Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Naik LRT Jabodebek ke Cibubur, Bisa Mampir 10 Tempat Wisata Ini 

KOMPAS.com - LRT Jabodebek resmi beroperasi mulai Kamis (28/8/2023). Moda transportasi massa ini melayani penumpang dari Cibubur dan Bekasi ke Jakarta, dan sebaliknya.

Jika naik LRT ke Cibubur, kamu bisa mampir ke sejumlah tempat wisata berikut ini.

  • Naik LRT Jabodebek ke TMII, Bisa Mampir 8 Tempat Wisata Ini 
  • 8 Wisata Dekat Stasiun LRT Dukuh Atas, Banyak Tempat Nongkrong

LRT Cibubur Line berhenti di sejumlah stasiun, yakni Stasiun LRT Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, dan Cawang sebagai stasiun transit. 

Kemudian berlanjut ke Stasiun LRT TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, dan berakhir di Stasiun LRT Harjamukti. 

Ruang terbuka hijau ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari Stasiun LRT Harjamukti, jadi kamu bisa berjalan kaki selama tujuh menit saja. Alamatnya berada di Jalan Jambore Nomor 1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Selain bisa menikmati pemandangan hijau, pengunjung juga bisa mencoba fasilitas kolam renang di sana. Harga tiket masuk ke Taman Wiladatika cukup terjangkau, yakni  Rp 10.000 per orang, berdasarkan informasi dari Kompas.com (16/01/2023).

Jika ingin berenang, wisatawan harus membeli tiket terpisah seharga Rp 20.000 per orang. Pengunjung yang membawa kendaraan juga harus membayar retribusi parkir antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

Jika ingin berekreasi di dalam ruangan (indoor) kamu bisa mengunjungi Trans Studio Cibubur. Jaraknya sekitar 2,3 kilometer (km) atau lima menit berkendara.

Trans Studio Cibubur adalah tempat rekreasi keluarga berupa indoor theme park yang menghadirkan beragam wahana permainan seru. Wahana ikonik di Trans Studio Cibubur adalah roller coaster yang berada di atas gedung di Trans Studio Cibubur.

Pengunjung juga bisa menjajal keseruan wahana lain seperti Drift Car, Magic Ball, Pacific Rim, Gravitron, Monster War, I-Fly, Beach Walk, dan sebagainya. Harga tiket reguler Trans Studio Cibubur adalah Rp 250.000 pada weekday dan Rp 325.000 saat weekend. 

Apakah kamu tengah mencari wisata alam di Cibubur? Maka kamu bisa berkunjung ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur atau lebih dikenal sebagai Buperta Cibubur.

Dari Stasiun LRT Harjamukti, jaraknya  sekitar 1,8 km atau enam menit berkendara. Selain organisasi Pramuka, Buperta Cibubur juga terbuka untuk pengunjung umum, berdasarkan informasi dari Kompas.com (14/6/2023).

Buperta Cibubur merupakan tempat berkemah dengan fasilitas yang terbesar di Asia Tenggara, berdasarkan informasi dari website resminya. Sejumlah fasilitas tersebut meliputi, Danau Situbaru, arboretum, taman lalu lintas, kolam renang, lapangan terbang pesawat ringan, serta pusat peragaan Satuan Karya. 

Harga tiket masuk Buperta Cibubur bagi pengunjung umum adalah Rp 10.000 per orang. Jika ingin berkemah, tarif sewa lokasi mulai dari Rp 20.000 per malam.

4. Taman Wisata Lebah 

Taman Wisata Lebah berada di kompleks Buperta Cibubur. Melansir dari laman resminya, obyek wisata ini berupa pusat edukasi tentang lebah.

Pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai kehidupan lebah madu, interaksi dengan lebah madu, pengenalan ekosistem lebah, pengetahuan tentang produk lebah, dan terapi lebah.

Wisatawan juga bisa mengikuti simulasi panen madu yang disesuaikan dengan jumlah peserta. Wisata edukasi lebah ini bisa diikuti kelompok bermain, komunitas, keluarga, instansi pendidikan formal, dan sebagainya.

  • 9 Wisata di Cibubur, Rekreasi Murah Meriah untuk Keluarga
  • Taman Wiladatika Cibubur: Harga Tiket, Jam Buka, dan Aturan Berkunjung

5. Taman Apung 

Taman Apung berlokasi di Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Jaraknya dari Stasiun LRT Harjamukti sekitar 3,3 km atau 9 menit berkendara.

Ruang terbuka hijau ini, bisa menjadi salah satu alternatif wisata murah di Jakarta Timur. Pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Meskipun gratis, fasilitas Taman Apung cukup memadai, seperti danau buatan di tengah taman, kursi taman, toilet, area bermain anak, dan sebagainya. Keberadaan danau buatan dengan ikan di dalamnya, menambah kesegaran ruang publik ini.

6. Taman O 

Taman O merupakan ruang terbuka hijau yang bisa dikunjungi saat mampir ke Cibubur. Jaraknya dari Stasiun LRT Cibubur sekitar 5,3 km atau 18 menit berkendara.

Alamatnya berada di Jalan SMA 99 Nomor 48, Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (19/1/2023), Taman O dilengkapi dengan fasilitas lapangan olahraga serta bangunan serbaguna berbentuk lingkaran serupa huruf O.

Uniknya, di dalam ruang serbaguna tersebut juga dilengkapi dengan pojok literasi. Pojok tersebut dapat dimanfaatkan pengunjung untuk membaca sembari bermain. 

7. Kolam renang Rumah Ibu

Jika mencari kolam renang di kawasan Cibubur dan sekitarnya, maka kolam renang Rumah Ibu bisa menjadi alternatif. Lokasinya berada di Jalan Bulak Ringin V Nomor 67, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Jaraknya sekitar 5,4 km atau 9 menit berkendara dari Stasiun LRT Harjamukti. Pemandian ini dilengkapi dengan wahana seperti seluncuran dan ember tumpah.

Harga tiket masuk kolam renang Rumah Ibu pada weekday yakni Rp 20.000 per orang, dan Rp 25.000 pada weekend. Kolam Renang Rumah Ibu buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

  • 5 Wahana di Cibubur Garden Eat and Play, Ada Perosotan Tinggi
  • Panduan Lengkap ke Cibubur Garden Eat and Play

8. Telaga Arwana 

Telaga Arwana merupakan taman rekreasi dan edukasi yang dilengkapi fasilitas restoran, pemancingan, dan wahana permainan. Obyek wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Alamatnya berada di Jalan Raya Pondok Ranggon, Harjamukti, Kecamanggis Cimanggis, Kota Depok. Dari Stasiun LRT Harjamukti, jaraknya sekitar 3,8 km atau 10 menit berkendara.

Berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki, Telaga Arwana menyuguhkan suasana asri ala pedesaan di tengah kota metropolitan. Ada beragam aktivitas yang bisa dinikmati di Telaga Arwana, seperti membajak sawah, outbound, memancing, naik ATV, flying fox, dan menyantap kuliner. 

9. Kampoeng Maen Cibubur 

Apakah kamu tengah mencari wisata anak di Cibubur? Maka, Kampoeng Maen bisa menjadi alternatif.

Lokasinya berada sekitar 1 km dari pintu gerbang Buperta Cibubur. Berdasarkan informasi dari Tribun Travel, Kampoeng Maen mempunyai beragam wahana edukasi untuk anak-anak yang terbagi secara tematik.

Meliputi, Kampoeng Main, Kampoeng Tradisional, Kampoeng Keluarga, Kampoeng Rasa, Kampung Karya, Kampung Petualang, dan Kampung Pengetahuan. Sejumlah permainan di obyek wisata ini seperti ketapel raksasa, pancingan bambu, pukul kentongan, dan masih banyak lagi.

Obyek wisata ini cocok dikunjungi bersama anak-anak. Dari Stasiun LRT Harjamukti, wisatawan perlu menempuh perjalanan sekitar 5,2 km atau 15 menit.

Alamatnya berada di Jalan Peternakan Raya Nomor 12, Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (2/7/2022), pengunjung bisa melihat langsung peternakan sapi. Selain itu, anak-anak bisa belajar memerah susu sapi di Cibugary Farm.

Tersedia pula sejumlah produk olahan susu sapi yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Sebelum pulang, pengunjung bisa membeli suvenir di Cibugary Farm.

https://travel.kompas.com/read/2023/08/30/163700827/naik-lrt-jabodebek-ke-cibubur-bisa-mampir-10-tempat-wisata-ini-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke