Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Barang yang Sering Lupa Dibawa oleh Pelaku Perjalanan

KOMPAS.com - Liburan bisa menjadi momen yang menyenangkan, namun bisa juga menjadi momen yang memusingkan bila wisatawan lupa membawa sejumlah barang. 

Paspor, misalnya, menjadi dokumen penting yang harus dibawa saat ke luar negeri. Ada juga tisu basah yang sering dianggap tidak penting, namun berguna jika ingin membersihkan sejumlah area, contohnya alas makan di pesawat. 

  • Naik Pesawat Bikin Mudah Lelah? Ternyata Ini Sebabnya
  • Apakah Aman Naik Pesawat Terbang Saat Hujan? Simak Jawabannya

Terkait hal itu, beberapa awak kabin mengungkapkan barang-barang apa saja yang kerap lupa dibawa oleh pelaku perjalanan. Berikut selengkapnya:

Salah seorang awak kabin SkyWest Airlines, Steven Daniel, mengatakan, ia kerap mendengar penumpang pesawat yang mengeluh lantaran lupa membawa payung atau jas hujan ketika mendarat di destinasi yang tengah diguyur hujan.

"Sebagai awak kabin, saya tidak pernah tahu kota atau negara bagian yang mungkin akan saya kunjungi selanjutnya karena jadwal saya cepat berubah. Saya selalu bersiap diri dengan membawa barang-barang untuk segala cuaca," terang Daniel, dikutip dari Thrillist. 

Ia juga menganjurkan pelaku perjalanan untuk mengecek ramalan cuaca destinasi yang dituju terlebih dahulu, serta membawa payung yang berukuran kecil agar tidak memakan tempat. 

Pengisi daya portabel atau power-bank juga menjadi salah satu barang yang sering lupa dibawa.

"Saya sarankan (pelaku perjalanan) untuk membawa sedikit satu pengisi daya per setiap alat elektronik yang dibawa ke dalam pesawat, ditambah satu pengisi daya portable untuk berjaga-jaga slot USB di tempat duduk, rusak," tutur awak kabin lainnya bernama Madison Vogelsang dari Planet 9. 

Keberadaan tisu basah, termasuk tisu basah disinfektan dan anti-bakteri, cukup penting saat bepergian, apalagi setelah pandemi Covid-19 melanda. 

Dilansir dari Insider, tisu ini bisa digunakan untuk membersihkan permukaan yang kerap disentuh manusia, salah satunya alas makan di pesawat.

Tisu ini juga berguna membersihkan tangan setelah menyentuh permukaan lainnya, misalnya pegangan saat menaiki eskalator dan tombol lift.

Power adapter atau travel adapter jadi salah satu benda yang wajib dibawa, khususnya saat bepergian ke luar negeri, agar pelaku perjalanan bisa mengisi daya barang-barang elektronik yang dibawa. 

Meski travel adapter apa pun umumnya bisa digunakan, namun travel adapter yang paling diminati awak kabin adalah universal travel adapter karena lebih multifungsi dan kompatibel.

Namun, dikutip dari The Travel, biasanya universal travel adapter memiliki ukuran yang lebih besar atau berat. 

https://travel.kompas.com/read/2023/01/09/104828727/4-barang-yang-sering-lupa-dibawa-oleh-pelaku-perjalanan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke