Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Jajal Wahana Horor di Halloween Fest 2023, Patuhi Aturan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika tertarik menguji nyali dikejar-kejar oleh para hantu atau zombi, Halloween Festival 2023 di Twin Plaza Hotel, Jakarta Barat, bisa jadi tempat yang cocok dikunjungi.

Halloween Fest 2023 adalah acara kolaborasi dua promotor wahana horor, Pandora Box dan Dendam Hotel Palmerah, yang sebelumnya viral dengan atraksi zombi dan hantu. 

  • Ada 3 Wahana Horor Baru di Jakarta, Digelar hingga November 2023
  • Cara ke Halloween Festival 2023 di Jakarta, Naik KRL dan TransJakarta

Acara ini digelar selama 45 hari, tepatnya mulai Jumat (6/10/2023) sampai Minggu (19/11/2023).

"Untuk konsep, ada spesialisasi zombi, rumah hantu, dan ada wahana hantu dengan tutup mata,” ujar kreator Pandora Box, Billy kepada Kompas.com di lokasi, Jumat (6/10/2023).

Sementara itu, Founder Dendam Hotel Palmerah, Nic Putra mengatakan bahwa kedua pihak menawarkan pengalaman horor yang seru, menegangkan, dan menguji adrenalin. 

"Ketiga wahana ini bisa jadi ajang challenging (menantang) antar teman, hiburan keluarga, uji nyali, dan bisa jadi dating activity (kegiatan berpacaran)," kata Nic Putra.

Halloween Fest 2023 menawarkan tiga atraksi berbeda, masing-masing memiliki konsep unik berupa zombi dan hantu. Ketiganya yaitu Zombie Apocalypse: Hotel Of The Dead, Dendam Mata Terpejam, dan Singid Hotel Kamar 404.

Tips ke Halloween Festival 2023

Berikut beberapa tips kunjungan sebelum mencoba tiga wahana, dari pengalaman Kompas.com dan saran para kreator Halloween Fest 2023. 

Sebelum memasuki tiap atraksi, peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok guna menyelesaikan misi yang sudah ditentukan. Lalu, mereka akan diberi pengarahan soal aturan main oleh petugas.

"Tidak boleh menyentuh zombi atau merusak properti," ujar salah seorang petugas di atraksi Zombie Apocalypse: Hotel Of The Dead. 

Selain itu, perhatikan aturan umum dan aturan masing-masing atraksi, misalnya Zombie Apocalypse: Hotel Of The Dead hanya boleh diikuti anak berusia di atas 13 tahun, sedangkan dua atraksi lainnya boleh diikuti anak berusia minimal tujuh tahun. 

Ketiga atraksi juga sebaiknya tidak dimasuki oleh ibu hamil, penderita penyakit asma, jantung, epilepsi, latah akut, atau penyakit bawaan lainnya. 

Selain aturan yang tertulis, kamu sebaiknya mendengarkan instruksi petugas di tiap wahana secara cermat. Sebab, bisa jadi ada petunjuk yang bisa membantumu selama melaksanakan misi.

Mengingat ketiga wahana rumah hantu dan zombi sangat menguji adrenalin dan pengunjung umumnya akan berlari kencang, sebaiknya kenakan alas kaki yang nyaman. 

"Jangan pakai high heels (sepatu berhak tinggi), karena akan lari-lari," ujar PR Dendam Hotel Palmerah, Alexander Sandy Wyatt. 

Selain tidak memakai hak tinggi, kamu juga sebaiknya tidak memakai sandal karena akan lebih mudah copot. Sebaiknya pakai sneakers atau sepatu olahraga lainnya agar nyaman dipakai berlari. 

Tak hanya sepatu, kenakan juga pakaian yang nyaman untuk bergerak leluasa. Lebih baik lagi yang mudah menyerap keringat, terutama jika ingin mencoba tiga wahana sekaligus dalam sehari. 

Bagi yang membawa tas besar atau barang-barang berat, sebaiknya titipkan di loker yang tersedia gratis di loket. 

Sebab, kamu akan kesulitan berlari dengan membawa tas besar. Tak hanya itu, ada potensi barang berharga yang kamu pegang terjatuh atau rusak, saking kencang berlari. 

Jika memakai perhiasan, earphone, atau benda berharga lainnya, pastikan juga kamu sudah menyimpannya di loker. 

Masing-masing wahana memiliki aturan yang berbeda untuk satu kali perjalanan permainan. Ada yang minimal empat orang, ada yang minimal enam-tujuh orang. 

Usahakan tidak datang sendirian karena kamu akan digabung bersama orang lain, tentunya lebih nyaman jika memiliki setidaknya satu atau dua orang teman yang kamu kenal. Namun, jangan juga terlalu ramai karena akan mengurangi sensasi keseruannya. 

"Jangan datang sendirian. Tapi jangan terlalu ramai juga, maksimal empat-lima orang. Jangan bandel mau masuk enam-sepuluh orang, nanti kalau bilang enggak serem, ya gimana pasti beda sensasinya," kata Nic Putra. 

Sandy mengatakan, pengunjung sebaiknya mengisi perut sebelum mulai bermain, tapi perhatikan juga jarak waktu dengan atraksi yang akan dicoba. 

"Makan dulu jika tidak ingin mual," ujar Sandy. 

Dari pengalaman Kompas.com, pengunjung yang mudah lapar, lelah, atau haus, sebaiknya memang tidak masuk ke atraksi dalam keadaan perut benar-benar kosong. Tidak hanya mual, kamu bisa kehabisan tenaga di dalam atau lemas karena adrenalin ikut terpacu. 

Selain itu, jika berencana mencoba tiga wahana sekaligus, pastikan badanmu tidak terlalu kaku atau sudah peregangan sebelumnya.

Hal ini lantaran ketiga atraksi akan membuatmu berlari-lari, baik cepat maupun pelan sehingga berpotensi keram maupun pegal, apalagi jika badanmu sangat kaku atau jarang digerakkan. 

Bagi yang ingin memainkan tiga wahana sekaligus dalam satu hari, sebaiknya datang dari siang atau sore agar waktu bermainnya cukup sampai malam hari. 

Selain antisipasi jika ada antrean, kamu bisa mengatur waktu dan jeda istirahat di antara ketiga atraksi.

Sebab, ketiga atraksi membutuhkan waktu dan tenaga untuk memainkannya, terutama jika kamu takut pada hantu atau zombi. Satu permainan membutuhkan waktu 25-23 menit, tergantung kemampuan para pemain. 

Kamu bisa istirahat sejenak di area foodcourt yang menyediakan aneka ragam kuliner. Mulai dari minuman seperti air kelapa, hingga makanan seperti siomay, nasi ayam, cilok, takoyaki, dan surabi. 

https://travel.kompas.com/read/2023/10/09/105734827/6-tips-jajal-wahana-horor-di-halloween-fest-2023-patuhi-aturan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke