Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Merak Banten

Penumpang yang turun di stasiun ini, bisa singgah sejenak di tempat wisata dekat Stasiun Merak. Pengunjung akan menjumpai jajaran pantai yang indah maupun kawasan perbukitan.

  • Harga Tiket Kapal Laut Merak-Bakauheni Terbaru
  • Panduan Menuju Pulau Merak, Mutiara Cilegon

Stasiun Merak melayani kereta api commuter line rute Stasiun Rangkasbitung-Stasiun Merak, dan sebaliknya.

Wisata dekat Stasiun Merak

Kompas.com merangkum wisata dekat Stasiun Merak Banten sebagai berikut. 

1. Tikungan Pantai Merak

Saat berada di Merak, sempatkan diri untuk menyaksikan Pelabuhan Merak yang menjadi ikon Merak. Tak perlu menuju pelabuhan, kamu bisa menyaksikan lalu lalang kapal di Pelabuhan Merak dari Tikungan Pantai Merak.

Jaraknya dari Stasiun Merak sekitar 2 kilometer (km) atau 5 menit berkendara. Tepatnya di Jalan Pelabuhan Merak Nomor 4, Mekasari, Kecamatan  Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Selain Pelabuhan Merak, pengunjung bisa menyaksikan kawasan industri Cilegon dari lokasi ini. Wisatawan juga bisa menemukan beragam kuliner kaki lima di lokasi ini.

2. Bukit Batu Gambir 

Obyek wisata ini berupa perbukitan batu yang berlokasi di Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Jaraknya dari Stasiun Merak sekitar 5,3 km atau 18 menit berkendara.

Bukit Batu Gambir dikelilingi dengan ilalang dan pepohonan sehingga cocok buat spot foto. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat pemandangan Pelabuhan Merak serta lautan lepas.

Bebatuan di Bukit Batu Gambir berwarna hitam pekat sehingga menambah kesan eksotis obyek wisata ini. Sebelum berkunjung, siapkan fisik yang prima karena wisatawan perlu mendaki bukit.

Untuk menuju Pulau Merak Besar, wisatawan perlu menempuh perjalanan darat dari Stasiun Merak, sekitar 1,6 km kemudian lanjut menyeberang sekitar 10-15 menit.

Melansir laman Tourist Information Center, Pulau Merak Besar berfungsi sebagai hutan lindung yang menahan gelombang air laut ke Pelabuhan Merak. Uniknya, di Pulau Merak Besar wisatawan bisa melihat situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada 1883 silam.

Pulau Merak Besar cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-sehari. Selain menikmati panorama laut biru, kamu bisa berenang, camping, berfoto, dan sebagainya di Pulau Merak Besar.

Selain Pulau Merak Besar, wisatawan juga bisa menjumpai Pulau Merak Kecil yang lokasinya berdekatan. Dari Stasiun Merak, wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 2 km atau 7 menit berkendara, dilanjutkan menyeberang selama 5 menit.

Pulau Merak Kecil memiliki pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut biru jernih.

Mengutip Kompas.com (20/5/2019), Pulau Merak Kecil merupakan destinasi favorit wisatawan karena waktu penyeberangan cukup singkat.

Dari Pulau Merak Kecil, wisatawan bisa melihat Pulau Jawa dan lautan lepas yang menawan. Secara administratif, Pulau Merak Kecil masuk dalam wilayah Kota Cilegon.

  • 10 Tempat Wisata Cilegon yang Hits, Cocok buat Liburan
  • 5 Tempat Wisata Wajib Mampir saat Kamu Mudik ke Cilegon

5. Wisata Alam Batu Kupel

Wisata Alam Batu Kupel merupakan kawasan perbukitan yang berada di  Mekarsari, Pulomerak, Cilegon, Banten. Dari Stasiun Merak, wisatawan bisa menempuh perjalanan sekitar 5,1 km atau 13 menit berkendara.

Dari puncak bukit, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, serta lautan lepas. Jangan lupa siapkan stamina, karena pengunjung perlu mendaki bukit untuk sampai ke puncak.

Pantai ini memang tidak seluas pantai lainnya. Namun, Pantai Lebak Gede memiliki daya tarik yaitu pemandangan kawasan industri Cilegon dan Pelabuhan Merak dari tepi pantai sehingga selalu ramai wisatawan.

Pantai ini berada di Desa Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Dari Stasiun Merak, wisatawan bisa menempuh jarak 3,9 km atau sekitar 10 menit berkendara.

Akses ke Pantai Lebak Gede cukup mudah. Dari jalan raya, wisatawan hanya perlu berjalanan kaki melewati jalan desa menuju kawasan pantai.

Pantai Mabak merupakan salah satu pantai populer di Kota Cilegon. Lokasinya berada di Mekarsari, Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, atau sekitar 1,5 km dari Stasiun Merak.

Melansir dari laman Tourist Information Center, daya tarik Pantai Mabak adalah air laut jernih yang berwarna perpaduan antara hijau dengan biru, sehingga terlihat cantik.

Selain itu, wisatawan bisa menyaksikan Pulau Merak Kecil dari lokasi Pantai Mabak. Saat sore hari tiba, puluhan orang akan berjajar di sepanjang pantai untuk menunggu pemandangan sunset.

8. Pantai Merak 

Untuk menuju Pantai Merak, akses wisatawan adalah melalui Hotel Pantai Merak. Jaraknya dari Stasiun Merak sekitar 2,3 km atau 5 menit berkendara.

Tepatnya di Jalan Raya Pelabuhan Merak Nomor 65, Mekarsari, Kota Cilegon.

Sesuai namanya, hotel ini mencakup kawasan Pantai Merak, seperti dikutip dari Tribun Banten. Pengunjung diperbolehkan rekreasi di pantai tanpa harus menginap, cukup dengan memabayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Dari lokasi Pantai Merak ini, wisatawan bisa menyaksikan lautan lepas, kapal hilir mudik di Selat Sunda, dan panorama sunset yang menawan. Pihak hotel menyediakan  banyak tempat duduk di pinggir pantai bagi pengunjung.

  • 7 Wisata di Jalur Mudik Trans Jawa, dari Cilegon hingga Batang
  • Hotel Terbaru di Cilegon Banten dengan Kamar Berteknologi Modern

9. Bukit Teletubbies 

Apakah kamu ingin menyaksikan keindahan Selat Sunda dari ketinggian? Maka, sempatkan berkunjung ke Bukit Teletubbies saat berkunjung ke Merak.

Bukit Teletubbies berada di kawasan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Dari Stasiun Merak, wisatawan perlu menempuh jarak 8,5 kilometer atau sekitar 23 menit berkendara.

Dari atas bukit, pengunjung bisa menikmati pemandangan Pelabuhan Merak, Selat Sunda, dan lautan lepas. Untuk menuju puncak bukit, wisatawan harus mendaki dulu sekitar 30 menit.

Watu Lawang atau Batu Lawang adalah spot favorit untuk menikmati pemandangan kawasan Cilegon dari ketinggian. Dari Stasiun Merak, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 12 km atau 30 menit berkendara.

Obyek wisata ini lokasinya di Kelurahan Gerem, Merak, Kota Cilegon. Dari puncak bukit, wisatawan bisa melihat hamparan perbukitan hijau, Kota Cilegon, serta kawasan industri di sepanjang bibir pantai, berdasarkan informasi dari Dinas Pariwisata Banten.

Kamu juga bisa melihat siluet Gunung Pinang, menara Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng, dan siluet Gunung Karang. Ikon Batu Lawang adalah dua batu besar yang berdampingan, sehingga membentuk celah menyerupai pintu.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/24/174000427/10-tempat-wisata-dekat-stasiun-merak-banten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke