Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Perpustakaan di Jakarta, Nyaman dan Estetis

KOMPAS.com - Mampir ke perpustakaan tak cuma bagi mereka yang hendak membaca buku atau mengerjakan tugas tertentu, tapi juga bisa menjadi ide menarik untuk menepi sejenak.

Di Jakarta, ada beberapa perpustakaan yang tak cuma tenang dan nyaman, tetapi juga estetis. Bahkan, di beberapa perpustakaan, pengunjungnya sengaja datang jauh-jauh hanya untuk merasakan pengalaman membaca yang unik sekaligus berfoto.

Berikut sejumlah perpustakaan di Jakarta yang estetis dan nyaman untuk disinggahi.

Tak hanya memiliki koleksi yang lengkap, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia juga disebut sebagai perpustakaan tertinggi di dunia, yang menjulang setinggi 126,3 meter dan terdiri 27 lantai dengan tiga lantai berada di ruang bawah tanah, seperti dikutip dari Kompas.com (31/5/2023).

Selain membaca buku, pengunjung Perpusnas RI juga bisa menonton film, nongkrong di kafe, dan melihat pemandangan Jakarta dari ketinggian.

Lokasi perpustakaan ini ada di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Jakarta Pusat.

Jam buka Perpusnas untuk Senin sampai Jumat adalah pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Sementara saat akhir pekan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Jika sedang berada di sekitar Jakarta Selatan, mampir ke Baca di Tebet bisa menjadi pilihan.

Koleksi buku yang berderet memenuhi lemari hingga nyaris menyentuh langit-langit bakal menjadi pemandangan yang cantik bagi para pehobi baca.

Kursi kayu dan meja lawas yang ada di sana juga menambah kenyamanan bak membaca di rumah sendiri.

Perpustakaan ini cocok bagi pencari ketenangan karena tersedia silent room alias ruang sunyi, di mana pengunjung tidak diperkenankan berbicara secara langsung maupun virtual.

Untuk mampir ke Baca di Tebet, pengunjung bisa mendaftarkan tiket harian pada hari yang sama dengan hari pemesanan.

Dikutip dari situs resminya, tarif pendaftaran Rp 35.000 per orang per hari. Namun jika datang lebih sering, bisa memilih pendaftaran per bulan atau tahunan.

Lokasi Baca di Tebet ada di Jalan Tebet Barat Dalam Raya Nomor 29, Jakarta Selatan.

Jam bukanya Selasa-Kamis, dan Minggu pukul 10.00-18.00 WIB. Sementara pada Jumat dan Sabtu buka pukul 12.30-20.30 WIB.

Perpustakaan di Taman Ismail Marzuki (TIM) hadir pada Juli 2022 setelah kompleks tersebut rampung direvitalisasi, seperti dikutip dari Kompas.com (8/10/2022).

Selain membaca buku, beberapa pengunjung sengaja mampir karena perpustakaan ini punya desain interior yang estetis.

Berdasarkan informasi dari Instagram resminya, koleksi di Perpustakaan Jakarta mencapai sekitar 38.000 judul buku dan terdiri dari kurang lebih 190.000 eksemplar. 

Untuk berkunjung, kita hanya perlu melakukan reservasi melalui perpustakaan.jakarta.go.id.

Perpustakaan Cikini atau Perpustakaan TIM berlokasi di Kompleks TIM, Jalan Cikini Raya Nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat.

Perpustakaan Erasmus Huis berada di dalam kompleks Kantor Kedutaan Belanda untuk Indonesia. Koleksinya mencapai sekitar 15.000 yang terdiri dari buku, koran, dan majalah.

Buku yang disediakan juga beragam mulai dari literatur Belanda hingga sejarah Indonesia. Selain itu juga ada berbagai macam buku seni budaya Belanda dan Indonesia serta buku anak-anak berbahasa Inggris dan Indonesia.

Untuk membaca di perpustakaan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Lokasinya ada di Kantor Kedutaan Belanda untuk Indonesia, Jalan H. R. Rasuna Said Nomor 3, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Jam bukanya selama Selasa-Sabtu adalah pukul 10.00-16.00 WIB. Sementara Senin, Minggu, dan hari libur nasional perpustakaan ini tutup.

Perpustakaan tak sekadar menjadi tempat membaca buku atau mencari ketenangan, tetapi juga untuk mempelajari budaya.

Di perpustakaan Goethe Institut, misalnya, pengunjung bisa mempelajari budaya Jerman lewat berbagai jenis media.

Dikutip dari Kompas.com (30/3/2022), terdapat sekitar 5.000 koleksi buku dan majalah di sana, termasuk buku dan majalah berbahasa Jerman, novel berbahasa Indonesia dan Inggris, buku nonfiksi, dan lainnya.

Ada pula banyak materi aktual untuk latihan dan persiapan ujian bahasa Jerman.

Di sini, pengunjung juga bisa mermain gim, menonton film, dan mendengarkan lagu berbahasa Jerman.

Lokasi Goethe Institut ada di Jalan Sam Ratulangi Nomor 9-15, Menteng, Jakarta Pusat.

Kunjungan ke perpustakaan ini gratis. Jam bukanya mulai pukul 11.00 WIB untuk Senin-Minggu. Sementara jam tutup Senin-Jumat pukul 21.00 WIB, Sabtu pukul 19.00 WIB, dan Minggu pukul 15.00 WIB.

Pilihan perpustakaan di Jakarta lainnya yang tak kalah estetis dan nyaman adalah perpustakaan di Freedom Institute.

Dikutip dari Tribunnews, perpustakaan umum ini diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono, pada Oktober 2010.

Di perpustakaan yang populer di kalangan pelajar dan mahasiswa ini, pengunjung bisa menemukan beragam koleksi buku, termasuk bidang politik, hubungan internasional, sastra, dan filsafat.

Ada pula kliping majalah internasional dan koleksi jurnal ilmiah.

Berkunjung ke perpustakaan ini gratis. Namun, pengunjung yang baru pertama kali datang perlu menunjukkan kartu identitas untuk dibuatkan kartu anggota.

Perpustakaan di Freedom Institute buka Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB, menurut situs resminya.

Lokasinya ada di Wisma Bakrie, Jalan HR Rasuna Said Nomor Kavling B-1, Kuningan, Jakarta Selatan.

Secara lokasi, OMAH Library berada di dekat perbatasan Jakarta Barat dan Tangerang, Banten. Namun, pencinta buku sebaiknya tak melewatkan kunjungan ke perpustakaan nan estetis ini.

Tak heran jika interior perpustakaan ini begitu cantik. Sebab, OMAH atau On Meeting Architecture Hub Library adalah perpustakaan pribadi milik seorang arsitek dari RAW Architecture bernama Realrich Sjarief.

Di sini, tersedia sekitar 10.000 lebih koleksi buku, yang sebagian besarnya bertema arsitektur. Selain itu, ada juga buku-buku lain seperti fiksi, pengembangan diri, sampai komik, seperti dikutip dari Kompas.com (30/5/2023).

Lokasi OMAH Library ada di dalam kompleks perumahan Taman Villa Meruya, Karang Tengah, Tangerang, Banten. 

Jam bukanya terbagi menjadi tiga sesi waktu kunjungan. Ada Sesi 1 (pukul 10.15-12.15 WIB), Sesi 2 (pukul 16.00-18.00 WIB), dan Sesi 3 (pukul 18.45-20.45 WIB). 

Untuk berkunjung, kita bisa melakukan reservasi secara online melalui bio Instagram OMAH Library. Saat melakukan proses reservasi, pengunjung dapat memberikan donasi mulai Rp 30.000.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/23/094810527/7-perpustakaan-di-jakarta-nyaman-dan-estetis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke