Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Wisata Murah di Bandung Selatan, Harga Tiket di Bawah Rp 20.000

KOMPAS.com - Bandung Selatan merupakan wilayah dari Kabupaten Bandung yang mempunyai banyak potensi wisata. Tempat wisata murah di Bandung Selatan juga beragam sehingga ramah di kantong wisatawan.

Mengunjungi wisata Bandung Selatan bisa menjadi alternatif mengisi liburan akhir tahun bagi wisatawan yang ingin pelesir ke Kota Kembang.

Kawasan Bandung Selatan menawarkan beragam destinasi liburan yang tidak kalah menarik dengan kawasan Kota Bandung atau Lembang.

Tempat wisata Bandung Selatan yang murah

Berikut pilihan tempat wisata Bandung Selatan yang murah yang dihimpun oleh Kompas.com

Situ Patenggang merupakan danau seluas 60 hektar yang berada di ketinggian sehingga udaranya sejuk, seperti dikutip dari Kompas.com (25/5/2022).

Situ Patenggang dikelilingi dengan panorama perkebunan teh Rancabali seluas 1.500 hektar. Danau ini menawarkan pemandangan asri sekaligus udara segar bagi para pengunjung.

Selain menikmati panorama danau, wisatawan juga bisa mengelilingi danau dengan perahu, sepeda air, piknik, atau main ke kebun teh.

Situ Patenggang yang berada di kaki Gunung Patuha. Tepatnya di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Harga tiket bagi wisatawan lokal cukup ramah di kantong yaitu Rp 18.000 pada hari kerja dan Rp 20.500 pada hari libur. Sedangkan, tarif parkir kendaraan sebesar Rp 3.500 untuk roda dua dan Rp 11.500 untuk roda empat.

Wayang Windu merupakan wisata kebun teh yang berada di Desa Margamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung. 

Mengutip Kompas.com (6/8/2022), kebun teh ini memiliki udara sejuk karena berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Nama Wayang Windu diambil dari dua gunung, yaitu Gunung Wayang dan Gunung Windu. Keunikan Wayang Windu dibandingkan kebun teh pada umumnya adalah keberadaan jembatan kayu yang membentang di tengah-tengah kebun teh.

Tempat tersebut dapat menjadi spot instagramable bagi pengunjung. Fasilitas lainnya berupa gazebo, ATV, area berkemah, dan warung kuliner.

Harga tiket kawasan wisata alam ini cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang. Bagi pengunjung yang ingin menyewa gazebo akan dikenai tambahan biaya senilai Rp 20.000 per jam.

Ikon wisata ini adalah pohon-pohon cemara yang dipangkas sehingga bentuknya menyerupai jamur. Deretan pohon cemara yang berbentuk jamur tersebut menjadi spot favorit untuk berfoto para wisatawan.

Terlebih dengan panorama Gunung Tilu dan Gunung Patuha dari kejauhan, spot ini menjadi instagramable.

Selain pepohonan cemara, spot foto menarik lainnya adalah di jembatan kayu yang membentang di tengah kebun teh.

Lokasi Bukit Jamur Rancabolang berada di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Harga tiket masuk Bukit Jamur Rancabolang adalah Rp 13.000 per orang baik untuk hari biasa maupun akhir pekan, berdasarkan informasi dari akun Instagram resminya. Sedangkan tarif parkir motor sebesar Rp 5.000 dan parkir mobil Rp 10.000.

Kabupaten Bandung bagian selatan terkenal sebagai daerah yang mempunyai banyak kebun teh. Salah satunya adalah kebun teh Rancabali yang terletak di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Mengutip dari Kompas.com (17/2/2022), selain menikmati pemandangan kebun teh, pengunjung juga dapat melakukan beragam kegiatan menarik, seperti berkunjung ke pabrik teh.

Untuk memasuki kawasan tersebut, pengunjung tidak akan dikenai biaya. Namun, ada biaya tambahan sebesar Rp 5.000 per orang untuk mengikuti wisata pabrik teh.

Kawasan wisata ini merupakan danau buatan seluas 1.400 hektar yang dikelilingi perbukitan.

Mengutip Kompas.com (5/6/2022), selain berfungsi sebagai obyek wisata, Situ Cileunca juga sebagai sumber air untuk pembangkit tenaga listrik.

Ada sejumlah wahana di Situ Cileunca, antara lain arung jeram, paintball, flying fox, offroad, river tubing, dan lainnya. Lokasi obyek wisata ini berada di Jalan Situ Cileunca, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Adapun tiket masuk kawasan Situ Cileunca adalah Rp 6.000 per orang. Harga tersebut tidak termasuk tiket masuk kawasan wisata lainnya di Situ Cileunca.

Obyek wisata ini diberi nama Taman Langit lantaran berada di ketinggian 1.670 mdpl, sehingga panorama alamnya begitu indah.

Wisatawan bisa menyaksikan keindahan panorama hamparan kebun teh di Taman Langit Pengalengan. Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam hari, terdapat area berkemah.

Menurut Instagram resminya, harga tiket masuk dewasa Rp 10.000 per orang, sementara anak-anak Rp 5.000. Harga tiket tersebut tidak termasuk tiket kemah, yang meliputi fasilitas sewa tenda, sleeping bag, matras, dan lampu penerangan.

Lokasinya ada di Kampung Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Sunrise Point Cukul merupakan tempat untuk menikmati panorama matahari terbit (sunrise) di Bandung Selatan. Lokasinya berada di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Kawasan ini berada di ketinggian 1.600 mdpl. Wisatawan juga berkemah di lokasi ini. Jika cuaca terang, pada malam hari wisatawan bisa berburu panorama milky way di Sunrise Point Cukul.

Harga tiket masuk Sunrise Point Cukul tergolong murah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 per orang.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai tarif parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000 dan mobil sebesar Rp 10.000.

Selain Kawah Putih, ternyata Ciwidey memiliki obyek wisata kawah lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu Kawah Rengganis. Kawah ini juga dikenal sebagai Kawah Cibuni karena berada di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Kawasan ini merupakan hasil dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi sejak jutaan tahun lalu. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati panorama kolam air panas alami.

Pengunjung juga dapat mengunjungi kebun teh, yang letaknya mengelilingi Kawah Rengganis. Adapula obyek wisata baru di sekitar Kawah Rengganis yakni Rengganis Suspension Bridge yang diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. 

Mengutip laman Instagram @rengganissuspensionbridge, harga tiket masuk ke Kawah Rengganis sebesar Rp 15.000 per orang. 

Wisatawan juga bisa membeli paket tiket masuk Kawah Rengganis dan Rengganis Suspension Bridge sebesar Rp 70.000 per orang. 

Obyek wisata ini mencakup enam klaster yang menawarkan beragam aktivitas. Mengutip Kompas.com (7/11/2020), obyek wisata ini dikelilingi hutan pinus sehingga udaranya sejuk.

Selain hutan pinus, area wisata seluas 4,5 hektar ini memiliki atraksi Wisata Alam Singkur hingga Sungai Palayangan. 

Harga tiket masuk khusus untuk hutan pinus Rahong termasuk ramah di kantong yakni Rp 10.000 per orang. Namun, harga tiket itu tidak termasuk akses ke atraksi wisata lainnya. 

Sementara, tarif parkir roda dua sebesar Rp 5.000 dan parkir roda empat sebesar Rp 10.000.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/18/160400527/9-wisata-murah-di-bandung-selatan-harga-tiket-di-bawah-rp-20.000-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke