Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Aktivitas di Taman Kyai Langgeng Magelang, Bisa Lihat Tanaman Langka

KOMPAS.com - Taman Kyai Langgeng Ecopark atau TKL Ecopark merupakan wisata alam di Magelang berupa hutan buatan di perkotaan yang dilengkapi dengan beragam wahana dan fasilitas.

Hutan buatan seluas 27,36 hektare ini, merupakan salah satu wisata keluarga populer di Magelang, Jawa Tengah. Taman yang sudah didirikan sejak 1981 ini, memiliki koleksi sejumlah pohon langka asli Indonesia.

  • Taman Kyai Langgeng Ecopark Magelang, Wisata Hutan Buatan di Perkotaan
  • Harga Tiket Taman Kyai Langgeng Ecopark Magelang, Gratis 6 Wahana 

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Kyai Langgeng akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Sumbing. Kemudian, gemericik air Sungai Progo, panorama hamparan sawah di lereng gunung, serta ratusan pohon langka menambah pesona Taman Kyai Langgeng.

Jika ingin berkunjung, lokasi Taman Kyai Langgeng berada di Jalan Cempaka Nomor 6, Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Harga tiket masuk Taman Kyai Langgeng adalah Rp 40.000 per orang, berlaku setiap hari.

Aktivitas di Taman Kyai Langgeng Magelang 

Berikut sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di Taman Kyai Langgeng Magelang.

Taman Kyai Langgeng Magelang merupakan hutan di wilayah perkotaan. Selain berfungsi sebagai obyek wisata, Taman Kyai Langgeng adalah paru-paru kota.

Taman Kyai Langgeng memiliki koleksi tanaman langka asli Indonesia. Secara total, koleksi tanaman di Taman Kyai Langgeng mencapai ratusan yang terdiri dari puluhan jenis tanaman.

Koleksi tanaman tersebut, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi dan observasi. Sejumlah tanaman di Taman Kyai Langgeng antara lain, jambu jepang, jambe, karet hutan, kelapa sawit, pinisium, beringin, mahoni, dan sebagainya.

Taman Kyai Langgeng mempunyai banyak wahana bagi pengunjung anak-anak hingga dewasa. Menariknya, dengan membayar tiket masuk Rp 40.000, pengunjung bisa mendapatkan gratis enam wahana meliputi, bianglala, komidi layang, kereta mini, becak mini, sepeda air, dan mobil keliling.

  • 8 Wisata Sejarah di Magelang, Salah Satu Kota Tertua di Indonesia
  • Ketep Pass Magelang: Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tarik

Selain wahana gratis, tersedia pula pilihan wahana berbayar, sebagai berikut:

Omah Arwana, harga tiket Rp 5.000 per orang

Taman Satwa, harga tiket Rp 5.000 per orang

Komidi Putar, harga tiket Rp 5.000 per orang

Balon Udara dan Rumah Up, harga tiket Rp 10.000 per orang

Anjungan Dirgantara, harga tiket Rp 10.000 per orang

Flying Fox, harga tiket Rp 10.000 per orang

Dragon Coaster, harga tiket Rp 10.000 per orang

Omah Trewelu, harga tiket Rp 10.000 per orang

Kereta Air, harga tiket Rp 10.000 per orang

Cinema 6 Dimensi, harga tiket Rp 10.000 per orang

Waterboom dan Waterpark, harga tiket Rp 15.000 per orang

Electric Scooter, harga tiket Rp 15.000 per orang

Jurang Kaca, harga tiket Rp 15.000 per orang

Hutan Jadi Off Road, harga tiket Rp 50.000 per orang

UFO Car, harga tiket Rp 15.000-Rp 20.000 per orang

Ecopark Tower, harga tiket Rp 10.000 per orang

Mahhon River View, harga tiket Rp 10.000 per orang

Taman Kyai Langgeng dilengkapi dengan waterpark untuk anak-anak maupun dewasa. Terdapat beragam permainan seru yang melengkapi waterpark ini seperti ember tumpah dan perosotan.

Jika ingin menikmati keseruan di waterpark, wisatawan perlu membeli tiket terpisah dengan taris Rp 15.000 per orang.

  • Ketep Pass Magelang: Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tarik
  • Borobudur Land, Rekreasi Baru di Magelang dengan Perosotan Pelangi

4. Melihat koleksi satwa 

Ada sejumlah koleksi satwa di Taman Kyai Langgeng Magelang yang bisa dijumpai pengunjung. Pengunjung juga bisa berfoto dengan aneka satwa tersebut.

Adapula fasilitas kolam terapi ikan yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk relaksasi. Sejumlah koleksi satwa di Taman Kyai Langgeng antara lain ikan, kelinci, ular, dan sebagainya.

Bagi pencinta fotografi, Taman Kyai Langgeng Magelang menawarkan banyak spot foto Instagramable. Pengunjung bisa berfoto di taman, jembatan warna-warni, foto saat naik wahana, dan sebagainya.

6. Wisata kuliner 

Jika sudah puas berkeliling area Taman Kyai Langgeng, wisatawan bisa mencicipi beragam kuliner yang tersedia di food corner. Pengunjung bisa mencicipi makanan khas Magelang, Jawa Tengah.

Pengunjung bisa menggelar outbond secara rombongan di Taman Kyai Langgeng. Adapun tarif paket outbond mulai dari Rp 85.000 per orang, mencakup tiket masuk, base camp, P3K, ice breaking, permainan, dan dokumentasi. 

Taman Kyai Langgeng juga menyediakan paket camping, mulai dari Rp 80.000 per paket. Dengan tarif itu, wisatawan mendapat fasilitas tiket masuk, tenda, matras, sleeping bag, lampu tenda, dan makan malam.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/30/234404227/7-aktivitas-di-taman-kyai-langgeng-magelang-bisa-lihat-tanaman-langka

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke