Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyeberangi JPM Dukuh Atas dari KRL ke LRT Jabodebek, Berapa Menit?

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas di Jakarta Pusat telah dibuka seiring dengan beroperasinya LRT Jabodebek pada Senin (28/8/2023) lalu.

Memiliki panjang kurang lebih 250 meter, JPM Dukuh Atas menghubungkan Stasiun LRT Dukuh Atas, menyusuri Waduk Setiabudi, menyeberangi Kanal Barat, dan berujung di Stasiun KRL Sudirman.

  • Naik LRT Jabodebek ke Stasiun Gambir dan Pasarsenen, Bisa Lanjut TransJakarta
  • Rute LRT Jabodebek dan Tarifnya, Masyarakat Bisa Naik Mulai Hari Ini 

JPM Dukuh Atas juga menjadi penghubung akses lima transportasi umum, tepatnya Stasiun KRL Sudirman, Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Stasiun LRT Dukuh Atas, Stasiun KA Bandara BNI City, dan Halte BRT TransJakarta Dukuh Atas.

Tertarik mencoba LRT Jabodebek dan JPM Dukuh Atas, Kompas.com pun memulai perjalanan dengan naik KRL Commuter Line, lalu turun di Stasiun Sudirman pada Rabu (30/8/2023) siang lalu. 

Setelah turun dari KRL, Kompas.com menyusuri bagian kiri stasiun, lalu menaiki eskalator menuju lantai satu JPM Dukuh Atas. Ada juga pilihan lain yaitu tangga dan lift. 

Dari eskalator, langsung belok kanan mengikuti papan informasi yang tergantung, melewati jembatan di atas Waduk Setiabudi, sampai menemui gerbang bertuliskan festival kuliner Jalur Negeri Rasa berwarna putih. 

Dari gerbang putih tersebut, Kompas.com melewati beberapa tenant di sebelah kiri yang menjual jajanan, mulai dari batagor, sate ayam korea, seafood omelet, hingga kerak telor. Terdapat kursi-kursi di sebelah kanan sebagai area makan.

Jika ingin cepat sampai ke LRT Dukuh Atas, setelah deretan festival jajanan tersebut, ambil arah kiri untuk menaiki tangga menuju Stasiun LRT Dukuh Atas. Tak lama, kamu akan menjumpai papan tulisan "Masuk ke LRT". 

Jika berjalan dengan kecepatan standar tanpa berhenti untuk foto-foto atau jajan, waktu yang ditempuh untuk melintasi JPM Dukuh Atas dari Stasiun Sudirman menuju LRT Dukuh Atas sekitar lima menit.

Tentu sangat menghemat waktu dan tenaga dibandingkan harus berjalan kaki memutar melewati Jalan Sudirman.

Meski JPM Dukuh Atas cukup luas, pengunjung tidak perlu takut tersasar. Sebab, ada cukup banyak petugas yang berjaga di Stasiun LRT Dukuh Atas dan Stasiun KRL Sudirman untuk ditanyai soal arah. 

Adapun waktu lima menit adalah durasi jika kamu langsung berjalan lurus dari Stasiun Sudirman menuju LRT Dukuh Atas.

Jika mengambil arah kanan, berjalan lurus hingga menemukan eskalator, lalu naik ke atas, kamu akan menemukan lebih banyak deretan penjaja kuliner.

Sayangnya, papan penanda untuk gerai kuliner belum terpasang, tidak seperti papan informasi transportasi umum yang cukup jelas. Maka dari itu, mungkin tidak semua pengunjung menemukan area kuliner ini, jika tidak mengeksplorasi sampai belakang. 

  • Naik LRT Jabodebek ke Cibubur, Bisa Mampir 10 Tempat Wisata Ini 
  • Cara Pembayaran dan Tarif Tiket LRT Jabodebek, Hanya Bisa Non-Tunai

Di area yang terdiri dari dua lantai ini terdapat puluhan tenant makanan dan minuman yang bisa dinikmati oleh pengunjung saat sela-sela perjalanan. 

Beberapa makanan dan minuman yang ditawarkan, antara lain pecel, nasi goreng, pempek, tahu gejrot, nasi bakar, es teh, jus jeruk, es kopi, dan asinan betawi. 

https://travel.kompas.com/read/2023/09/01/070600627/menyeberangi-jpm-dukuh-atas-dari-krl-ke-lrt-jabodebek-berapa-menit-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke