Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Wisata Dekat Stasiun LRT Dukuh Atas, Banyak Tempat Nongkrong

KOMPAS.com - LRT Jabodebek resmi beroperasi untuk umum pada hari ini, Kamis (28/8/2023). Moda transportasi massa ini akan melayani penumpang dari Cibubur dan Bekasi ke Jakarta, dan sebaliknya.

Sembari menjajal moda transportasi anyar ini, masyarakat bisa berkunjung ke sejumlah tempat wisata dekat stasiun LRT. Untuk diketahui, LRT Jabodebek memiliki dua rute, yakni Cibubur Line (blue line) dan Bekasi Line (green line).

  • Rute LRT Jabodebek dan Tarifnya, Masyarakat Bisa Naik Mulai Hari Ini 
  • Naik LRT Jabodebek ke Stasiun Gambir dan Pasarsenen, Bisa Lanjut TransJakarta

Cibubur Line melayani rute Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Selatan ke Stasiun LRT Harjamukti, Cibubur. Sedangkan, Bekasi Line melayani rute Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Selatan ke Stasiun LRT Jatimulya, Bekasi.

Pada masa operasional awal, LRT Jabodebek menawarkan harga tiket promo, yakni Rp 5.000 per orang untuk semua rute perjalanan, dekat maupun jauh. Tarif promo ini berlaku selama satu bulan ke depan, sampai dengan akhir September 2023.

Stasiun Dukuh Atas merupakan stasiun awal sekaligus pemberhentian terakhir LRT Jabodebek, baik Cibubur Line maupun Bekasi Line. Stasiun ini berlokasi di Jalan Setia Budi Tengah, Kuningan, Jakarta Selatan.

Lokasinya berdekatan dengan pemberhentian moda transportasi massa lainnya, yakni KRL Commuter Line, MRT, kereta bandara Soekarno-Hatta, dan Transjkarta. Masyarakat juga bisa menjumpai sejumlah tempat wisata dekat Stasiun LRT Dukuh Atas.

Kompas.com merangkum tempat wisata dekat Stasiun LRT Dukuh Atas sebagai berikut.

Terowongan Kendal adalah terowongan yang menghubungkan Stasiun KRL Sudirman dengan Stasiun BNI City. Lokasi ini cukup terkenal sebagai tempat nongkrong di daerah Jakarta Selatan.

Terowongan Kendal sempat viral karena fenomena Citayam Fashion Week beberapa waktu lalu. Kamu bisa berjalan kaki dari Stasiun LRT Dukuh Atas ke Terowongan Kendal dengan jarak sekitar 1 km.

Keunikan Terowongan Kendal adalah dinding yang dihiasi mural warna-warni. Menariknya, mural tersebut dilukis langsung dari seniman asal Jerman, yaitu Snyder dan Darbotz pada 2019 lalu, berdasarkan informasi dari Kompas.com (26/01/2022).

Saat turun di Stasiun LRT Dukuh Atas, kamu juga bisa mampir sejenak di Taman Dukuh Atas. Kamu cuma perlu berjalan kaki sepanjang 450 meter atau 6 menit.

Taman Dukuh Atas merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di dekat Halte Transjakarta Dukuh Atas 1 dan 2. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (11/7/2019), Taman Dukuh Atas dilengkapi dengan sejumlah bangku taman, tangga, arena skateboard, dan arena sepeda. 

Pada sore hari khususnya akhir pekan, lokasi ini kerap dipadati warga untuk bermain skateboard, bersantai, atau menikmati pertunjukkan seni. Tenang saja, karena wisata di taman ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Tempat nongkrong gratis lainnya di dekat Stasiun LRT Dukuh Atas adalah Riverside Walk Stasiun BNI City. Sesuai namanya, lokasi wisata murah meriah ini berada di dekat Stasiun BNI City.

Ruang publik ini merupakan taman di pinggir Sungai Ciliwung yang sudah ditata dengan apik. Dari lokasi ini, kamu bisa melihat gedung-gedung pencakar langit di seberang Sungai Ciliwung antara lain Wisma BNI 46 dan Hotel Shangri-La Jakarta.

Chillax Sudirman merupakan tempat nongkrong kekinian di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Selatan yang baru dibuka pada awal November 2022. Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 23, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Dari Stasiun LRT Dukuh Atas, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Transjakarta dari Halte Dukuh Atas 1 yang berjarak sekitar 800 meter. Selanjutnya, kamu bisa turun di Halte Transjakarta Karet.

Mengutip Kompas.com (19/11/2022), Chillax adalah singkatan dari chill and relax. Di kawasan bertema Eropa ini, pengunjung bisa menjumpai beragam kafe dan restoran dan beragam spot foto Instagramable.

Saat berkunjung ke Chillax Sudirman, kamu juga bisa mampir ke jembatan penyebrangan orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman atau dikenal sebagai JPO Phinisi. Selain fasilitas publik, JPO Phinisis menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta.

Keunikan JPO Phinis adalah mempunyai anjungan berupa replika kapal pinisi. Banyak warga ibu kota dan sekitarnya yang berfoto di JPO Phinisi tersebut usai dibuka untuk umum.

Jarak dari Stasiun LRT Dukuh Atas ke Bundaran HI hanya 3,5 km atau 8 menit berkendara. Banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di kawasan ikonik ibu kota ini.

Ada pusat perbelanjaan Plaza Indonesia dan Grand Indonesia. Kamu juga bisa nongkrong di kawasan Bundaran HI sembari melihat lalu lalang kendaraan dan Patung Selamat Datang.

Jika sudah berada di Bundaran HI, kamu wajib mampir ke Halte Transjakarta Bundaran HI. Usai renovasi, tempat publik ini menjadi destinasi wisata baru buat hunting foto.

Pengunjung bisa menjumpai anjungan atau sky deck Halte Transjakarta Bundaran HI. Dari lokasi sky deck di lantai dua ini, pengunjung bisa foto dengan latar belakang Bundaran HI yang ikonik.

Sementara lantai pertama tetap berfungsi sebagai ruang penumpang Transjakarta.

Sarinah adalah pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, yang baru selesai direnovasi. Usai bersolek, Sarinah menjadi salah satu tempat nongkrong favorit di ibu kota.

Pengunjung bisa menjumpai beberapa tempat seru di Sarinah, seperti  amphitheater, skydeck, museum, galeri foto, dan relief peninggalan era Presiden Soekarno. Kawasan Sarinah juga kerap menjadi tempat wahana atau instalasi unik yang dipasang secara periodik.

https://travel.kompas.com/read/2023/08/28/223112127/8-wisata-dekat-stasiun-lrt-dukuh-atas-banyak-tempat-nongkrong

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke