi salah satu taman paling populer di Surabaya. Melansir laman Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, Taman Prestasi dibangun pada 1992 dan diresmikan pada 1995 oleh Marie Basofi Sudirman, istri dari Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998.

Pemkot Surabaya menyediakan berbagai fasilitas umum di taman ini, termasuk arena bermain bagi anak yang dilengkapi beragam wahana seperti seluncuran, jungkat-jungkit, ayunan, dan area bermain pasir pantai.

Selain itu, tersedia pula akses WiFi gratis, wisata perahu naga dan perahu dayung untuk menyusuri Kalimas.

Taman Flora Bratang Surabaya memiliki area luas yang dilengkapi kolam buatan, jalur refleksi, air mancur, olahraga dan arena bermain ramah anak sehingga taman ini cocok untuk belajar sembari menikmati pemandangan yang asri.

Taman ini berlokasi di Jalan Bratang Binangun, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

Berada di tengah kota atau hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari Stasiun Gubeng membuat tempat ini cocok dijadikan destinasi untuk bersantai sejenak dan melepas penat.

Jika mencari tempat wisata alam di Surabaya yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati suasana sore atau malam hari, naik perahu di Kalimas bisa jadi pilihan.

Tepatnya berada di Jalan Ketabang Kali, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Ada dua rute perahu, pertama adalah Taman Prestasi-Museum Pendidikan. Rute ini menawarkan nuansa lampu lampion di sepanjang rute Taman Prestasi sampai Taman Ekspresi.

Pengunjung dapat menikmati spot foto di Museum Pendidikan, Taman Ekspresi, dan Pasar Apung. Pintu masuk dan titik akhir dari rute ini adalah di Taman Prestasi.

Kedua, adalah rute Monumen Kapal Selam-SIOLA. Untuk rute kedua, pengunjung dapat menikmati spot foto di Air Mancur Patung Suroboyo, Taman Skate & BMX, Pasar Apung, Museum Pendidikan, dan Dermaga Siola.

Jika ingin menaiki perahu dan menikmati suasana di sana, datanglah antara pukul 15.00-21.00 WIB.

Kebun Bibit Wonorejo berada di kawasan Rungkut Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Kendalsari nomor 70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya. 

Taman rekreasi ini sudah berdiri sejak tahun 2011. Sebelumnya, hanya digunakan sebagai tempat pembibitan tanaman. Namun setelah dilakukan revitalisasi, kebun tersebut kini juga menjadi tempat wisata.

Kebun Bibit Wonorejo memiliki dua danau, danau besar dan kecil. Keduanya dikelilingi taman yang tertata dengan baik dan dilengkapi fasilitas, seperti wahana bermain anak dan taman bunga. Ada pula mini zoo alias kebun binatang kecil dengan beberapa hewan herbivora, seperti rusa dan berbagai jenis unggas.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/22/101307927/10-wisata-alam-surabaya-cocok-untuk-libur-akhir-pekan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.