Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Pantai Karang Tirta: Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket, Fasilitas

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat punya beragam destinasi wisata bahari yang menarik, salah satunya Pantai Karang Tirta.

Meski namanya pantai, obyek wisata satu ini menyajikan beberapa pemandangan alam dalam satu tempat. Satu sisi adalah pantai, sedangkan sisi lainnya diisi oleh laguna, muara, dan hutan bakau. 

"Di sini juga bisa dapat beberapa obyek, ada pantai, hutan bakau, laguna, wisata muara," ujar petugas retribusi bernama Jeni, yang menemani Kompas.com berkeliling, Kamis (13/4/2023).

  • 4 Aktivitas di Pantai Karang Tirta Pangandaran, Bisa Santai Lihat Sunset
  • 20 Tempat Wisata di Pangandaran, Pantai hingga Akuarium Raksasa 

Pantai Karang Tirta belum sepopuler beberapa destinasi pantai lainnya di Pangandaran, karena termasuk baru direvitalisasi.

Jadi, wajar kalau area ini masih cukup sepi dari kunjungan wisatawan, sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin leluasa healing dan menghindari keramaian, terutama jika datang saat hari kerja.

Lokasi Pantai Karang Tirta

Dalam satu kawasan, terdapat wisata Pantai Karang Tirta dan obyek wisata Tanjung Cemara Karang Tirta yang berada di satu area.

Alamat tepatnya adalah di Dusun Cipari, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. 

Dari tugu bundaran Marlin Pangandaran, jaraknya 8 km jika menggunakan motor dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Kalau menggunakan mobil, jaraknya 12 km dengan waktu tempuh 20 menit. 

Untuk menuju Pantai Karang Tirta, pengunjung bisa melewati jalan utama atau pintu masuk dari kawasan Pantai Batu Hiu yang berjarak sekitar 1 km. 

Jeni mengatakan, kawasan Tanjung Cemara Karang Tirta buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Adapun untuk pengunjung yang ingin berkemah aksesnya bisa 24 jam.

"Bukanya dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore, kalau bukan buat yang mau camping. Kalau yang camping bisa 24 jam," tutur dia.

Namun, untuk beberapa sarana prasarana seperti warung makan dan petugas yang berjaga di tempat flying fox, sepertinya tidak selalu buka mengikuti waktu operasional. 

Sebab, saat Kompas.com berkunjung pada Kamis (13/4/2023) pagi di bulan puasa, fasilitas tersebut nampak tutup dan sepi. 

"Biasanya sih orang-orang sini datang bawa bekal ya. Ada warung tapi agak jauh dari sini, di ujung," ujar Jeni. 

Harga tiket masuk Pantai Karang Tirta

Untuk masuk ke Pantai Karang Tirta, wisatawan yang melewati pintu masuk Pantai Batu Hiu hars membayar retribusi yang dikelola resmi oleh pemerintah daerah. 

Berikut rincian tiket masuk Pantai Karang Tirta:

Setelah masuk, wisatawan yang menuju Pantai Karang Tirta juga dikenakan biaya parkir jika membawa kendaraan. 

"Motor Rp 5.000, mobil Rp 15.000 kalau parkir. Tapi per orangnya enggak kena," kata Jeni. 

Adapun untuk beberapa aktivitas seperti flying fox, harganya Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk dewasa. 

Selain kegiatan itu, wisatawan juga bisa memancing, naik perahu, mencari biota laut di pinggir pantai, piknik, hingga berkemah menikmati matahari terbenam. 

Di sekitar pantai ini juga terdapat hutan kecil yang ditanami berbagai jenis tumbuhan. Sehingga, suasana menjadi lebih teduh dan asri, cocok untuk bersantai bersama teman ataupun keluarga. 

Selain itu, banyak spot foto yang Instagramable. Wisatawan bisa memilih untuk foto di sejumlah area seperti ayunan dan saung di dekat pantai, jembatan di hutan bakau, ataupun laguna dan muara yang cantik.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/10/111400427/wisata-pantai-karang-tirta--lokasi-jam-buka-harga-tiket-fasilitas

Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke