Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Edukasi di Jakarta, Cocok Buat Libur Sekolah 

KOMPAS.com - Musim libur sekolah sebentar lagi akan tiba. Biasanya, liburan diisi dengan mengunjungi tempat-tempat wisata.

Tapi, tidak ada salahnya datang ke tempat wisata edukasi. Jadi, selain melepas penat, kamu bisa belajar hal-hal baru yang belum dipelajari di sekolah.

Jika kamu berada di ibu kota, ada sejumlah tempat wisata edukasi di Jakarta yang bisa menjadi opsi liburan. Mulai dari museum, ruang kreatif, dan galeri.

Wisata edukasi di Jakarta

Berikut rekomendasi wisata edukasi di Jakarta, seperti dihimpun Kompas.com. Ada sejumlah tempat wisata edukasi di Jakarta yang baru buka serta viral di media sosial. 

Tempat wisata yang berada di Plaza Indonesia ini menawarkan beragam aktivitas hiburan sekaligus mengasah kemampuan seni.

Mengutip Kompas.com (11/5/2023), sejumlah aktivitas di Ganara Art antara lain melukis, membuat tembikar, mengunjungi galeri seni, ikut kelas seni, dan berfoto di spot instagramable.

Ganara Art Plaza Indonesia berlokasi di lantai 6 Mal Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Tempat wisata edukasi dan seni ini, buka setiap hari, mulai pukul 10.00-21.00 WIB. 

Museum Tekstil memiliki 2.500 koleksi tekstil dari seluruh Indonesia. Jadi, kamu bisa belajar karya seni tekstil dari seluruh Nusantara, seperti  batik, songket, tenun, hingga berbagai macam selendang. 

Mengutip Kompas.com (20/5/2023), musuem yang diresmikan pada 1976 ini, berada di lokasi strategis di pusat Jakarta, tidak jauh dari Stasiun Tanah Abang.

Selain melihat koleksi tekstil, kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata edukasi ini antara lain ikut kelas membatik, fitting baju menggunakan AI, membaca buku, hingga piknik di halaman museum.

Tempat wisata yang viral ini cocok buat penggemar barang-barang seni. Mulai dari patung, lukisan, dan benda seni kuno internasional dipajang di Galeria Sophilia.

Mengutip Kompas.com (14/5/2023), galeri seni ini berlokasi di lantai 6 dan lantai 7 Calvin Tower, di kompleks Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII), Pademangan Timur, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pada lantai 6, pengunjung bisa menemukan replika patung dan lukisan klasik karya seniman terkenal dari Eropa yang terbagi menjadi beberapa era. Mulai dari karya Leonardo Da Vinci, Pablo Picasso, Vincent van Gogh, Goya, Raphael, hingga Claude Monet dapat ditemukan di sini

Sementara, lantai 7 berisi koleksi barang-barang kuno dan antik asal China, seperti lukisan, guci, keramik, porselen, tembikar, vas, piring, lonceng, hingga patung berusia sampai 500 tahun lalu.

Jam buka Galeria Sophilia hanya setiap hari Minggu, pukul 12.00 hingga 15.00 WIB. Tiket masuk dibanderol Rp 0 hingga Rp 100.000 per orang tergantung usia, dan bisa dibeli langsung di tempat.

Mengisi liburan, kamu bisa sembari belajar sejarah uang rupiah di Museum Bank Indonesia. Museum ini berada di  kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Beberapa koleksi di Museum Bank Indonesia antara lain, uang kerajaan di Nusantara, perkembangan uang dari masa kolonial hingga sekarang, transformasi logo Bank Indonesia, dan sebagainya.

Pengunjung juga bisa melihat miniatur Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), atau kongsi dagang milik Belanda. Bangunan museum memiliki arsitektur gaya neoklasik. 

Saat berkunjung ke Museum Kebangkitan Nasional, kamu bisa sekaligus belajar mengenai lahirnya organisasi perjuangan Budi Oetomo. 

Mengutip Kompas.com (14/5/2023), Museum Kebangkitan Nasional dulunya adalah gedung yang digunakan para pelajar Stovia, yaitu sekolah pendidikan dokter pribumi di Batavia (sekarang Jakarta) pada zaman Belanda.

Oleh sebab itu, kamu akan menemukan koleksi alat kesehatan di museum ini, seperti dikutip dari. Selain koleksi alat kesehatan, kamu bisa melihat asrama pelajar Stovia dan berfoto.

Museum Kebangkitan Nasional dapat dikunjungi oleh masyarakat umum setiap hari kecuali Senin dan libur nasional.

Ingin liburan tapi cuaca tengah terik? Kamu bisa datang ke Museum MACAN yang berada di dalam ruangan atau indoor.

Museum MACAN atau The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara adalah salah satu museum dengan koleksi karya seni modern di Jakarta.

Mengutip Kompas.com, (25/03/2022), pengunjung bisa melihat beragam karya seni di Museum MACAN. Salah satu yang paling terkenal adalah karya dari perupa ternama asal Jepang, Yayoi Kusama. 

Lokasi Museum MACAN berada di AKR Tower, Jalan Perjuangan Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Wisata edukasi indoor lainnya di Jakarta adalah Jakarta Aquarium & Safari (JAQS). Wisata edukasi ramah anak ini berada di dalam Mal Neo SOHO, Jakarta Barat.

Mengutip Kompas.com (08/04/2022), Jakarta Aquarium & Safari merupakan akuarium dalam ruangan terbesar di Indonesia. Obyek wisata ini merupakan hasil kolaborasi antara Taman Safari Indonesia dengan Aquaria KLCC Malaysia. 

Pengunjung bisa menemukan sekitar 3.500 spesies satwa akuatik maupun non akuatik di Jakarta Aquarium & Safari.

Selain melihat aneka satwa di Jakarta Aquarium & Safari, wisatawan tentunya bisa berjalan-jalan di pusat perbelanjaan Neo SOHO, Central Park, dan Mal Taman Anggrek yang lokasinya berdekatan

Jika tertarik dengan sejarah kepolisian di Indonesia, kamu bisa mengunjungi Museum Polri Jakarta. Alamatnya ada di Jalan Trunojoyo Nomor 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lokasinya persis di sebelah Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri). Museum ini terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi secara gratis

Mengutip Kompas.com (26/12/2023), pengunjung bisa menemukan koleksi atribut kepolisian. Selain itu, tersedia media interaktif berupa penjelasan seputar teknis otopsi oleh polisi.

Kamu juga bisa melihat dokumentasi kasus terorisme yang pernah terjadi di Indonesia, salah satunya peristiwa bom Bali 1.

Museum Fatahillah berada di kawasan Kota Tua. Mengutip Kompas.com (26/3/2023), museum ini dulunya merupakan kantor Wali Kota Batavia pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Ada berbagai kegiatan dan koleksi di museum yang sudah berdiri sejak 1710 ini.

Beberapa koleksi di Museum Fatahillah yang menarik, antara lain  maket denah Batavia pada masa pemerintahan Hindia Belanda, ruang sidang, dan aneka lukisan di setiap lantai.

Di balik megahnya gedung Museum Fatahillah, terdapat penjara bawah tanah tempat tawanan pada masa pemerintahan Belanda ditahan. Penjara bawah tanah itu terbagi dua area terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

Basoeki Abdullah merupakan salah satu maestro lukis Indonesia. Jika kamu ingin mengenang karyanya, bisa berkunjung ke Museum Basoeki Abdullah di Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Mengutip Kompas.com (29/3/2023), bangunan museum merupakan rumah satu maestro lukis tersebut, yang kemudian direnovasi menjadi museum dengan tambahan sebuah gedung di sampingnya.

Selain karya lukis sang maestro, kamu bisa menemukan koleksi pribadi lainnya seperti topeng, patung, wayang, senjata, buku-buku, hingga pakaian yang dikenakan sehari-hari.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/28/233516127/10-wisata-edukasi-di-jakarta-cocok-buat-libur-sekolah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke