Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pinjam Media di Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta, Bisa secara Online

KOMPAS.com - Media yang ada di Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta bisa dipinjam dan dibawa pulang, kecuali untuk beberapa media khusus yang jumlahnya terbatas.

"Peminjam merupakan anggota perpustakaan yang berdomisili di Jabodetabek. Sistem peminjamannya berbeda-beda, tergantung medianya," kata Kepala Bagian Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta Nathalie Sugondho kepada Kompas.com di lokasi, Sabtu (26/8/2023).

Adapun media yang bisa dipinjam di Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta, yakni berupa buku, dvd, majalah, film, papan permainan, tas, dan payung.

Anggota perpustakaan yang hendak meminjam buku di Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta bisa melakukan peminjaman secara online maupun datang ke lokasi.

Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta beralamat di Jalan Dr. GSSJ Ratulangi Nomor 9, RT2/RW3, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Cara pinjam media di Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta secara langsung

Jika hendak meminjam media di Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta, pastikan kamu sudah menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu.

Selain peserta kursus di Goethe-Institut Jakarta, pengunjung akan dikenakan biaya keanggotan sebesar Rp 50.000 per tahun. Setelah itu, pengunjung bisa bebas meminjam media tanpa adanya tambahan biaya lainnya.

"Batasan maksimal yang dipinjam ada 10 media yakni: maksimal empat DVD, satu papan permainan, dan dua benda seperti tas dan payung," katanya.

Anggota perpustakaan yang sedang berada di lokasi, bisa langsung membawa media yang hendak dipinjam ke meja petugas perpustakaan. Setelah itu media bisa dibawa pulang.

Batas waktu peminjaman media di sini berbeda-beda. Peminjaman buku maksimal selama empat minggu dan bisa diperpanjang dua kali.

"Ada juga buku2 jenis tertentu yang hanya bisa diperpanjang satu kali, karena peminatnya banyak, jadi hanya dikasih izin satu kali perpanjangan," katanya.

  • 6 Aktivitas di Perpustakaan Goethe Institut Jakarta untuk Kenal Jerman
  • Cara ke Perpustakaan Jakarta di TIM, Naik Transportasi Umum

Sementara itu, batas waktu peminjaman majalah maksimal selama dua minggu, lalu peminjaman tas dan payung maksimal selama empat minggu.


Cara pinjam media di Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta secara online

Selain datang ke lokasi, anggota perpustakaan juga bisa pinjam media secara online, di Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta.

Peminjaman media secara online bisa dilakukan melalui aplikasi BibToGo, atau bisa juga langsung menghubungi petugas perpustakaan.

Nantinya, media yang sudah dipesan dapat dikirimkan ke alamat yang hendak dituju menggunakan jasa layanan antar online.

https://travel.kompas.com/read/2023/08/29/070700327/cara-pinjam-media-di-perpustakaan-goethe-institut-jakarta-bisa-secara-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke