Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Desa Wisata Coal Dukung Side Event KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Ikut Ramaikan Pasar Rakyat

LABUAN BAJO,KOMPAS.com – Desa Wisata Coal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, bersama kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Porong mendukung acara Pasar Rakyat di Labuan Bajo yang merupakan side event KTT ASEAN 2023.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. 

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo bersama Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina turut hadir melihat secara langsung pameran produk ekonomi kreatif dari 67 UMKM yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dapur Bukit Porong dari Desa Wisata Coal

Salah peserta Pasar Rakyat adalah Dapur Bukit Porong yang dikelola Kelmpok Sadar Wisata Bukit Porong dari Desa Wisata Coal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat.

Pada kesempatan itu, Angela membeli produk Dapur Bukit Porong, yaitu kopi ntala dan snack rebok (Makanan tradisional Manggarai).

Dalam kesempatan itu, Wakil Menteri menyampaikan apresiasi dan selamat untuk Desa Wisata Coal-Bukit Porong yang lolos 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2023).

 

Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina juga ikut membantu menjelaskan seputar wisata apa saja yang ada di Bukit Porong.

"Saya bersama rombongan sudah pernah mengunjungi Bukit Porong dan menginap di homestay. Masyarakatnya ramah, peduli dengan pengelolaan desa wisata. Kami menikmati atraksi budaya natas labar (halaman bermain), tour uma duat (kebun untuk kerja) atau wisata kebun kopi, alam yang sejuk, dan sunrise-nya indah sekali," jelasnya.

Media Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mewawancarai ketua pengelola Desa Wisata Coal, Rhony Sumarno.

"Kami juga sudah menyelenggarakan Festival Budaya Natas Labar di Bukit Porong pada bulan April 2023 sebagai bentuk dukungan kami untuk mengsuksekan penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo," kata dia kepada Kompas.com, Senin (8/5/2023).

Acara Labuan Bajo Street Carnival (Pasar Rakyat) dimeriahkan oleh guest star Mukarakat dan juga berbagai pertunjukan tarian, stand up comedy, musik band, dan Live Dj.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/09/080800427/desa-wisata-coal-dukung-side-event-ktt-asean-2023-di-labuan-bajo-ikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke