Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Pantai di Biak Numfor Papua, Cocok untuk Berenang dan Snorkeling

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk menikmati perairan di Kabupaten Biak, Papua. Kamu bisa menyelam (diving), snorkeling, berenang, atau sekadar menikmati suara ombak di tepi pantai.

Biak juga memiliki pantai yang tidak kalah dengan daerah terkenal lainnya di Papua, salah satunya Raja Ampat.

  • 3 Air Terjun di Kabupaten Biak Numfor, Tak Jauh dari Pusat Kota
  • 3 Spot Diving di Biak Numfor Papua, Bisa Lihat Bangkai Pesawat

"Kami juga ada pantai yang tidak kalah indah dengan daerah lain," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Biak Numfor, Imelda kepada Kompas.com saat pameran Deep and Extreme Indonesia, Kamis (1/6/2023).

Jika berniat menjelajahi pantai di Biak, ada beberapa yang lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota. Berikut selengkapnya:

Wisatawan yang ingin snorkeling bisa mengunjungi Pantai Segara Indah. 

Bila ingin sekadar bersantai atau bermain air, pantai ini juga cocok karena memiliki hamparan pasir putih dan ombak yang relatif tenang, dilansir dari laman Wisata Biak.

Lokasi Pantai Segara Indah tidak terlalu jauh dengan Pasar Bosnik atau sekitar 950 meter. Sementara itu, dari Kota Biak, jaraknya sekitar 20 kilometer (km) dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit.

Salah satu daya tarik Pantai Samber adalah dermaga kecil yang menjorok ke laut. Dermaga ini kerap dijadikan latar foto oleh wisatawan.

Terletak di Distrik Yedidori, Pantai Samber berjarak sekitar 26 km atau hampir 40 menit perjalanan dari pusat Kota Biak.

Pantai ini memiliki pasir putih dan kedalaman laut yang dangkal sehingga cocok dijadikan tempat bermain air dan berenang. Kamu bisa santai di tepi pantai ataupun menyewa pondok kecil sebagai tempat beristirahat.

Pantai Anggopi terletak di Kampung Anggopi di Distrik Oridek. Dari pusat Kota Biak, jaraknya sekitar 30 km dengan waktu tempuh lebih-kurang 46 menit.

Pantai Anggopi memiliki hamparan pasir putih dan perairan yang kerap dijadikan spot berenang. Di tepi pantai juga ada sejumlah pondok yang bisa disewa.

Salah satu keunikan Pantai Anggopi yakni keberadaan kolam air tawar yang berasal dari mata air di pantai tersebut.

Pantai Marauw menempati lahan yang dulunya bangunan Hotel Marauw. Hotel bintang empat tersebut saat ini sudah rata dengan tanah.

Lokasi pantai ini di Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor. Dari pusat Kota Biak, jaraknya kira-kira 25 km dengan durasi perjalanan sekitar 45 menit.

Pantai ini cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menyelam, khususnya di spot penyelaman Marauw Point yang letaknya tidak jauh dari garis pantai.

Pantai Anggaduber berjarak tidak terlalu jauh dari Pantai Anggopi atau sekitar 2,1 km dengan waktu tempuh sekitar lima menit. Bila dari pusat Kota Biak, jaraknya kira-kira 32 km dengan durasi perjalanan sekitar 50 menit.

Lokasi pantai berpasir putih ini ada di Kampung Anggaduber, Distrik Biak Timur. Kampung Anggaduber merupakan salah satu kawasan konservasi di Kabupaten Biak Numfor.

Pantai Anggaduber cocok jadi tempat berenang, bermain air, dan menyelam. Tidak jauh dari garis pantai terdapat dua spot menyelam yaitu Anggaduber I dan Anggaduber II Point.

Pantai Wari cocok dijadikan tempat berenang atau bermain air karena memiliki ombak yang tenang.

Lokasinya ada di Kampung Waromi, Distrik Biak Utara. Jaraknya sekitar 45 km atau kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat Kota Biak.

Selain berenang, wisatawan juga bisa snorkeling guna menikmati pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan.

Kamu juga bisa bersantai di tepi pantai karena pasirnya dinilai halus dan di sekitarnya ditumbuhi pepohonan.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/10/135527627/6-pantai-di-biak-numfor-papua-cocok-untuk-berenang-dan-snorkeling

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke